NJKB Hyundai Palisade Terdeteksi, Segera Masuk Indonesia?

by  in Berita&Hyundai&Merek Mobil
NJKB Hyundai Palisade Terdeteksi, Segera Masuk Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Hyundai nampak totalitas dalam berbenah terhadap posisi mereka di industri otomotif di Indonesia. Setelah sebelumnya mengumumkan pembangunan pabrik di Indonesia, diikuti jajaran produk baru seperti Hyundai Kona dan Hyundai IONIQ, kini produk baru lain terdeteksi juga. Yap, sesuai dengan judul yang kalian baca diatas, produk baru tersebut adalah Hyundai Palisade, sebuah SUV bongsor yang kelasnya sedikit diatas Hyundai Santa Fe. Mari kita bahas.

Jadi, saat bermain – main ke situs resmi Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, kami menemukan nama Hyundai Palisade dalam list produk Hyundai di tahun 2020 ini. Kalau kalian perhatikan gambar terlampir, pada nomor 19 terdapat nama PALISADE22LX2CRDI2WA dengan NJKB senilai 459 jutaan Rupiah. Tentu kalau kita bicara angka, maka nominal 459 juta bukanlah harga jual ke publik nantinya, melainkan nilai barangnya saja. Masih ada sejumlah pajak yang akan dikenakan ke produk tersebut. Nah, kode ini sendiri memberikan beberapa bocoran mengenai varian yang akan ditawarkan Hyundai Palisade.

Kode tersebut juga berbunyi CRDI yang artinya common rail direct injection dan merujuk pada mesin Diesel milik Hyundai. Selain itu, ada angka ’22’ yang kami duga kuat merujuk pada kubikasi mesin 2.200cc milik Hyundai Palisade. Dan saat kami menelusuri list mesin milik Hyundai Palisade, memang ada mesin 2.2L R-II berkode D4HB yang memiliki variasi tenaga antara 193 dan 200 PS serta torsi 441 Nm yang sudah bisa diraih dari 1.750 Nm, khas mesin Diesel. Varian mesin ini dipadukan dengan transmisi 8 percepatan. Nah, kode lain yang bisa kami artikan adalah kode ‘LX2’ yang merujuk pada kode yang memang familiar dengan Hyundai Palisade.

Lantas, masuk ke kelas manakah Hyundai Palisade? Untuk pasar US, sebenarnya Hyundai Palisade menjadi suksesor dari Hyundai Grand Santa Fe / Maxcruz (Lebih bongsor dari Santa Fe), dan bersaing dengan KIA Telluride, Ford Explorer, Toyota Highlander dan Honda Pilot. Kalau di Indonesia? Bisa jadi Hyundai Palisade akan bersaing ketat dengan Mazda CX-8 yang secara dimensi sama – sama 4,9 meter dengan wheelbase 2,9 meter. Apalagi, kalau kita bandingkan, NJKB dari Mazda CX-8 tipe terendah juga ada di bawah 500 jutaan. Bisa jadi, Hyundai Palisade juga akan dihadapkan dengan jajaran SUV ladder frame diesel, walaupun sejatinya Hyundai Palisade monokok.

Nah, jadi kita tunggu saja bagaimana kejutan Hyundai dengan Hyundai Palisade di Indonesia. Btw, di NJKB tersebut ada nama Hyundai Kona EV juga. Akan kita bahas di artikel yang lain. Bagaimana komentar kalian?

Read Prev:
Read Next: