Paten Honda Rebel 300 Terdaftar di India, Mesin Honda CBR 300 R

by  in Berita&Honda&International
Paten Honda Rebel 300 Terdaftar di India, Mesin Honda CBR 300 R
0  komentar

AutonetMagz.com – Sekitar awal tahun ini, pihak Astra Honda Motor (AHM) sempat memasukkan model yang cukup menarik, yaitu Honda Rebel 500. Yap, motor ini memang menarik, karena Honda CMX 500 Rebel ini sendiri seperti sebuah kanvas kosong yang bisa dilukis dan dikustomisasi oleh pemiliknya untuk disesuaikan dengan kemauan sang empunya. Namun memang untuk pasar Indonesia, kubikasinya cukup besar dan masuk segmen moge.

Padahal, segmen motor ini sebenarnyan sednag cukup digemarin, tentunya andai saja motor ini hadir dengan kubikasi yang lebih kecil, maka harganya pasti lebih terjangkau pula. Sebenarnya solusi tersebut sudah ada, kawan, karena sejatinya Honda CMX 250 Rebel sudah dijual di Jepang sana. Namun memang baru sebatas disana saja, negara – negara lain yang punya basis pemotor yang besar masih harus menahan hasratnya untuk mendapatkan motor yang bisa dikustom sesuka hati ini. Namun ada sebuah negara yang nampaknya cukup beruntung dalam hal ini, yaitu India.

Yap, sebuah paten baru saja terlihat di India, dan di dalam paten tersebut menunjukkan bahwa motor yang ada di dalam paten tersebut punya kemiripan dengan Honda Rebel Series. Dan mengutip dari IndianAutosBlog, CEO dan President of Honda Motorcycle and Scooter Limited (HMSI), Minoru Kato mengungkapkan di bulan Agustus silam bahwa akan ada motor dengan kubikasi antara 300 hingga 400cc yang akan hadir di Negeri Bollywood tersebut. Merujuk pada paten tersebut, maka seri Honda CMX300 Rebel adlaah model yang sangat mungkin dimasukkan di India.

Mengapa bukan yang 250cc? Ya, jawabannya sama seperti yang terjadi di motor – motor sport 250cc di Indonesia yang dijual di India menjadi berkubikasi 300cc, karena regulasi disana mendukung. Honda CMX300 Rebel sendiri akan berbagi mesin dengan Honda CBR 300 R, bukan yang RR ya, jadi mesin yang digunakan adalah mesin 286cc DOHC satu silinder yang menggunakan radiator, dan bertenaga maksimal 27,3 PS serta bertorsi 27 Nm. Bukan angka yang mengagumkan, namun untuk motor berjenis seperti Honda CMX300 Rebel, maka angka tersebut bukanlah masalah yang besar.

Namun walaupun sudah merambah pasar India, masih belum ada kabar mengenai kehadirannya di Indonesia. Karena sekali lagi, pihak AHM tentu punya prioritas produk yang akan dijualnya di sini, dan belum tentu PT AHM mau memasukkan motor ini ke Indonesia, namun jika masuk, tentu gairah motor  kustom di Indonesia bisa makin subur. Jadi bagaimana menurut kalian motor ini? Sampaikan yuk pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: