Ini 7 Tips Mudik Ala AutonetMagz, Poin Terakhir Jangan Kelewat!

by  in Berita&Nasional&Serba 7
Ini 7 Tips Mudik Ala AutonetMagz, Poin Terakhir Jangan Kelewat!
0  komentar

AutonetMagz.com – Bulan Ramadhan sudah berjalan selama beberapa hari, dan Hari Raya Lebaran sudah menanti di depan mata. Sebagai orang Indonesia, maka kita tahu bahwa ada tradisi yang sudah mendarah daging jika Lebaran telah tiba, dan tradisi tersebut adalah pulang kampung alias mudik. Mudik memang menjadi momen yang paling dinantikan dalam setahun, karena momen ini adalah momen dimana kita bisa bertenu sanak saudara yang melancong ke kota – kota lain diluar daerah asal.

Ada sukacita, namun tak sedikit menyimpan duka. Mengapa? Karena mudik juga punya banyak masalah yang siap mengintai anda dan keluarga, jikalau anda tak mempersiapkan segala keperluan mudik anda dengan baik. Nah, oleh karena itu kami dari tim AutonetMagz memberikan beberapa tips ringan untuk mudik yang jangan sampai kalian lewatkan, cekidot.

1. Pahami Rute Mudik Anda

Wah, mungkin anda akan memandang sebelah mana tips pertama ini, karena tentunya rute pulang anda ke kampung halaman pastinya sudah anda kuasai. Eits, tunggu dulu, menguasai rute bukan sekedar mengerti jalanan mana yang benar saja, melainkan beberapa hal lainnya. Hal-hal lain yang perlu anda kuasai selain rute utama juga adalah rute alternatif, termasuk pada lokasi-lokasi yang bisa kalian jadikan lokasi istirahat, makan, sholat, atau hanya sekedar buang air jika dalam keadaan ‘darurat’.

Selain itu beberapa lokasi penting seperti lokasi SPBU, rest area, Rumah Makan, dan tempat-tempat umum lain yang selayaknya kalian pertimbangkan juga harus kalian pahami dengan benar, khususnya soal kapan ramainya, susah parkirnya atau tidak, fasilitas yang baik atau tidak hingga keamannya. Nah, dengan memahami rute ini, maka kalian akan punya perjalanan yang lebih nyaman dan terjamin.

2. Jangan Berhenti Kepo Pada Informasi

Nah, tips ini berlaku bagi kalian yang menjalani mudik bukan sebagai pengemudi. Kalian harus selalu kepo dengan urusan lalu lintas, karena percaya atau tidak, saat kalian tahu kondisi lalu lintas terkini, maka kalian bisa menghindarkan diri dari adanya kemacetan yang berkepanjangan. Yap, macet memang menjadi sebuah masalah utama dalam masa mudik. Walaupun sudah menjadi hal yang lumrah, namanya macet tetaplah menjengkelkan. Di ibukota saja sudah sering kena macet, masa pas mau pulang kampung kena macet lagi? Apa nggak kesal?

Oleh karena itu, kalian perlu lebih banyak kepo, mau via radio, atau via Facebook bahkan Instagram, apalagi kini banyak akun-akun Dinas Perhubungan Kota atau Provinsi hingga akun informasi yang menyajikan informasi terkait lalu lintas di daerah-daerah, jadi jangan lewatkan untuk melihat informasi tersebut.

Kami juga biasanya akan bantu bagikan info arus lalu lintas saat mudik yang dapat dilihat di instagran dan twitter @AutonetMagz

3. Siapkan Stok Kebutuhan Diri Sendiri

Nah, mengemudi ataupun sekedar duduk di dalam kendaraan dalam waktu yang lama pasti akan menjemukan, apalagi jika kalian terjebak macet. Oleh karena itu, kalian perlu mengantisipasi adanya masa-masa jenuh dengan menyiapkan stok untuk kebutuhan diri kalian. Kebutuhan diri kalian ini bisa bermacam-macam, mulai dari cemilan untuk sekedar menyibukkan tangan dan mulut, lalu powerbank untuk mendukung jari kalian tetap aktif di gadget kalian (khusus untuk penumpang), maupun menyediakan musik untuk sekedar menghibur hati yang mulai jenuh dengan kondisi jalan.

Yang penting adalah kalian tak menjadi jemu saat jalanan sudah menunjukkan tingkat macet yang akut. Nah, menyiapkan kebutuhan diri sendiri itu penting, jangan sampai kalian bertengkar karena berebut cemilan atau pun mie instant. Buat kalian yang membawa bocah, membawa hiburan anak-anak seperti buku bacaan, mainan atau boneka kesayangan mungkin bisa jadi ide bagus, asal jangan kebanyakan. Buat yang membawa lansia, adanya bantal kecil akan sangat membantu.

4. Buat Checklist Barang yang Anda Bawa! Jangan Sampai Tertinggal

Biasanya saat mudik ke kampung halaman, salah satu hal yang akan kalian lakukan adalah membawa perlengkapan, termasuk buah tangan untuk keluarga di kampung. Nah, bagian ini biasanya kalian sepelekan, sehingga kalian bisa saja kelupaan membawa ini dan itu. Hal ini juga termasuk pada urusan otomotif, dimana kadang kita lupa membawa dongkrak, kunci roda, P3K, dan beberapa keperluan lain.

Nampaknya hal ini adalah hal yang sederhana, namun menyiapkan checklist untuk kebutuhan mudik baik yang ada hubungannya dengan keperluan diri, oleh – oleh, hingga pada kelengkapan berkendara bisa menjadi sarana paling mudah untuk memastikan semua barang terbawa, tinggal coret barang yang sudah masuk ke mobil, dan beres. Mudah kan? Anda juga bisa memastikan barang bawaan, pacar, istri, dan semua anggota keluarga sudah masuk dalam kendaraan, sehingga kejadian Home Alone tak akan terulang.

5. Tidak Ada Driver Pengganti Saat Capek? Istirahat!

Buat yang menyetir mobil dari tempat perantauan ke kampung halaman, tidak usah terlalu ngoyo dan bersikeras ingin tetap nyetir meski raga sudah lelah. Paling tidak, seorang pengemudi sebaiknya nyetir selama 1-2 jam saja, maksimal 3 jam kalau memang kuat. Setelah durasi itu, biasanya konsentrasi cenderung menurun dan badan mulai lelah, jadi sebaiknya beristirahat jika memang dirasa sudah tidak kuat. Tempat istirahat juga harus diusahakan pilih yang lumayan aman, misalnya kantor polisi.

Atau jika kebetulan anda bareng kerabat atau teman yang pulang ke tempat yang sama dan ia layak mengemudi dengan legal, anda bisa bergantian menyetir. Saat anda nyetir, pengemudi cadangan bisa jadi navigator atau istirahat, dan saat harus berganti, peran masing-masing pun bertukar. Tidak usah ngeyel ingin nyetir terus tanpa berhenti deh. Pembalap FIA WEC saja pasti ganti-gantian kok saat sudah waktunya, kenapa ada yang maksa mau nyetir terus-terusan?

6. Manfaatkan Layanan Resmi Kampanye Mudik dari APM

Jelang musim mudik, para APM mobil-mobil di Indonesia berlomba-lomba dalam menawarkan pelayanan terbaik untuk memastikan mobil konsumen mereka siap dan layak menempuh perjalanan jauh. Misalnya perawatan sebelum mudik, beberapa APM biasanya memberi diskon suku cadang, undian berhadiah, penggantian suku cadang dengan kemudahan tertentu hingga undian berhadiah. Buat anda pemilik mobil yang APM-nya sudah tidak ada, bengkel biasa pun tak haram untuk dimintai tolong memeriksa kendaraan.

Layanan APM biasanya tidak hanya sebelum atau setelah musim mudik saja. Selama masa mudik, beberapa APM suka menyiapkan posko siaga di titik-titik ramai rute mudik sebagai tempat pemeriksaan mobil dan peristirahatan bagi para konsumennya. Layanan yang umum disediakan adalah kid’s corner, game, makanan atau minuman, montir untuk cek kondisi mobil dan truk derek jika ada apa-apa.

7. Siapkan Jawaban Demi Tiap Pertanyaan Khas Orang Indonesia

Kumpul keluarga, tentu akan ada banyak hal yang diobrolkan atau ditanyakan, khususnya kepada sanak saudara yang sudah lama tidak jumpa. Momen seperti ini biasanya suka muncul pertanyaan horor yang sebenarnya aslinya untuk basa-basi saja, tapi malah seperti mimpi buruk bagi yang menerima pertanyaan seperti,”Mana pacarnya?”,”Kapan kawin?”,”Kamu gendutan ya?” dan pertanyaan lain yang agak menyebalkan.

Kamu bisa menjawab dengan beberapa jawaban seperti,“Jodoh masih di tangan Tuhan, jadi takut ngambilnya,” atau,”Kalo sampeyan mau bayarin kawinannya, kawin sekarang juga bisa kok mas/mbak,” hingga,“Ah, ini bukan gendutan, ini lagi persiapan kenyamanan biar enak dipeluk sama calon pasangan nanti.

Oke, buat semua pembaca dan subscriber, selamat mempersiapkan mudik ya. Utamakan keselamatan, keluarga menanti di Kampung Halaman.

Read Prev:
Read Next: