EICMA 2017 : Husqvarna Vitpilen 701 Dirilis, Pakai Mesin 690 Duke

by  in Berita&EICMA&Husqvarna
EICMA 2017 : Husqvarna Vitpilen 701 Dirilis, Pakai Mesin 690 Duke
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih dari Gelaran EICMA 2017, memang nampaknya pabrikan – pabrikan motor dunia memanfaatkan benar gelaran tahunan ini untuk memperkenalkan produk – produk mereka. Jika Honda, Ducati, MV Agusta, dan Suzuki sudah, maka kita akan beralih ke pabrikan asal Eropa, yaitu Husqvarna. Pabrikan yang dikenal sebagai produsen motor trail ini sendiri akhirnya mencoba terjun ke segmen lain, yaitu street bike dengan Husqvarna Vitpilen 701.

Sebenarnya Husqvarna Vitpilen 701 bukanlah produk yang asing jika kalian mengikuti perkembangan informasi dari pabrikan ini. Sebelumnya sudah ada varian yang lebih kecil yang kita kenal sebagai Husqvarna Vitpilen 401 yang diperkenalkan ke publik pada tahun 2016 silam. Namun, secara produksi, kedua motor ini akan mulai dipasarkan untuk model tahun 2018 mendatang. Dan bersamaan dengan Husqvarna Vitpilen 701 dan Husqvarna Vitpilen 401, Husqvarna akan memberikan satu varian lagi yang bernama Husqvarna Svartpilen yang memiliki basis yang serupa, namun dengan kaki – kaki yang mampu melumat jalana tanah.

Oke, mari kita bahas lebih lanjut mengenai Husqvarna Vitpilen 701. Motor ini sendiri memang cukup unik, karena dengan kubikasinya yang mencapai 693cc, motor ini hanya memiliki satu silinder saja. Tentunya kalian paham kan, mesin satu silinder dengan kubikasi 693cc itu mesin milik siapa? Ya, milik KTM, lebih tepatnya mesin tersebut adalah milik KTM 690 Duke. Mesin ini sendiri memberikan output tenaga sebesar 74 hp yang diraih pada putaran mesin 8.500 rpm dan torsi maksimal di angka 72 Nm pada putaran mesin 6.750 rpm. Jadi, secara torsi, dipastikan torsi Husqvarna Vitpilen 701 nonjok  di putaran bawah hingga menengah.

Mesin bertorsi itu sendiri akan dipasangkan dengan transmisi enam percepatan manual, dan tentunya jika torsi melimpah, maka akan cukup ngeri jika anda melakukan downshift secara sembarangan. Oleh karena itu, Husqvarna juga memberikan fitur slipper clutch yang akan mempermudah anda saat melakukan downshift. Husqvarna Vitpilen 701 diberikan rangka baru berbahan chromium-molybdenum stell alloy berbentuk rangka tralis. Sedangkan untuk suspensinya, motor ini menggunakan model USD di sisi depan dengan diameter tabung 43 mm dan monoshock di sisi belakang.

Sedangkan untuk sisi pengereman, Husqvarna Vitpilen 701 menggunakan satu discbrake berukuran 320mm di depan dan 240 mm di belakang. Kaki – kaki dari Husqvarna Vitpilen 701 sendiri lumayan gambot dengan profil ban 120/70 di sisi depan dan 160/60 di sisi belakang yang kesemuanya merupakan produk milik Bridgestone. Tangki dari motor ini berkapasitas 12 liter, dengan 2,5 liter cadangan. Bobot dari motor ini secara kering menyentuh angka 157 kg, tak terlalu berat untuk motor 700cc kan? Husqvarna Vitpilen 701 sendiri baru akan dijual di Eropa pad akuartal pertama tahun 2018 mendatang bersamaan dengan seri Husqvarna Vitpilen 401 dan Husqvarna Svartpilen 401.

Jadi, bagaimana menurut kalian motor ini? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: