Perang Segmen Skutik : Honda Beat Tak Terkejar

by  in Berita&Honda&International
Perang Segmen Skutik : Honda Beat Tak Terkejar
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya kita sempat membahas penjualan dari segmen roda empat, tentu segmen roda dua tak mau ketinggalan. Sebagai kendaraan yang dianggap paling praktis di Indonesia, motor memang sudah menjadi komofitas transportasi yang paling dicintai. Dan hari ini, kita akan membahas penjualan dari motor di segmen paling gemuk, yaitu skutik.

Jika sudi mundur 10 hingga 15 tahun lalu, sebenarnya perkembangan skutik di Indonesia sangatlah pesat. Di awal 2000 an segmen pasar cub alias bebek masih menjadi penguasa pasar, seperti di malaysia hingga hari ini. Namun sejak sedekade yang lalu, Skutik mulai muncul dan mencuri hati para konsumen cub dengan kepraktisa, kemudahan, dan juga efisiensi bahan bakar ( Yang jaman now ). Dan benar saja, sekarang mustahil kita tak melihat Skutik di jalanan Indonesia, bahkan keluar rumah atau di gang – gang saja sudah banyak skutik. Dan jawara skutik di Indonesia kali ini masih dipegang oleh produk yang sama, yaitu Honda Beat.

Yap, Honda Beat berhasil menobatkan dirinya sendiri sebagai jawara di segmen Skutik. Honda Beat eSP yang saat ini dijual berhasil meraih penjualan sebanyak 1.624.479 unit selama 11 bulan terakhir. Data ini sendiri merupakan data daei Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dari bulan Januari hingga November 2017 kemarin. Bahkan, bukan hanya Honda Beat eSP saja, lima besar dari penjualan Skutik di Indonesia didominasi oleh pabrikan dengan logo sayap mengepak ini. Posisi kedua diisi oleh Honda Scoopy 125 eSP yang membukukan penjualan 570.748 unit, selisihnya hampir tiga kali lipat dengan Honda Beat eSP.

Berikutnya posisi ketiga dan keempat pun masih diisi oleh produk dari Honda, yaitu duet Honda Vario 125 eSP dan Honda Vario 150 eSP. Kedua motor yang punya tampang dan perawakan sama ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 570.699 unit untuk versi 125cc dan 439.605 unit untuk versi bore-up-nya. Sedangkan posisi kelima barulah pabrikan garpu tala, Yamaha, menunjukkan tajinya. Jawara dari pihak Yamaha adalah Yamaha Mio M3 125 CW yang berhasil membukukan penjualan sebanyak 262.900 unit. Tentunya angka tersebut masih jauh tertinggal dibanding dengan sang rival.

Data ini membuat pihak Honda bisa tersenyum bahagia dengan capaiannya, dan juga menjadi pekerjaan rumah bagi pihak Yamaha di tahun depan. Mengapa? Karena seperti yang kita tahu, sebenarnya Yamaha pun punya produk – produk yang bagus, sebut saja Yamaha Mio S, Yamaha Soul GT 125, dan Yamaha Fino. Jadi bagaimana kalau menurut kalian? Sayang Suzuki masih belum berbicara banyak di tahun ini, padahal mereka sudah serius dengan comeback-nya. Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: