Renault & Nissan : Aliansi Masih Aman dan Solid

Renault & Nissan : Aliansi Masih Aman dan Solid
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika kalian membaca pemberitaan yang kami sampaikan kemarin, maka kalian tentu tahu bahwa beredar rumor mengenai Nissan yang berniat untuk memisahkan diri dari aliansi yang selama ini dibangunnya bersama dengan Renault. Kabar ini pun langsung bergulir bak bola salju yang akhirnya ditanggapi oleh pihak Renault dan juga Nissan. Dalam pernyataan resmi, keduanya menyangkal bahwa aliansi yang sudah terbangun lebih dari 2 dekade ini akan tercerai berai. Malahan, aliansi ini disebutkan tetap aman, sehat, dan solid.

Mengutip informasi via Carscoops, Nissan Motors memberikan pernyatan resmi mengenai isu yang berkembang di luaran tersebut. Nissan menyebutkan bahwa pihaknya tidak mempertimbangkan keputusan apapun yang akan menghancurkan aliansi mereka. Nissan juga menambahkan bahwa aliansi yang dibentuk bersama dengan Renault dan Mitsubishi merupakan salah satu sumber utama yang membuat merk asal Jepang ini bisa kompetitif. Artinya, pihak Nissan tentunya tidak akan mengambil keputusan yang malah akan melemahkan sisi kompetitif dari perusahaan mereka sendiri.

Jean-Dominique Senard

Nissan juga menambahkan bahwa bahwa pihaknya berusaha untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang berorientasi pada profit dalam aliansi tersebut. Selain itu, Nissan juga akan terus mengembangkan win – win result untuk seluruh anggota dalam aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Sedangkan di lain pihak, Renault yang diakili oleh petingginya yaitu Jean-Dominique Senard juga menyatakan pernyataan yang sama kepada koran asal Beliga, L’Echo. Senard menyebutkan bahwa aliansi yang terdiri dari Renault, Nissan, dan Mitsubishi ini masih solid, dan kokoh. Pernyataan kedua pabrikan ini tentunya membuat beberapa pihak merasa lega, apalagi fans dari kedua merk ini.

Sedikit flashback, kemarin kami sempat mengabarkan bahwa ada seorang eksekutif senior di kubu Nissan yang dikabarkan mengajukan rencana untuk berpisah dengan Renault. Rencana pemisahan Nissan ini juga mencakup pemisahan dalam hal engineering dan juga manufacturing antara Nissan dan Renault. Rumor ini sendiri menjadi bola panas yang membuat saham dari kedua merk ini bergejolak. Saham dari Renault sendiri turun dan sempat menyentuh angka terendah dama 6 tahun terakhir. Sedangkan saham Nissan juga menurun serta mencapai titik terendah dalam 8 tahun terakhir.

Penurunan ini membuah para Investor khawatir sehingga kedua pabrikan ini langsung mengumumkan klarifikasi mereka atas rumor tersebut. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: