Nissan Tutup Sementara Markas dan Pabrik Hingga 10 Mei 2020

Nissan Tutup Sementara Markas dan Pabrik Hingga 10 Mei 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Nissan sedang tertatih-tatih dan ekstra berhati-hati dalam mengambil setiap langkah baru mereka, karena selain harus menghindari efek virus COVID-19, Nissan juga tengah memperbaiki nasib mereka sendiri. Kabar terbaru dari Reuters ini berkaitan dengan coronavirus, sebab virus ini terpaksa membuat Nissan menutup sementara markasnya di Yokohama hingga tanggal 10 Mei 2020.

Tidak hanya markas besarnya saja, namun pusat R&D Nissan di Atsugi, Perfektur Kanagawa akan ditutup sementara juga mulai hari Senin, 27 April 2020. Sebanyak 15.000 karyawan di markas besar Nissan akan disuruh di rumah saja untuk menekan penyebaran coronavirus. Secara kebetulan, jadwal penutupan sementara markas besar dan pabrik Nissan berdekatan dengan Golden Week di mana kebanyakan orang Jepang memang saatnya libur.

Seorang juru bicara Nissan menuturkan bahwa mereka yang di rumah saja akan tetap mendapatkan sebagian besar gaji mereka selama periode penutupan sementara. Sekarang sudah ada 80% karyawan Nissan yang di rumah saja, dan langkah ini berusaha menaikkan angka tersebut jadi 90 %. Produksi di pabrik Tochigi Nissan juga telah ditutup untuk separuh bulan April, dan rencananya tetap ditutup untuk sebagian bulan Mei.

Pabrik Nissan di Kyushu juga hanya akan beroperasi pada shift siang untuk bulan April dan Mei, tapi akan ada penutupan penuh selama empat hari pada bulan Mei. Selain Nissan, pabrikan Jepang lainnya seperti Honda dan Toyota juga dilaporkan Reuters sudah mengurangi operasional manufaktur masing-masing. Toyota pun mengharapkan untuk menurunkan jumlah produksi hingga 40% karena pasar domestik juga sedang turun.

Honda sendiri akan menghentikan produksi di pabrik tertentu minggu depan karena gangguan dalam rantai pasokan globalnya. Penurunan penjualan dan profit memaksa Nissan untuk merestrukturisasi dan berhemat dengan kemungkinan penurunan satu juta unit target penjualan sebagai hasilnya, dan rencana pemulihan merek Nissan akan diumumkan bulan depan. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: