Ekspansi Bisnis, Daihatsu Ingin Kembali ke Brazil

by  in Daihatsu&International
Ekspansi Bisnis, Daihatsu Ingin Kembali ke Brazil
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar Brazil sekarang sepertinya telah menarik perhatian merek mobil murah asal Jepang yang masih satu keluarga dengan Toyota, yakni Daihatsu. Setelah bisa mantap di pasar Jepang dengan Kei Car-nya (Cast, Copen, Move, Tanto dan Wake) beserta mobil-mobil hasil rebadge dari Toyota macam Daihatsu Mebius (Toyota Prius V) dan Daihatsu Altis (Toyota Camry), Daihatsu ingin mengembangkan bisnis mereka.

Tentu saja pasar Indonesia sudah di genggaman Daihatsu, dengan menjual mobil-mobil yang sampai bosan bertemu di jalan macam Xenia, Terios, Ayla, Sigra, Sirion dan Granmax. Salah satu pasar yang diincar adalah pasar Brazil, di mana mereka sempat hadir namun kemudian pergi. Nah, kembalinya Daihatsu ke Brazil adalah satu dari sekian langkah mereka untuk memperluas cakupan pasar Daihatsu.

Ada pasar buat mobil kecil di Brazil. Toyota juga menjual model seperti itu di seluruh Asia dan Amerika Selatan, dan Brazil adalah pasar yang penting untuk model seperti Corolla, biarpun kelas Corolla sedikit lebih tinggi daripada kami,” ucap presiden Daihatsu, Soichiro Okudaira kepada reporter di Tokyo. Ini menyusul adanya laporan perusahaan baru yang digagas Daihatsu dan Toyota, dinamai “Emerging-market Compact Car Company.”

Masih menurut laporan yang mencuat, perusahaan baru ini punya 3 divisi utama : Divisi perancanaan bisnis, divisi perencanaan produk dan divisi perencanaan kualitas. Selain dari Brazil, Daihatsu juga tergiur dengan semaraknya pasar India untuk mobil-mobil yang biasa dibuat oleh Daihatsu, yakni mobil-mobil yang ringkas, kecil dan murah.

Mungkinkah kehadiran Daihatsu di Brazil nanti akan mengganggu kiprah Toyota Etios Cross di sana? Entah, kami juga tak mengerti apa publik Brazil benar-benar memilih Etios Cross kalau ingin mobil murah dibandingkan mobil seperti Fiat Mobi dan lain-lain. Ngomong-ngomong Daihatsu, apakah di GIIAS 2017 akan ada kejutan wah dari mereka? Atau hanya mobil-mobil biasa macam Xenia, Terios, Ayla dan Sigra dengan embel-embel edisi spesial? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: