NJKB KIA Seltos Diesel Muncul, Merk Korsel All Out!

by  in Berita&Kia&Merek Mobil
NJKB KIA Seltos Diesel Muncul, Merk Korsel All Out!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kami sudah dikejutkan dengan munculnya NJKB dari Hyundai Palisade 2.200cc Diesel di dalam list milik Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta. Nah, kali ini ada produk asal Korea Selatan lainnya yang menarik perhatian kami. Dan produk ini adalah KIA Seltos. Tapi, bukan sembarang KIA Seltos, karena kali ini kami menemukan ada sosok KIA Seltos bermesin diesel di NJKB DKI. Yuk kita bahas lebih jauh.

Sejak kemunculannya di dunia pada pertengahan 2019 lalu, kehadiran KIA Seltos memang cukup menarik banyak perhatian. Keberanian KIA untuk memberikan desain ekstrim pada KIA Seltos namun di saat yang bersamaan masih enak dipandang memang membuat banyak pihak kepincut dengan mobil ini. Nah, KIA Seltos sendiri sudah diperkenalkan oleh KIA Indonesia pasca berganti manajemen ke Kreta Indo Artha (KIA) yang berada di bawah naungan Indomobil Group. Pihak KIA Indonesia juga sudah menjual KIA Seltos di Indonesia dengan beberapa opsi trim dan 1 opsi mesin 1.400cc Bensin Turbo. Padahal, kalau kita lihat riwayat dari KIA Seltos, masih ada beberapa opsi mesin lainnya.

Kembali ke urusan mesin diesel, di luar negeri KIA Seltos memang sudah menggunakan mesin diesel. Mesin tersebut memiliki kubikasi 1.600cc New U-Line CRDi VGT (D4FB) yang menggunakan Turbo dan memiliki keluaran tenaga 136 PS pada 4.000 rpm. Untuk torsinya mencapai 320 Nm pada rentang 2.000 hingga 2.250 rpm. Tentu angka tersebut kami rasa cukup untuk menggerakkan crossover sekelas KIA Seltos. Yang menarik tentunya adalah transmisinya, dimana KIA memiliki 2 opsi transmisi untuk varian bermesin diesel yaitu otomatius 6 percepatan dan DCT 7 percepatan. Berhubung versi bensin menggunakan transmisi ini, maka kami rasa versi diesel juga akan menggunakannya.

Tetapi, kalau kita perhatikan, mesin diesel di NJKB tersebut tidak bertuliskan 1.6 melainkan 1.5. Apakah mesin yang berbeda? Bisa saja, namun lebih baik kita tunggu saja kejelasannya. Oiya, kalau kita perhatikan, KIA Seltos di India menggunakan mesin 1.500cc U-Line (D4FA) Diesel lho. Tenaganya mencapai 115 PS dengan opsi transmisi manual dan otomatis 6 percepatan. Karena di NJKB beruliskan 1.5 Diesel, maka asumsinya adalah unit diesel bermesin sama dengan versi India. Poin terakhir yang menarik dari sosok KIA Seltos Diesel di NJKB DKI ini ada pada Nilai Jualnya yang ada di angka 242 jutaan Rupiah. FYI, untuk versi bensinnya memiliki nilai jual 223 jutaan Rupiah. Artinya, jelas KIA Seltos Diesel berpeluang menjadi top of the line alias versi termahal dari KIA Seltos di Indonesia.

Tipe tertinggi dari KIA Seltos yaitu KIA Seltos EXP sendiri dibanderol di angka 355 jutaan Rupiah, jadi kita bisa asumsikan harga jual KIA Seltos Diesel diatas itu. Sebagai catatan, itu jikalau speknya setara EXP. Jadi, bagaimana kalau menurut kalian, kawan? Bisa dikatakan segmen crossover atau SUV bermesin diesel sedari dulu memang menjadi ‘lahan bermain’ produk Korsel, seperti Sportage dan Tucson. Dan kini, mereka kembali bermain dengan segmen ini, bisa dikatakan all out?

Read Prev:
Read Next: