Pabrik Mitsubishi & Denso Disidik Terkait Masalah Dieselgate

Pabrik Mitsubishi & Denso Disidik Terkait Masalah Dieselgate
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan kasus Dieselgate? Yap, kasus yang membeli Volkswagen Group tersebut meninggalkan sebuah catatan kelam pada pabrikan otomotif raksasa asal Jerman tersebut. Masa lalu kelam itu ingin dikubur VW dengan ‘menebus dosa’ mereka melalui percepatan pengembangan mobil listrik. Pasca VW, ternyata masih ada pabrikan lain yang juga kecemplung di masalah yang sama, dan pabrikan tersebut adalah Mitsubishi.

Mengutip informasi via Bloomberg, Pihak Mitsubishi bersama dengan Denso yang beroperasi di Jerman telah diperiksa atas tuduhan adanya perangkat khusus untuk mengakali hasil uji emisi mobil bermesin diesel atau juga kita kenal dengan skandal Dieselgate. Kepolisian dan Kejaksaan Jerman telah memulai investigasi pada 10 lokasi di seluruh Jerman yang dicurigai memainkan praktek ilegal tersebut. Juru bicara dari Denso sendiri mengkonfirmasi hal tersebut, dan pihaknya menyatakan akan kooperatif dengan pihak yang berwajib. Selain Denso, pabrikan parts lainnya yang didatangi pihak berwajib adalah Continental.

Sedangkan untuk Mitsubishi, pihak berwajib mencurigai mesin 1.600cc Diesel dan 2.200cc Diesel yang masing – masing dinyatakan lulus uji emisi Euro5 dan Euro6. Juru Bicara Mitsubishi, Tetsuji Inoue menyebutkan bahwa pihaknya masih mengumpulkan informasi terkait masalah ini sembari terus berkooperasi dengan pihak berwenang di Jerman. Sebenarnya, Mitsubishi sendiri bukanlah pemain besar di pasar Eropa. Walaupun begitu, capaian 138.003 unit kendaraan di Eropa per tahun lalu tetaplah memberikan dukungan positif pada penjualan global mereka, apalagi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi tengah dilanda masalah.

Munculnya kabar ini membuat saham dari Mitsubishi terjub bebas sebesar 7,1 persen, yang diikuti oleh saham Denso sebesar 3,1 persen. Tentunya kita perlu menunggu kelanjutan proses penyelidikan dari pihak berwenang, apakah benar mobil – mobil Mitsubishi memang diberi perangkat yang mencurangi uji emisi ataupun tidak. Namun, kecurigaan ini menjadi catatan buruk bagi para produsen otomotif, khususnya produsen mobil diesel. VW yang sudah membayar mahal masa lalunya dengan sejumlah pengorbanan baik nama besar maupun biaya denda saja masih harus berjuang lagi untuk menghilangkan cap buruk itu kepada mereka. Lantas Mitsubishi?

Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: