NHTSA : Mobil Listrik dan Hybrid Wajib Bersuara Mulai 2019

by  in International
NHTSA : Mobil Listrik dan Hybrid Wajib Bersuara Mulai 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Yang menjadi sedikit bahasan saat membahas mobil listrik atau hybrid adalah absennya suara mobil yang bisa membuat mereka lewat begitu saja tanpa disadari orang seperti hantu, khususnya di kecepatan rendah. Lah, kenapa hybrid ikut dibahas? Kan masih ada mesin biasanya? Betul, tapi beberapa hybrid seperti BMW i8 dan Toyota Camry hybrid punya mode elektrik yang bisa membuat mereka berjalan tanpa mesin bensin, dan jadi mobil listrik untuk sesaat.

NHTSA memandang bahwa minimnya suara di mobil listrik dan hybrid akan menimbulkan sedikit masalah. Pada kecepatan rendah, mobil yang berjalan seperti orang mengendap-endap ini bisa tidak disadari kehadirannya oleh pengguna jalan lain, khususnya pejalan kaki, dan dikhawatirkan bisa membuat insiden. Untuk itu, mulai 2019, NHTSA akan mewajibkan setiap mobil listrik dan hybrid supaya menghasilkan suara yang bisa didengar jelas oleh pengguna jalan lain.

electric-car-meme

Persyaratan suara minimum sedang dirumuskan oleh NHTSA, karena pertimbangannya supaya kaum tunanetra atau yang penglihatannya buruk pun bisa mengenali mobil di sekitar mereka melalui suara. Suara ini wajib muncul saat mobil melaju di bawah 30 km/jam, dan saat sudah melaju di atas angka itu, suara tersebut boleh dimatikan, karena menurut mereka, suara ban dan angin saat mobil melaju di atas 30 km/jam sudah cukup untuk memberi tanda.

Aturan tersebut pertama kali dibahas pada awal tahun 2013 dan, pada tahun-tahun sejak pembahasan pertam itu, tiga proposal yang berbeda sudah diselidiki. Dalam model proposal yang disetujui, dikatakan bahwa “Suara yang memenuhi persyaratan yang diajukan akan mengandung unsur akustik yang dirancang untuk meningkatkan deteksi dan untuk membantu pejalan kaki dalam mengenali suara yang berasal dari kendaraan bermotor.”

Jika memang harus demikian, kami tak menganggap itu hal yang buruk. Akan tetapi, bisa jadi buruk jika suaranya aneh-aneh. Misalnya, Nissan Leaf yang suaranya dipasang suara jingle tahu bulat hanya biar orang sekitar sadar ada mobil listrik sedang melaju pelan, atau Tesla Model S bersuara jingle susu murni. Menurutmu, suara apa yang harus dipakai mobil hybrid dan listrik? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: