Mazda MX-5 SkyActiv Resmi Produksi, Pertengahan Tahun Ini Mulai Dijual!

Mazda MX-5 SkyActiv Resmi Produksi, Pertengahan Tahun Ini Mulai Dijual!
0  komentar
pabrik-mazda-mx-5

AutonetMagz.com – Mazda Jepang baru saja mengumumkan bahwa MX-5 SkyActiv baru sudah diproduksi resmi di pabrik Ujina No. 1 milik Mazda yang berlokasi di Hiroshima, Jepang. Roadster generasi keempat berkode ND ini diklaim baru akan dijual resmi sekitar bulan Juni mendatang dan segera diekspor ke berbagai negara yang sudah membuka pesanan untuk MX-5 berkode ND ini, salah satunya adalah Inggris.

Sekedar info, Mazda MX-5 berkode ND ini adalah mobil yang sangat unik. Jika mobil dari generasi ke generasi bentuknya makin gemuk, MX-5 terbaru ini malah makin kecil, bahkan dibanding MX-5 generasi pertama berkode NA, MX-5 SkyActiv berukuran lebih kecil. Seberapa kecil memangnya?

generasi-mazda-mx-5

Jika dibandingkan dengan Toyota All New Vios misalnya, mobil ini baru kelihatan kecilnya. Vios punya panjang 4.010 mm, MX-5 hanya 3.915 mm. Tinggi Vios 1.475 mm, MX-5 hanya 1.235 mm. Barulah lebar MX-5 sedikit lebih lebar daripada Vios, yaitu 1.730 mm dibanding 1.700 mm, alias hanya beda 3 cm.

Mobil kecil biasanya ringan, dan memang itulah fakta yang terdapat dalam tubuh mungil MX-5 SkyActiv. Berkat pengaplikasian teknologi SkyActiv pada bodi, sasis, mesin, dan transmisi, mobil ini lebih ringan 100 kg daripada MX-5 sebelumnya. Beratnya hanya 998 kg saja lho! Artinya, mobil ini masih lebih ringan daripada Suzuki Swift GX matik yang berbobot 1 ton persis.

produksi-mazda-mx-5

MX-5 SkyActiv akan punya pilihan mesin 1.500 cc 129 hp untuk yang ingin berkendara secara santai dengannya. Bagi yang merasa kurang puas dengan mesin kecil, pilihan mesin 2.000 cc SkyActiv 155 hp juga masih ada. Mazda juga tidak pelit soal transmisi, baik versi SkyActiv-MT (manual) dan SkyActiv Drive (matik) sama-sama punya 6 percepatan.

Sepertinnya menarik kalau mobil yang mencatat rekor sebagai roadster terlaris sepanjang sejarah versi Guiness Book of World Records ini hadir di Indonesia untuk menggantikan MX-5 lama. Jika ada konsumen yang ingin mobil keren tapi mesinnya simpel dan irit, bisa pilih yang 1.500 cc. Kalau mau yang agak kencang, bisa pilih yang 2.000 cc. Pilihan menarik kan?

mazda-mx-5-cruising

Seandainya anda ingin membeli dan mampu merawat sebuah MX-5 SkyActiv, mau pilih yang 1.500 cc atau yang 2.000 cc? Sampaikan pendapat dan pilihan anda di kolom komentar!

Ini dia video MX-5 pertama yang keluar dari pabriknya di Hiroshima, Jepang :

Read Prev:
Read Next:
  • tonoz

    Punya mobil sport ya hrs berani ambil cc gede lah..kalau 1500 cc ya setara mobil2 umum laenya..

    tp krng menarik modelnya menurut sy..krng keliatan sport kurang tajam gitu..msh gagahan mazda6 dr bentuk wajah dpn blkng

    • Hillarius Satrio

      MX-5 dari pertama keluar nggak pernah kok ngejar tenaga gede, akselerasi, top speed dan cc gede, dia mengandalkan kenikmatan berkendara, handling dan distribusi bobot sempurna, 50:50

      googling deh soal MX-5, alasan mobil ini jadi bagus bukan karena tenaganya, tapi karna… ah, kalo diceritain panjang.. hehe

  • fiz

    ^^atas ane, itu dia gan yang buat mx-5 mencatat penjualan tertinggi sepanjang sejarah mobil roadster,, ini mobil roadster, bukan sport, dia lebih mementingkan sisi fun to drive bukan 0-100kpj <3detik

    coba nonton topgear 22 eps 7 deh, richard hammond sangat puas dengan penerus mx-5 ini 🙂

    kalo untuk model itu subyektif yah.. tapi memang mx-5 dari dlu lebih ke arah feminim ketimbang macho ato maskulin.. yaa masalah selera sih,, kalo banyak yg gak suka gak mungkin ni mobil mencetak penjualan tertinggi..

  • mickey

    Delica udah nongol
    Request review kia rio atau grand avega dong 😀
    Jarang liad tapi modelnya keren, apalagi grand avega

  • madtazr

    “Seandainya anda ingin membeli dan mampu merawat sebuah MX-5 SkyActiv, mau pilih yang 1.500 cc atau yang 2.000 cc?”
    maksudnya mampu merawat ini apa bro? apa butuh usaha/sumber daya lebih daripada mobil umumnya?

    • Hillarius Satrio

      secara mesin dan transmisi sih enggak, tapi kudu rajin bersihin atap kanvasnya aja. kan nggak lucu liat mobil atapnya butek

      • fiz

        kira2 yang masuk mx-5 tipe mana ya hilsat?
        secara mx-5 sebelumnya kan yang masuk cuma at n atap hard.. manual ama atap kanvas gak masuk..

        padahal kalo bener2 mau fun to drive ya manual + atap kanvas biar bobot bener2 50:50

  • hachiroku

    opini gw aj gan, klo d pilih” msh fun to drive GT86, walaupun GT86 lbh berat dr mx5