Intip Sosok Nissan Z Proto, Ada Transmisi Manual?

0  komentar

AutonetMagz.com – Semakin hari, kita semakin dekat dengan saat-saat di mana kita akan melihat generasi penerus Nissan Fairlady Z. Yaa… Lebih tepatnya calon generasi penerus, karena Nissan sudah bilang bahwa yang akan tampil adalah Nissan Z Proto, dan kata “Proto” berarti mobil ini masih konsep, dan Nissan akan mematangkan mobil ini menjadi versi produksi dalam beberapa tahun ke depan.

Kemarin, desainer Nissan sudah menggambar sebuah sketsa yang menggambarkan bentuk Nissan Z Proto dari belakang, dan sekarang kita sudah bisa melihat teaser-teaser baru lagi yang menghubungkan mobil konsep ini dengan para pendahulunya. Mulai dari lampu depan, Nissan menggambarkan bahwa lampu depan Nissan Z Proto adalah tetesan detail dari Datsun Fairlady Z generasi pertama, yang beberapa orang mengenalnya sebagai 240Z atau Devil Z.

Beranjak ke lampu belakang, Nissan menyorot lampu belakang LED yang dikaitkan dengan Nissan Fairlady 300ZX yang memiliki kode bodi Z32. Memang kalau dilihat dari desain yang bergaya fastback coupe, punya pantat rata dan lampu melebar gini, Z Proto memang mirip dengan Z32. Elemen berikutnya adalah logo “Z” klasik di pilar C Nissan Z Proto, seraya dengan kaca samping yang juga disorot lebih detail.

Logo “Z” klasik dan desain pilar C juga berhubungan dengan Datsun 240Z. Jelas sekali bahwa Nissan ingin menarik garis Nissan Z Proto ini kepada para pendahulunya demi menaikkan pamor, dan ini adalah hal baik karena selama ini Nissan Fairlady Z selalu ada di bawah bayang-bayang Nissan GT-R. Bukan berarti GT-R jelek ya, hanya saja bosan juga kalau sedikit-sedikit GT-R melulu. Sama seperti F1 sekarang, bukan berarti Lewis Hamilton buruk, tapi kalau itu-itu terus yang menang, bosan juga. Untung F1 Monza 2020 seru.

Supaya lolos standar emisi baru, Nissan Z Proto diklaim akan menggunakan mesin 3.000 cc V6 twin turbo dengan tenaga minimal 400 hp tanpa bantuan hybrid, penggerak pun tetap RWD. Satu hal yang menarik, di ujung video nampak Nissan menggambarkan mobil ini punya transmisi manual yang langsung dipegang oleh driver. Nah, langka ini, mobil sport baru sekarang jarang sekali yang ada manualnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: