Perang Segmen Sport 150cc : Honda CB150R Jawaranya

by  in Berita&Honda&Merek Motor
Perang Segmen Sport 150cc : Honda CB150R Jawaranya
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah membahas segmen pasar paling gemuk untuk roda dua, yaitu segmen skutik, maka kita akan bergeser ke segmen yang cukup ‘dicintai’, yaitu adalah segmen motor sport 150cc. Mengapa kami sebut segmen ini dicintai? Ya, karena peminatnya cukup banyak, dan segmen ini adalah pilihan paling terjangkau jika konsumen ingin motor yang sporty, namun juga mudah dikendarai.

Sama seperti segmen skutik, Segmen sport 150cc juga cukup gemuk. Namun bukan gemuk secara penjualan, namun dari banyaknya produk di segmen ini. Hampir semua pabrikan di dalam keanggotaan AISI memiliki produk di kelas ini, mungkin hanya Kawasaki dan TVS yang absen di kelas ini. Baik Honda, Yamaha dan Suzuki punya jagoan di kelas ini, dan ternyata di segmen ini, jawaranya masih dari merk yang sama dengan segmen skutik. Yap, Honda masih merajai segmen ini melalui Honda CB150R Streetfire. Dengan motor naked bermesin near square miliknya ini, Honda berhasil meraup capaian sebanyak 100.986 unit.

Angka tersebut merupakan penjualan menurut data AISI sejak bulan Januari 2017 hingga November 2017 kemarin. Dan di posisi kedua adalah seteru abadi dari Honda CB150R Streetfire yaitu All New Yamaha V-Ixion. Hadir sebagai pengganti Yamaha New V-Ixion Advance, motor ini berhasil membukukan angka penjualan 78.421 unit. Kalahnya motor Yamaha ini dari rivalnya nampaknya merupakan buntut dari kurang puasnya konsumen dengan versi terbaru Yamaha V-Ixion yang terkesan nanggung dan main aman. Namun secara mesin, motor ini cukup advance dengan penggunaan VVA dan tenaga yang paling unggul di kelasnya.

Bergeser ke peringkat tiga, diisi oleh motor sport fairing 150cc dari Honda yaitu Honda CBR150R. Motor ini mampu membukukan penjualan sebanyak 68.557 unit. Sedangkan motor Sport ‘pahe’ 150cc dari AHM yaitu Honda Verza 150 menduduki peringkat keempat dengan penjualan mencapai 48.123 unit. Posisi kelima diisi oleh Yamaha R15 v3 yang menggunakan desain dan mesin yang sepenuhnya baru. Motor ini mampu membukukan penjualan sebanyak 36.054 unit. Lalu dimana Suzuki? Ya, walaupun Suzuki sudah menerapkan harga ‘promo’ berkepanjangan serta iming – iming fitur keyless dan mesin bertenaga, nyatanya pabrikan berlogo S ini belum berhasil menyodok ke lima besar.

Sisanya? Masih ada beberapa produk 150cc lain seperti Yamaha Xabre 150, Yamaha Byson 150 dan Honda New Megapro 150, namun memang penjualannya tak sebanyak lima produk yang kami sebutkan diatas. Jadi bagaimana kalau menurut kalian? yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: