Nissan Kicks Terjepret di Thailand, Segera Masuk ASEAN

Nissan Kicks Terjepret di Thailand, Segera Masuk ASEAN
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertumbuhan segmen SUV dan crossover tidak hanya terjadi di pasar global saja, namun juga secara spesifik di pasar ASEAN. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya SUV maupun crossover yang diperkenalkan di regional ASEAN dalam tahun 2019 ini saja. Nah, pada tahun 2020 mendatang nampaknya segmen ini akan ketambahan pemain baru asal Jepang, dan seperti judul diatas, pemain baru itu adalah Nissan Kicks. Buktinya, crossover tersebut baru saja terpejret di Thailand.

Mengutip gambar via Headlightmag, ada sebuah Nissan Kicks yang berbalut sticker kamuflase dan menggunakan plat nomor Thailand yang tertangkap kamera. Kebetulan, kami sendiri sudah pernah melihat langsung Nissan Kicks ketika bertandang ke India bulan lalu, sehingga cukup mudah mengetahui mobil di dalam foto ini sebagai Nissan Kicks dari bentuk kaca belakangnya. Nah, sebenarnya isu mengenai kehadiran Nissan Kicks di ASEAN sendiri sudah beredar sejak tahun 2017 silam. Hanya saja, kala itu pihak Nissan belum memperkenalkan generasi terbaru dari Nissan Juke. Wajar saja karena selama ini Nissan Juke-lah yang mengisi pos compact crossover di ASEAN.

Sedangkan Nissan Kicks sendiri sebelumnya sudah hadir di Amerika dan juga di India. Di Amerika sendiri Nissan Kicks hadir untuk menggeser Nissan Juke yang dirasa sudah uzur. Nissan Kicks mengandalkan mesin 1.600cc HR16DE yang menghasilkan tenaga maksimal 125 hp dan torsi 155 Nm. Selain itu, di China Nissan Kicks juga mengandalkan mesin 1.500cc HR15DE. Tak asing dengan kode mesin tersebut? Jelas saja, karena mesin HR15DE adalah mesin milik Nissan Livina (Old) / Nissan Grand Livina, Nissan Juke, dan juga Nissan Evalia. Sedangkan opsi transmisi yang dimiliki adalah 5 percepatan manual dan CVT X-tronic Nissan.

Mobil ini sendiri bukanlah mobil yang secara usia masih baru, karena sudah diperkenalkan di tahun 2016 silam. Namun ada satu hal menarik dari Nissan Kicks yang perlu kalian tahu, yaitu adanya 2 versi yang berbeda platform. Yap, Nissan Kicks yang pertama kali diperkenalkan adalah Nissan Kicks P15 yang menggunakan basis dari Nissan V-Platform seperti All New Nissan March dan Nissan Note. Nissan Kicks P15 memiliki wheelbase 2.610mm, dan dimensi 4.295/1.760/1.590mm. Sedangkan Nissan Kicks di India memiliki kode Nissan Kicks P16 yang dibangun dari basis Renault B0 Platform yang sama dengan milik Renault Captur dan Renault Duster.

Karena berbeda platform, maka jelas secara dimensi dan wheelbase pun berbeda. Nissan Kicks P16 memiliki wheelbase 2.673mm, dengan dimensi 4.384/1.813/1.590mm. Artinya, secara dimensi Nissan Kicks P16 lebih bongsor dan lebar, dan diklaim lebih murah secara cost produksi. Nah, lantas Nissan Kicks manakah yang akan dipasarkan di Thailand? Kita tunggu saja.

Read Prev:
Read Next: