Pemerintah Thailand Temukan Indikasi Kecurangan Toyota untuk Menghindari Pajak

Pemerintah Thailand Temukan Indikasi Kecurangan Toyota untuk Menghindari Pajak
0  komentar
Toyota Prius Plug-in Hybrid TRD ngebut di sirkuit Nurburgring

AutonetMagz.com – Toyota Thailand sedang terkena masalah yang cukup pelik berkaitan dengan mobil hybrid Toyota Prius. National Anti-Corruption Network (NACN) Thailand meminta menteri keuangan Thailand untuk memeriksa apakah Toyota Motor Thailand telah melakukan manipulasi pajak. Menurut tulisan dari Bangkok Post, Toyota Thailand menyatakan kalau Prius adalah mobil CKD Thailand.

Akan tetapi, temuan yang dikemukakan sekjen NACN Mongkolkit Suksintharanon kepada sebuah warta harian berbahasa Inggris mengatakan kalau Prius adalah mobil CBU. Prius ditengarai dirakit sepenuhnya di luar Thailand, jadi harusnya masuk kategori kendaraan CBU, bukannya CKD.

Wallpaper Toyota Prius Plug-in Hybrid TRD Nurburgring best laps

Meski Toyota mengatakan kalau Prius spek Thailand adalah buatan pabrik Toyota di Chachoengsao, Suksintharanon mengklaim kalau Toyota Thailand tak punya satu pun pabrik yang memiliki assembly line untuk merakit Prius.

Jika temuan ini terbukti benar, maka Toyota Thailand wajib bertanggung jawab atas pajak penjualan domestik sebesar 30 miliar baht, atau sekitar 11,9 triliun rupiah. Jumlah ini meningkat dari 11 miliar baht yang diminta oleh Departemen Bea Cukai Thailand sebelum kasus ini mencuat.

Toyota Prius V Facelift 2015 Interior

Menurut Bangkok Post, pajak 11 miliar baht yang diminta bea cukai Thailand sebelumnya kepada Toyota adalah pajak retroaktif karena telah mengimpor komponen Toyota Prius antara tahun 2010 hingga 2012 tanpa persetujuan pihak bea cukai.

Berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Jepang-Thailand, pabrikan mobil yang menerima persetujuan Bea Cukai sebelum mengimpor bagian dikenakan pajak 30% untuk kendaraan CKD. Toyota diduga dikenakan pajak 80% karena tidak meminta persetujuan sebelumnya untuk mengimpor komponen.

Toyota-Prius-Plug-In-Hybrid

DI Thailand, semua mobil CBU akan dikenakan pajak sebesar 187,75 persen, tapi menurut Thai Rung Union Car Plc MD Sompong Phaoenchoke, karena banyaknya celah untuk melewati hukum dalam urusan bea cukai, masih mungkin bagi produsen mobil untuk sepenuhnya mengimpor mobil secara CBU tanpa bea masuk.

Chairman Toyota Motor Thailand, Pramon Sutivong membantah penghindaran bea masuk pada pengimporan komponen Prius, dan mengatakan kalau mereka saat ini sedang mengajukan banding di Departemen Bea Cukai untuk kasus ini. Menurut mereka, kasus ini adalah akibat adanya perbedaan penafsiran hukum peraturan kepabeanan.

wallpaper-toyota-prius

Sutivong yang juga tercatat sebagai ketua Organisasi Anti Korupsi di Thailand menyatakan kepada Bangkok Post kalau Toyota Thailand dapat membuktikan bahwa pabriknya sungguh punya jalur perakitan untuk merakit Toyota Prius secara CKD.

Bisa jadi Sutivong tidak asal bicara, mengingat di akhir tahun 2010 Toyota Motor Thailand mengadakan perayaan untuk produksi Prius di gerbang pabrik Chachoengsao, di mana pabrik ini juga membuat mobil lain seperti Yaris, Vios, Corolla Altis, Camry dan Camry Hybrid.

Yah, kami hanya bisa berharap semoga kasus ini cepat terselesaikan dengan baik dan masing-masing pihak harus bisa membuktikan ucapannya dengan fakta yang ada di lapangan. Bagaimana menurut anda? Sampaikan pendapat anda di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • m15a

    Toyota… I see what you did there…

  • mickey

    Cakep yah prius
    Sayang pajak hybrid gede disini

  • gaps

    Gila. Ud bikin ubahan seenaknya,pake acara korup lg. Emg bener2 deh Toyota

  • wowkeren

    Wahahahaha… Toyota emang jagonya korupsi disegmen otomotif. Udah sunatan fitur nomer 1, jelekin merek lain paling top, korupsi pula.

    • Honjing

      ITU HONDA ANYING YANG SAMPAH

      • gaps

        Anyingan Toyota ah. Honda biar sunatan juga ga gtu2 amat. Liat aja Jazz sm Yaris. Sunatan mana coba? Haha

        • lalala

          wkwkwk lebih sunatan jazz lah anggepan jazz disunat sampe sisa biji doang

          • Hillarius Satrio

            ini pada ga malu sama umur apa, bahasanya bahasa kebun binatang? ck

          • ToyoTaek

            emang kelebihannya yaris apaan tong…gk usah ngomongin jazz…ayo di bandingkan Avanza Vs Mobilio,Rush Vs HRV,Vios Vs City,Etios VS Brio…gk ada menang2nya tuh si Toyo untuk masalah fitur ama model…klu masalah Bacot si Toyo emang lebih hebat.

        • gaps

          Sesunat2nya Honda,Honda masih punya point of sales lebih baik dr pd Toyota. Bener2,coba bandingin beberapa produk itu aja. Apa nilai plusnya? Selain merk sm aftersalesnya ya

  • budiman

    Gak ada mslh kyknya sih denda segitu bagi toyota secara keuntungan diperoleh sdh jauh berlipat2 dr itu..hanya seper2nya aja itu..

    tp yg paling penting hrs dibuktikan duku kebenaran..kalau seandainya salah,toyota bs tuntut balik lebih besar dr densa itu krn mencemarkan nama toyota..

    kalau bs lolos cbu2 tp bea masuk di indonwaia mobil2 mewah bakal banjir deh..hahaha tp kalau masuk gak resmi begitu gmn pengurusan bpkb stnk dsb2nya ya??

  • rizki

    Buat moderator, bisa gak komen2 yang terlalu condong ke merk tertentu dengan kata2 kasar, dihapus? gak enak bacanya, trims

    • dimas

      setuju nih

  • muu

    pernah baca dulu astra (baca toyota) disini juga terindikasi praktek transfer pricing (baca penggelapan pajak); tapi depkeu kagak berani nyelidiki !

    • Hendratmo

      Sdh masuk pengadilan pajak mas bro… tp gak tahu hasilnya gmn…. tinggal ketuk palu hakim

      • gaps

        Ha iya? Lebih parah dr praktek upping price Honda dong. Tp ga heran sih,Toyota emg jagonya nyunat. Nyunat fitur,harga naik ga karuan. Ini lg nambah penggelapan pajak. Kurang laknat apa coba

        • Hendratmo

          Dcr d mbah gugle sj mas bro ada tuh beritanya … sejak th 2013

          • gaps

            Sip masbro thankyou

  • Amar

    ini kita bahas masalah pajak,malah pada bahas kejelekannya merk”,gimana sih kalian ini?

    • tonoz

      Pengelapan pajak itu kan suatau hal yg jelek bung..tp entah kenapa pd gak suka toyota..tapi mobil dirumah rata2 pasti ada toyota..ya utk model mesin toyota dr dulu gitu2 aja gak ada inovasi2..mslh sunat2 semua produsen sunat2an..apalagi skrng produksi sdh di indonesia ya mkn sunat habisss…itulah jeleknya ..lebih baik mobil di import utuh jd gk disunat tp harga mahal teriak jg…disunat hrga lebih murah yeriak jg..pilihan sulitt

      • Dicky

        tapi kenapa boil kaya ford fiesta, ecosport,mazda CX 3 & 5, chevy captiva, orlando mreka bisa full spek dan harganya bisa bersaing yak? paling yg dikurangin airbag penumpang belakang aja kiri-kanan..sisanya? masih nempel…that’s why gw lbh suka merk2 itu dibanding H & T…

        pendapat pribadi sih…

  • heru

    Customer point of view beda2 om

  • gaps

    Khususnya Toyota ya,kenapa akhirnya konsumen sini tetep milih Toyota? Apalagi kl bukan karna merk sm aftersalesnya. Toyota yg sekarang emg makin hari makin ga beres. Dan kbukti kan sekarang? Orang mau dikadalin kayak apa juga tetep aja milihnya Toyota.
    Merk lain juga build-up kok bro,banyak malah. Tp kenapa harga bs sm bahkan lebih murah dr Toyota yg kbanyakan ud CKD? Buat bayar aftersales? Merk besar? Bayar mahal cm buat merk. Ngandelin merk tanpa inovasi dan (ternyata) korup. Ngadalin konsumen berkali2 itu sih

  • tim

    Yaa toyota sama honda ada kejelekannya masing” lahh.. kalo toyota jeleknya korup kaya gini, kalo honda jeleknya di produknya.. bkn mau jelekin produk honda, tapi mxdnya kalo ada yg cacat produksi atw gimana baru lamaaa banget direcallnya.. cnth aja city 2004 airbag bermasalah direcall baru 2014… gilak ga tuh? Ya gua walopun ga suka H&T masih mending T, produknya sama” jelek tapi aftersales ke kons lebih bagus drpd H.. ya walopun korup tpi stidaknya ga ngaruh ke konsumen lgsg lah.. kalo mslh airbag pengaruhnya kan gila gilaan? Makanya skrg gua beralih ke nissan dan mazda, ya walopun aftersales ga sebagus kedua merk tsb tapi dari sisi produk jauh lebih baik..

    • Dicky

      api kenapa boil kaya ford fiesta, ecosport,mazda CX 3 & 5, chevy captiva, orlando mreka bisa full spek dan harganya bisa bersaing yak? paling yg dikurangin airbag penumpang belakang aja kiri-kanan..sisanya? masih nempel…that’s why gw lbh suka merk2 itu dibanding H & T…

      pendapat pribadi sih…

      mkin bisa kasih pencerahan gan..

      • Maimai lovers

        Kalau saya pribadi lebih memilih honda daripada toyota atw merek lainnya. Alasannya honda punya ketahanan dan keandalan yg bagus walaupun fit and finishnya kurang spesial dan fitur tdk selengkap di jepang tapi saya suka honda sekarang tdk terlalu sunat(kecuali jazz, crv facelift, odyssey non prestige, civic, brio, mobilio, hrv 1.5, city) dan sudah bagus dan katanya mobil amerika punya kualitas tidak bagus dan cepat rusak contohnya jeep reliabilitynya jelek dan mesinnya mengerikan. Lihat saja reviewnya di edmunds.com dia beli jeep cherokee dan bahagia sekali dua bulan kemudian mesinnya tidak nyala dan dia kecewa sdh dibawa ke service center tdk dpt diperbaiki akhirnya dia berhenti untuk memiliki jeep dan pindah kemerek jepang yang terkenal akan reliabilitynya. Merek amerika memang tidak suka sunat fitur seperti merek jepang tapi karena daya tahan mekanikalnya yg kurang baik sehingga orang indonesia lebih menyukai merek jepang yang tahan banting walaupun ada yang disunat tapi bagi keseluruhan orang indonesia mereka sdh bersyukur.