Menerawang Nasib Honda Odyssey, Pensiun Selamanya?

by  in Berita&Honda&International
Menerawang Nasib Honda Odyssey, Pensiun Selamanya?
0  komentar

AutoneMagz.com – Sebuah berita yang mengejutkan muncul beberapa waktu silam bersamaan dengan keputusan Honda untuk menghentikan produksi di pabrik mereka yang ada di Sayama, Jepang. FYI, di pabrik Sayama, ada sebuah produk Honda yang cukup familiar dengan publik Indonesia, yaitu Honda Odyssey. Dan dampaknya, Honda Odyssey produksi Jepang juga dipastikan akan mengakhiri masa baktinya, dan jelas ini akan berdampak pada unit Honda Odyssey yang dipasarkan di Indonesia. Kok bisa? Karena Honda Odyssey yang dipasarkan di Indonesia merupakan produk yang didatangkan utuh dari Jepang, dan diproduksi di pabrik Sayama. Lantas, apakah Honda akan benar – benar mengakhiri eksistensi dari Honda Odyssey untuk pasar global? Mari kita terawang bersama – sama.

Bakal Discontinue Selamanya? Yakin?

Sebelum membahas lebih jauh, ada 2 hal penting yang mau kami sampaikan terkait Honda Odyssey. Pertama, Honda Odyssey yang dipasarkan di Indonesia, Jepang, dan global merupakan model yang berbeda dengan Honda Odyssey di Amerika. Jadi, jangan sampai salah kaprah. Dan kedua, Honda Odyssey generasi kelima ini tak hanya dirakit di Sayama Plant Jepang saja, tapi juga di China. Honda Odyssey dirakit di China di 2 pabrik JV Honda, yaitu di Guangzhou (Guangqi Honda), dan di Wuhan (Dongfeng Honda). Guangqi Honda menjual Honda Odyssey dengan nama yang sama, namun Dongfeng Honda memasarkan Honda Odyssey dengan nama Honda Elysion. Oke, sudah cukup paham latar belakang Honda Odyssey kan? Sekarang kita coba bahas masa depan mobil ini. FYI, Sayama Plant baru akan berhenti produksi di bulan Maret 2022, jadi, kalau kalian berminat dengan Honda Odyssey yang dipasarkan sekarang, segeralah membelinya. Honda Odyssey juga baru mendapatkan penyegaran di Indonesia, yang mengacu pada versi Jepang tahun lalu.

Mengutip informasi via Mag-X Japan, sebenarnya pihak Honda masih ingin memasarkan Honda Odyssey untuk pasar domestik Jepang. Hanya saja, mereka tidak bisa memindahkan produksi Honda Odyssey ke pabrik yang ada di Jepang. Nasib yang berbeda dialami oleh boxy MPV Honda lainnya, yaitu Honda StepWGN. Honda StepWGN juga diproduksi di Sayama Plant, namun tidak akan di-discontinue. Honda akan mengalihkan produksi Honda StepWGN ke pabrik mereka di Yorii. Lantas, apa solusi untuk Honda Odyssey? Tentunya menunjuk pabrik lain diluar Jepang untuk memproduksi MPV tersebut, persis seperti Honda Civic Type R. Lalu, dimana? Kalau mau diabsen, ada 2 kawasan yang berpotensi memproduksi Honda Odyssey. Pertama, tentunya China, dan kedua, Amerika Utara. Namun kami sendiri ragu Honda akan memasarkan Honda Odyssey rakitan China ke Jepang. Sedangkan Amerika Utara? Mereka memiliki Honda Odyssey versi mereka sendiri yang lebih besar.

2018 Honda Odyssey

Apakah Honda Odyssey Amerika Jadi Produk Global?

Jadi, peluang Honda Odyssey versi global untuk bertahan sudah pupus? Tidak juga, karena nama Honda Odyssey masih eksis di beberapa negara. Dan melakukan unifikasi alias penggabungan untuk produk bernama Honda Odyssey adalah solusi yang masih masuk akal. Artinya, Honda Odyssey global dan Honda Odyssey versi Amerika Utara berpeluang dilebur jadi satu model saja, dan dipasarkan global. Hanya saja, daur hidup Honda Odyssey biasanya berkisar antara 5 hingga 7 tahun, dan Honda Odyssey versi Amerika Utara kini baru berusia 3 tahun. Artinya, paling cepat Honda Odyssey versi Amerika Utara akan mendapatkan generasi terbarunya di tahun 2023. Dan di momen itu, Honda bisa saja membuat penyesuaian pada model tersebut dan dijual global. Memangnya apa perbedaan mencolok antara versi global dan Amerika Utara? Yang pasti, selain model, adalah dimensi. Honda Odyssey versi Amerika Utara adalah MPV super bongsor dengan panjang di atas 5 meter, bahkan lebih panjang dari Toyota Alphard & Lexus LM.

Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Honda, dan terlepas terawangan ini benar atau salah, kami tetap berharap nama Honda Odyssey tidak akan mati. Setidaknya masih hidup di China atau Amerika Utara. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: