NJKB Nissan Leaf Bocor, Tembus 500 Jutaan

NJKB Nissan Leaf Bocor, Tembus 500 Jutaan
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah sebelumnya kami membahas mengenai kehadiran Nissan Kicks dengan teknologi e-Power di Thailand, ada juga berita mengenai Nissan namun kali ini dari dalam negeri. Setelah beberapa kali dipajang sebagai display di beberapa pameran nasional, sosok Nissan Leaf kini makin dekat kepada konsumen di Indonesia. Pasalnya, muncul bocoran mengenai Nilai Jual Kendaraan bermotor (NJKB) dari Nissan Leaf baru – baru ini.

Mengutip foto milik Ridwan Arifin via Detik, terlihat bahwa ada nama Nissan Leaf di jajaran produk yang dijual oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) di tanah air. Nah, menariknya, sosok Nissan Leaf terpantau dengan nilai NJKB dan juga Dasar Pengenaan PKB (DP PKB). Untuk NJKB, Nissan Leaf memiliki nilai sebesar 529 jutaan Rupiah dengan DP PKB senilai 555,45 jutaan Rupiah. Nah, angka tersebut masih’mentah’ karena belum dikenakan pajak – pajak lainnya. Dengan perhitungan nilai pajak dan lain – lainnya mencapai 20 hingga 30% dari harga tersebut, maka bisa jadi harga jual dari Nissan Leaf nantinya ada di angka 600 hingga 700 jutaan Rupiah di Indonesia.

Mahal? Memang, namun bisa jadi mobil ini malah menjadi mobil listrik termurah yang ada di Indonesia. Lho, kan ada DFSK Gelora EV yang banderolnya  Rp489 – 499 juta untuk tipe MB dan Rp469 – 479 juta untuk tipe BV. Tenang, Nissan Leaf dan DFSK Gelora EV memang sama – sama mobil listrik, namun secara segmen dan daya angkut tentunya berbeda. Sehingga, tidak mungkin calon konsumen DFSK Gelora EV melirik mobil ini, pun begitu sebaliknya. Sebagai sebuah mobil kompak dengan sumber tenaga baterai, rival terdekat dari Nissan Leaf di Indonesia adalah BMW i3S yang harganya jauh diatas prediksi harga mobil ini. Memang ada Hyundai IONIQ EV, namun unitnya tidak dijual bebas.

Nah, dengan masuknya Nissan Leaf ke pasar Indonesia, maka makin banyak kendaraan ramah lingkungan yang dipasarkan di tanah air. Apalagi, jikalau nantinya Nissan Kicks e-Power juga dipasarkan di Indonesia, tentunya makin menambah semarak pasar mobil ramah lingkungan. Belum jelas kapan Nissan Leaf akan dipasarkan resmi di Indonesia, prediksi kami sih NMI awalnya melirik gelaran GIIAS 2020 untuk meluncurkan mobil ini. Berhubung gelaran ini diundur, belum jelas apakah Nissan mau menanti GIIAS 2020 atau malah meluncurkan terlebih dahulu mobil ini. Menarik untuk menanti sosok Nissan Leaf di pasar Indonesia

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: