Honda Civic Si 2017 : Preview Civic yang Lebih Sporty

Honda Civic Si 2017 : Preview Civic yang Lebih Sporty
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Si (Sport injected) adalah nama yang dicanangkan Honda Amerika untuk varian performance, karena dari dulu Amerika tidak pernah mendapat Honda Type R. Untuk Honda Civic FC generasi kesepuluh, ceritanya akan sedikit lain, karena nanti Honda Civic Si dan Honda Civic Type R akan dijual berdampingan. Sosok Honda Civic Type R sendiri sudah kita lihat kemarin, meski masih sebatas konsep belaka.

2017-honda-civic-si-front

Menyusul prototipe Type R, Honda Civic Si pun diperkenalkan oleh Honda Amerika Serikat. Sayangnya, mobil ini juga masih prototipe, padahal secara penampilan kami tak melihat ada yang salah jika memang ingin langsung disebar dan dijual. Terserah deh, dan nantinya, Honda Civic Si akan hadir dalam format sedan 4 pintu atau coupe 2 pintu, lain dengan Honda Civic Type R yang saat ini hanya muncul dalam bentuk hatchback 5 pintu.

2017-honda-civic-si-side

Design-wise, sudah layak dan sepantasnya mobil seperti Honda Civic Si hadir dengan tampilan yang lebih sporty. Bumper depan dengan tutupan plastik hitam yang didesain seperti air dam punya desain yang mirip dengan milik Honda Civic hatchback, dan grilnya sekarang dilabur warna hitam. Ada yang heran kenapa tidak pakai lampu full LED seperti di sini? Sama, tapi mungkin lampu LED akan disematkan nanti karena status mobil ini masih prototipe, atau malah jadi opsi ekstra.

2017-honda-civic-si-rear

Ruang rodanya diisi dengan pelek baru, ban tipis serta rem yang lebih besar, dan di sektor buritan ia turut mengalami perubahan tampilan. Sebutlah desain bumper baru, penempatan rear spoiler di buntut dan knalpot tunggal yang terpasang di tengah. Unik, mobil seperti Honda Civic Si pakai knalpot di tengah yang desainnya mirip dengan Honda NSX atau Lamborghini Aventador, tapi yaa… Tentu saja yang ini bentuknya lebih kecil dan suaranya pasti kalah garang.

2017-honda-civic-si-interior

Bentuk dasar interiornya tak berubah, namun Honda menyematkan berbagai macam barang yang menguatkan unsur sporty di dalam kabinnya. Untuk Honda Civic Si, interiornya bernuansa hitam-merah, serasi dengan layar LCD di instrumen yang juga hitam-merah. Jok standar dibuang, diganti oleh jok semi bucket baru. Minus jok elektrik? Ya mungkin sama seperti kasus lampu LED, antara belum disematkan atau nanti hadir sebagai opsional.

2017-honda-civic-si-cabin

Penguat unsur sporty lainnya adalah kehadiran finishing Dry Metal Carbon dan pedal-pedal berlapis aluminium. Bagi Honda Civic Si, Honda menjanjikan ia akan hadir hanya dengan transmisi manual 6 percepatan, sama halnya dengan Honda Civic Type R. Oh ya, Honda Civic Si ini tidak pakai mesin 2.000 cc VTEC Turbo macam Civic Type R, melainkan mesin 1.500 cc VTEC Turbo yang sama seperti Honda Civic Turbo biasa.

2017-honda-civic-si-manual-transmission

Honda tidak bilang seberapa jauh mereka meng-upgrade output mesin 1.500 cc turbo itu, tapi yang jelas pasti naik. Untuk menunjang handling, Honda Civic Si datang dengan active steering, damper baru, Limited Slip Differential dan masih banyak lagi. Mobil ini dijualnya masih lama, dan yang pasti tidak akan masuk ke Indonesia. Apa opinimu mengenai Honda Civic Si ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: