Mazda MX-5 SkyActiv Resmi Produksi, Pertengahan Tahun Ini Mulai Dijual!

Mazda MX-5 SkyActiv Resmi Produksi, Pertengahan Tahun Ini Mulai Dijual!
0  komentar
pabrik-mazda-mx-5

AutonetMagz.com – Mazda Jepang baru saja mengumumkan bahwa MX-5 SkyActiv baru sudah diproduksi resmi di pabrik Ujina No. 1 milik Mazda yang berlokasi di Hiroshima, Jepang. Roadster generasi keempat berkode ND ini diklaim baru akan dijual resmi sekitar bulan Juni mendatang dan segera diekspor ke berbagai negara yang sudah membuka pesanan untuk MX-5 berkode ND ini, salah satunya adalah Inggris.

Sekedar info, Mazda MX-5 berkode ND ini adalah mobil yang sangat unik. Jika mobil dari generasi ke generasi bentuknya makin gemuk, MX-5 terbaru ini malah makin kecil, bahkan dibanding MX-5 generasi pertama berkode NA, MX-5 SkyActiv berukuran lebih kecil. Seberapa kecil memangnya?

generasi-mazda-mx-5

Jika dibandingkan dengan Toyota All New Vios misalnya, mobil ini baru kelihatan kecilnya. Vios punya panjang 4.010 mm, MX-5 hanya 3.915 mm. Tinggi Vios 1.475 mm, MX-5 hanya 1.235 mm. Barulah lebar MX-5 sedikit lebih lebar daripada Vios, yaitu 1.730 mm dibanding 1.700 mm, alias hanya beda 3 cm.

Mobil kecil biasanya ringan, dan memang itulah fakta yang terdapat dalam tubuh mungil MX-5 SkyActiv. Berkat pengaplikasian teknologi SkyActiv pada bodi, sasis, mesin, dan transmisi, mobil ini lebih ringan 100 kg daripada MX-5 sebelumnya. Beratnya hanya 998 kg saja lho! Artinya, mobil ini masih lebih ringan daripada Suzuki Swift GX matik yang berbobot 1 ton persis.

produksi-mazda-mx-5

MX-5 SkyActiv akan punya pilihan mesin 1.500 cc 129 hp untuk yang ingin berkendara secara santai dengannya. Bagi yang merasa kurang puas dengan mesin kecil, pilihan mesin 2.000 cc SkyActiv 155 hp juga masih ada. Mazda juga tidak pelit soal transmisi, baik versi SkyActiv-MT (manual) dan SkyActiv Drive (matik) sama-sama punya 6 percepatan.

Sepertinnya menarik kalau mobil yang mencatat rekor sebagai roadster terlaris sepanjang sejarah versi Guiness Book of World Records ini hadir di Indonesia untuk menggantikan MX-5 lama. Jika ada konsumen yang ingin mobil keren tapi mesinnya simpel dan irit, bisa pilih yang 1.500 cc. Kalau mau yang agak kencang, bisa pilih yang 2.000 cc. Pilihan menarik kan?

mazda-mx-5-cruising

Seandainya anda ingin membeli dan mampu merawat sebuah MX-5 SkyActiv, mau pilih yang 1.500 cc atau yang 2.000 cc? Sampaikan pendapat dan pilihan anda di kolom komentar!

Ini dia video MX-5 pertama yang keluar dari pabriknya di Hiroshima, Jepang :

Read Prev:
Read Next: