Kia KX-7 Segera Meluncur di China, The Next Sorento?

by  in Berita&International&Kia
Kia KX-7 Segera Meluncur di China, The Next Sorento?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kira-kira hampir dua dekade yang lalu, merek otomotif asal negeri ginseng, Korea Selatan, mulai menunjukkan eksistensinya di belantika otomotif dunia. Jika anda generasi kepala 3 atau 4 per tahun ini, maka anda tentu tahu bagaimana pabrikan Korea Selatan mulai menggeluti bidang otomotif dunia. Dan salah satu brand Korea Selatan yang sudah tak asing di telinga kita adalah Kia.

Jika mengingat brand Kia, mobil apa yang anda inget? Visto? Sudah diskontinyu dan berganti Picanto, Carnival? Baru saja reborn dengan nama Grand Sedona, kalau SUV? Sportage? Masih ada dan sekarang tambah keren. Kalau Sorento? Hmmm, waktunya ganti model. Bukan kenapa – kenapa, toh pesaingnya sudah mengganti model mereka, kecuali saudara senegaranya Hyundai Santa Fe. Model yang dijual saat ini masih serupa dengan yang pernah kami review 3 tahun lalu. Iya, sudah 3 tahun lalu kawan.

Nah, walau belum ada pergerakan berarti di tahun 2017 ini, namun di seberang sana di negeri tirai bambu ada sebuah model milik Kia yang bermain di kelas yang serupa dengan Sorento. Hmmm, apakah bisa jadi penerusnya? Coba kita lihat lebih lanjut. Model ini bernama Kia KX-7, model ini pertama kali meluncur tahun lalu di Guangzhou Auto Show 2016. Jadi benar – benar masih baru, dan unit produksinya dikabarkan telah siap untuk pasar di China. Kamis, 16 maret 2017 adalah tanggal launching sang SUV 7-seater ini di China.

Mari kita lihat sisi per sisi dari mobil ini. Fascia depannya sudah menganut bahasa desain dari Kia, yaitu Tiger Nose alias hidung macan yang nampak di gril-nya yang dilapis krom. Selain itu lampu depannya menyiratkan kesan tegas, sedikit mengikuti tren mobil baru Kia, seperti Grand Sedona, All New Picanto dan Sportage. Bagian belakangnya memiliki lampu yang mengotak, namun masih cukup gagah ditambah dua lubang knalpot yang berbentuk heksagonal.

Nah, kenapa kami sempat menyebut bahwa si KX-7 ini mungkin bisa jadi penerus Sorento? Apakah karena sama – sama SUV 7-seater? Bukan, namun lebih kepada platform yang digunakan. KX-7 menggunakan platform milik Kia Sorento generasi ketiga, alias Sorento terbaru yang nggak masuk Indonesia. Mungkinkah KX-7 yang akan masuk Indonesia sebagai All New Sorento? Mungkin saja.

Masuk ke urusan mesin, mobil yang akan diproduksi DongFeng-Yueda-Kia ini akan memiliki 3 jenis mesin, yaitu mesin diesel 2.200cc bertenaga 200 hp, lalu mesin bensin 2.400cc bertenaga 184 hp, dan terakhir mesin bensin turbo 2.000cc bertenaga 241 hp. Kesemua mesin tersebut akan dipadu padankan dengan transmisi manual 6 percepatan dan matik 6 percepatan pula. KX-7 akan menggunakan penggerak roda depan, plus penggerak 4 roda di varian termahal. Sementara kita asumsikan versi 2.000cc turbo sebagai varian termahal.

Interior sang SUV cukup baik, dengan pengaplikasian kulit dan wood panel di beberapa bagian dashboard dan kursi serta lingkar kemudinya. Warna coklat dan hitam mendominasi kabinnya, dan yang cukup menarik perhatian adalah head unitnya. Head unit yang digunakan memiliki bentuk yang terpisah, dan cukup rapi walau hanya berukuran 8 inci, namun sudah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Baidu CarLife. Kabinnya akan mampu menampung 7 penumpang, walaupun penumpang belakang disarankan bukanlah orang bertubuh tambun. Oiya, Kia juga akan menjual versi 5-seater di China.

Kia KX-7 akan dijual dengan harga 200.000 – 300.000 yuan, dan jika dikonversikan ke rupiah, maka harganya berkisar dari 386,6 juta hingga 579,9 juta rupiah. Harga yang kurang lebih dengan SUV ladder frame di Indonesia. Bagaimana menurut kalian kawan? Apakah model KX-7 ini cukup oke jika suatu hari kelak menggantikan Sorento di Tanah air? Mampu nggak ya bersaing dengan Fortuner, Pajero Sport, maupun MUX dan Trailblazer? Sampaikan komentarmu ya sob.

Read Prev:
Read Next: