Mercedes Benz C-Class W206 Sudah Dirilis Di Malaysia!

Mercedes Benz C-Class W206 Sudah Dirilis Di Malaysia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tepat setahun setelah melangsungkan world premier di negara asalnya, akhirnya Mercedes-Benz C-Class W206 atau generasi kelima melangsungkan debut resminya di Malaysia. Di Malaysia mobil ini ditawarkan dalam dua varian. Ada tipe C 200 Avantgarde dan C 300 AMG Line seperti pada generasi sebelumnya. Kedua varian tersebut masih diimpor utuh (CBU) dari Jerman, namun Paultan mengabarkan akan dilakukan transisi ke perakitan lokal pada paruh kedua tahun ini.

Mesin pada C 200

Dimensi dan Mesin

Dibuat diatas platform MRA generasi kedua, Mercedes berkode bodi W206 ini memiliki ukuran panjang 4.751 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.438 mm. Itu berarti lebih panjang 65 mm, lebih lebar 10 mm, dan 9 mm lebih pendek dari generasi sebelumnya. Sementara panjang wheelbase 2.865 mm lebih panjang 25 mm dari sebelumnya. Dari segi styling, mengikuti tema desain yang serupa dengan Mercedes S-Class W223 dalam proporsi yang diperkecil. Dengan lampu depan yang ramping dan lampu belakang yang juga mirip.

Untuk urusan dapur pacu, Mercedes Benz C 200 menggunakan konfigurasi mesin 1,5 liter berkode M254 baru menggantikan M264. Bertenaga 201 hp pada 5.800 hingga 6.100 rpm dan torsi 300 Nm dari 1.800 hingga 4.000 rpm. Sementara untuk C 300 juga berkode mesin M254 namun kapasitasnya 2,0 liter. Output-nya tetap 255 hp, tetapi memiliki torsi 400 Nm (2.000 hingga 3.200 rpm) dari sebelumnya 370 Nm. Kedua mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi otomatis sembilan kecepatan 9G-Tronic.

Interior C 300

Detail Interior

Interiornya memperoleh beberapa peningkatan ruang bagi penumpang. Legroom 35 mm lebih panjang dan headroom lebih tinggi 13 mm di belakang dibandingkan dengan W205. Sedangkan untuk kapasitas volume bagasi tetap sama, yakni 455 liter. Desain dasbor dibagi menjadi bagian atas dan bawah dengan ventilasi AC baru. Kedua varian mendapatkan layar sentuh berorientasi potrait 11,9 inci yang terletak di tengah.

Baik tampilan instrumen dan media dapat disesuaikan dengan tiga gaya tampilan (Discreet, Sporty, Classic) dan tiga mode (Navigation, Assistance, Service). Selain itu, kedua layar dapat ditampilkan dalam tujuh skema warna, sesuai dengan ambient lighting yang ada. Ada juga sistem infotainment Mercedes-Benz User Experience (MBUX) dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto serta MBUX Navigation Premium dan modul komunikasi LTE untuk layanan Mercedes me connect. Sayangnya untuk versi Malaysia ini tidak ada sistem audio Burmester di kedua varian tersebut.

Dalam hal upholstery, unit CBU mendapatkan tiga pilihan warna, yaitu hitam, coklat, dan campuran coklat/hitam. Kedua varian hadir dengan dasbor berlapis Artico faux leather dan beltlinesnappa-look. Keduanya memiliki perlengkapan standar seperti jok elektrik, Keyless-Go and start, auto climate control Thermatic, wireless charger, sensor hujan, iluminate sill plate, krey jendela belakang yang dapat digulung, dan penutup bagasi elektrik.

Kedua varian tersebut sudah dilengkapi konfigurasi suspensi, yang merupakan sistem Agility control dengan selektif damping dan Dynamic Select. Seperangkat Safety and driving assistance kit tersedia di kedua varian, termasuk tujuh airbag, active lane keeping assist, cruise contriol, active blind spot assist, active brake assist, lane tracking package, tire pressure monitoring system dan active parking assist dengan Parktronic.

Perbedaan Antar Varian

Tentu saja ada perbedaan fitur antara kedua varian tersebut. Seperti setir pada C 200 dibalut kulit, sedangkan C 300 dilapisi Nappa. Lalu, untuk C 300 memiliki kamera 360, sementara C 200 hanya kamera mundur. Sedangkan pada konsol tengah, dimana C 200 berwarna silver grey dengan aksen diamond-pattern, di C 300 beraksen metal weave trim dengan mixed texture metal effect veneer. Perbedaan lainnya, C 300 mendapat karpet ekslusif AMG dan dilengkapi dengan sport seats.

Delapan warna eksterior tersedia untuk Mercedes Benz C-Class generasi terbaru ini. Diantaranya Spectral Blue, Polar White, High-tech Silver, Obsidian Black, Graphite Grey, Selenite Grey, Cavansite Blue, dan warna spesial dari Manufaktur yang disebut Hyacinth Red. Untuk harganya sendiri, Mercedes-Benz C 200 Avantgarde dihargai RM288.334 (Rp 993 Jutaan) sedangkan C 300 AMG Line berharga RM330.681 (Rp 1,139 Miliar) keduanya on-the-road tanpa asuransi.

Akankah model ini juga akan masuk Indonesia? Bisa jadi, mengingat mobil ini merupakan salah satu model Mercedes Benz terlaris dan memiliki pesaing kuat di tanah air. Apalagi pihak Mercedes Benz sudah memberikan “kode” dengan “menghilangkan” C-Class W205 di price list resmi. Sepertinya hanya tinggal menunggu momentum besar saja seperti IIMS ataupun GIIAS. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: