Nasib Mitsubishi Mirage Saat Ini, Tergerus Para Rival

Nasib Mitsubishi Mirage Saat Ini, Tergerus Para Rival
0  komentar

AutonetMagz.com – Mari kita mundur beberapa tahun ke belakang, dimana segmen city car masih didominasi oleh Honda Brio lawas, Suzuki Splash, Mitsubishi Mirage, Chevy Spark, Nissan March 1.2, Hyundai i10, dan Toyota Etios serta KIA Picanto. Kala itu, jika ingin mendapatkan sebuah city car yang lengkap secara fitur, maka jelas kalian harus memilih mobil apa? Yap, Mitsubishi Mirage.

Mitsubishi Mirage hadir dalam wujud sebuah city car yang sejujurnya secara desain biasa saja, tak spesial – spesial amat, namun membawa fitur yang boleh diadu kala itu, dan juga beban nama ‘Mirage’ yang dahulu dikenal sebagai hatchback kentjang turuan Mitsubishi Lancer. Mitsubishi Mirage hadir sebagai sebuah city car atau juga compact hatchback yang nampaknya lebih cocok dikatakan penerus dari Mitsubishi Colt yang turun kasta. Mitsubishi Mirage sendiri hadir di Indonesia pada tahun 2012, dan hingga saat ini sudah mendapatkan penyegaran sebanyak dua kali, termasuk varian Mitsubishi Mirage Sport yang sempat hadir di facelift pertama dan menghilang pasca facelift kedua. Sepanjang 4 bulan pertama tahun 2018 ini saja penjualan Mitsubishi Mirage cukup lesu, hanya mencatatkan angka 259 unit secara wholesales.

Mobil yang diimpor pihak MMKSI dari Thailand ini malah tak dikirimkan ke diler sama sekali pada bulan April 2018 kemarin. Kondisi semacam ini sebenarnya merujuk pada stok Mitsubishi Mirage di diler yang masih cukup banyak, yang juga memantik kecurigaan bahwa mobil ini lesu penjualannya. Lalu kenapa Mitsubishi Mirage yang dahulu punya keunggulan di sisi fitur dan kelengkapan kini malah lesu penjualannya? Jawabannya mudah, karena para rival yang menghantamnya. Suka atau tidak, kenyataannya segmen yang dihuni oleh Mitsubishi Mirage merupakan segmen yang paling keras terhantam munculnya segmen LCGC. Toyota Etios dan Suzuki Splash serta Suzuki Celerio adalah korban nyata, dimana ketiganya sudah almarhum. Menyisakan Nissan, Hyundai, dan KIA yang juga tak bisa dikatakan oke secara penjualan. Chevy Sparks? Sudah Naik kelas. Honda Brio? Ada LCGC-nya.

Lalu bagaimana dengan nasib dari Mitsubishi Mirage? Jelas mengambang. Belum lagi gempuran LCGC berpenumpang 5+2 yang secara harga dan body lebih ‘masuk akal’ untuk orang Indonesia yang suka dengan mobil yang muat banyak. Apakah itu saja gempuran untuk Mitsubishi Mirage? Belum selesai. Suzuki bangkit dengan menghadirkan Suzuki Ignis, yang secara kelengkapan bisa menandingi fitur dari Mitsubishi Mirage, bahkan Ignis hadir dengan tampang yang jauh lebih fresh. Honda Brio sendiri saat ini juga sedang ancang – ancang untuk mengukuhkan posisinya dengan menyiapkan generasi terbaru. Lalu Bagaimana Mitsubishi Mirage? masih jalan di tempat. Sejatinya, Mitsubishi Mirage punya potensi yang baik, jika pihak Mitsubishi sudi menghadirkan generasi terbarunya, pakai basis Nissan March contohnya.

Namun memang harus kita sadar bahwa generasi terbaru Mitsubishi Mirage memang masih belum terlihat batang hidungnya, sementara penjualan juga terus merosot. Laris manisnya Mitsubishi Xpander memang meninggalkan nama lain seperti Mitsubishi Mirage yang seolah terlantar. Nah, kalau menurut kalian, apa langkah terbaik yang selayaknya dilakukan oleh pihak MMKSI dengan Mitsubishi Mirage? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: