Niat Kuasai BTCC, Honda Civic Type R Berubah Jadi Gahar!

Niat Kuasai BTCC, Honda Civic Type R Berubah Jadi Gahar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Balapan bernama British Touring Car Championship alias BTCC adalah salah satu ajang yang jadi target Honda untuk mereka taklukkan. Mereka sempat turun dengan Civic Type R FK2 di sana, bahkan Honda Civic Touring yang notabene berjenis estate saja diturunkan di situ, seolah ingin meniru Volvo yang dulu merangsek ke BTCC dengan station wagon. Untuk musim ini, Honda bakal pakai kuda perang baru.

Ini adalah Honda Civic Type R FK8 yang sudah dirombak habis untuk menjadi prajurit balap tim Halfords Yuasa Racing di arena tarung BTCC. Basisnya tentu Civic Type R baru, namun diubah di sana-sini supaya layak dan pantas turun balap. Ubahan yang kelihatan termasuk bodi yang melebar gara-gara wide body kit, bikin mobil ini jadi sangar! Ini malah jauh lebih keren daripada Mugen RC20GT yang aneh bin ajaib itu.

Nantinya, mobil hitam ini akan diselimuti livery tim Halfords Yuasa tanggal 22 Maret, tapi kok dengan warna hitam gini kesan sangarnya malah terpancar kuat ya? Seperti Batmobile sih kalau boleh jujur. Hilang sudah spoiler bermodel gawang di belakang, diganti dengan spoiler besar yang biasa ditemui di mobil-mobil kelas balap GT. Tidak seperti Subaru yang harus rela mengubah format AWD jadi RWD, Civic Type R ini tidak berubah, tetap FWD.

Mesin 2.000 cc turbo Civic Type R pun ditendang tenaganya hingga 350 hp buat versi balap ini, dan itu masih tergolong besar. “Honda Civic Type R telah menjadi salah satu mobil paling sukses di Dunlop MSA British Touring Car Championship selama seri ini, dan dengan diluncurkannya Civic Type R FK8 pada tahun 2017, sangat fantastis melihat generasi berikutnya dalam arena balap asli di 2018, “kata direktur Honda Inggris David Hodgetts.

Sementara itu, manajer tim balap Halfords Yuasa Racing, James Rodgers, merasa bahwa semua waktu yang dihabiskan untuk beralih ke Civic Type R baru ini sangat berharga. “Mobil ini punya platform yang bagus, dan kami yakin itu akan membuktikan sebuah kehebatan saat turun ke sirkuit di Brands Hatch. Kami punya jadwal uji coba yang sibuk sampai pada titik itu, dan kami pasti akan langsung turun saat musim dimulai, dalam kondisi terbaik.”

Pembalap yang akan menjinakkan Honda Civic Type R ini adalah juara BTCC 3 kali berturut-turut, Matt Neal dan Dan Cammish.Mobil balap FK8 akan menyambut penonton selama putaran pembukaan kampanye BTCC tahun ini di Brands Hatch pada 8 April, namun sebelum tes trek selesai, Brands Hatch dan juga Donington Park. Andai ada kelas balap antara Civic, Corolla, Mazda 3 dan VW Golf di Indonesia ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: