KTM RC 390 R Edition : Versi Kencang Cuma 500 Unit!

by  in Berita&International&KTM
KTM RC 390 R Edition : Versi Kencang Cuma 500 Unit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kita tahu, mesin 390cc yang digunakan oleh KTM RC 390, KTM Duke 390 dan juga Bajaj Dominar 400 merupakan salah satu mesin yang cukup menarik. Dengan kubikasi yang tak kecil dan konfigurasi satu silinder menjanjikan torsi yang padat dan nampol. Namun bagaimana jika ada versi yang lebih kentjang? Check this out.

Pabrikan asal Austria yang kini banyak bermain di pasar India ini sendiri sedang mempersiapkan sebuah produk khusus yang mengambil basis dari KTM RC 390. Produk ini akan dijual secara terbatas, dan punya kelebihan dalam sisi mesinnya, dan produk ini menurut KTM akan diberi nama KTM RC 390 R. Penambahan ‘R’ di sisi belakang nama motor ini guna menunjukkan bahwa peforma motor ini akan beda dibandingkan versi standarnya. Nampaknya penggunaan huruf ‘R’ ini terinspirasi oleh perkataan salah satu reviewer AutonetMagz yang sehat, yang mengatakan bahwa ‘R’ itu artinya Racing, kentjang.

Oke, itu cuma bercandaan saja kawan, dan kembali ke KTM RC 390 R, motor ini akan dijual terbatas, yaitu 500 unit saja. Hal ini membuat motor ini nampaknya akan menjadi buruan para kolektor dan penggemar balap. Kenapa penggemar balap? Karena pihak KTM sendiri mengklaim bahwa KTM RC 390 R akan hadir sebagai motor race track ready, menarik? Tentunya. Walaupun mengumbar janji bahwa peformanya akan meningkat, nyatanya KTM masih belum membeberkan spesifikasi dari KTM RC 390 R ini. Namun masih ada beberapa detail yang bisa kita dapatkan dari calon motor kentjang ini. Pertama, KTM RC 390 R akan mendapatkan suspensi yang fully adjustable lansiran WP Suspension, berbarengan dengan new top yoke dan handlebar kit untuk membuat ergonominya makin nungging.

Dalam hal mesin, mesin yang diusung oleh KTM RC 390 R akan menggunakan intake trumpet yang lebih pendek sehingga mesin bisa memberikan power band yang lebih ebar untuk kebutuhan akselerasi di dalam trek balap. Nah, itu saja dari KTM RC 390 R yang bisa tergali sejauh ini. Namun jika ubahan itu tak juga cukup, tenang saja, karena mekanik dari KTM juga berimajinasi cukup luas. Yap, bagi kalian yang merasa KTM RC 390 R belum cukup, masih ada race kit SSP300 yang bisa dibeli terpisah. Dalam SSP Race kit ini sendiri ada 230 komponen yang bisa dipasangkan pada KTM RC 390 R dan mengubahnya menjadi monster di arena balap. Beberapa komponen tersebut antara lain adalah ECU spek balap, knalpot titanium lansiran Akrapovic, STM Slipper Clutch, quick shifter, engine cooling yang sudah ditingkatkan, dan banyak lainnya.

Namun, SSP Race kit ini sendiri hanya tersedia 50 paket dalam setahun, sehingga jumlahnya juga ikut terbatas. KTM RC 390 R sendiri akan dijual di Inggris dengan harga 8.500 Euro atau setara 140,3 jutaan Rupiah. Bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: