Mitsubishi Delica Menyerah Dengan Pasar Indonesia Per Juli 2018

0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentunya tak asing dengan sosok MPV Boxy yang punya kaki – kaki bak SUV ini kan? Yap, mobil ini adalah Mitsubishi Delica, atau yang disebut sebagai Mitsubishi Delica D5 di negeri asalnya, Jepang. Pada pertengahan bulan Juni lalu sebenarnya kami sudah membahas mengenai sosok Mitsubishi Delica dan capaiannya di Indonesia semenjak masuk pertama kali di tahun 2014. Faktanya, pasca 4 tahun mengarungi pasar nasional, Mitsubishi Delica harus menyerah dari para rivalnya dan angkat kaki dari Indonesia.

Yap, Mitsubishi Delica sudah mengakhiri masa baktinya di Indonesia, dan penjualannya pun sudah dihentikan per bulan Juli 2018 kemarin. Hal ini dikonfirmasi oleh  Intan Vidiasari, Deputy Group Head of Planning and Communication PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang kami kutip via laman otomotif Liputan6. Intan menyebutkan bahwa Mitsubishi Delica saat ini sudah tidak diekspor lagi keluar negeri, dan hanya dijual di dalam negeri asalnya saja yaitu Jepang.

Baca juga : Harga Xpander di Thailand Mulai 300 jutaan Rupiah

Intan juga menambahkan bahwa pihaknya sudah tak memasarkan Mitsubishi Delica lagi di Indonesia sejak bulan Juli 2018 kemarin. Nah, jelas sudah alasan mengapa Mitsubishi Delica juga tak muncul di booth dari Mitsubishi selama gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 kemarin.

Lalu, seperti kebanyak mobil yang sudah didiskontinyu, salah satu masalah yang dikhawatirkan adalah perkara suku cadang dari Mitsubishi Delica. Intan menambahkan bahwa suku cadang sendiri masih terjamin, dan akan disediakan sesuai pesanan mengingat Mitsubishi Delica sendiri masih diproduksi dan dijual di Jepang. Untuk saat ini sendiri beberapa suku cadang fast moving masih tersedia, namun seiring berjalannya waktu, pasti stok tersebut akan berkurang dan di kemudian hari suku cadang untuk Mitsubishi Delica akan diimpor dan dipastikan akan ada inden untuk suku cadang mobil yang merupakan rival dari Toyota Voxy dan Nissan Serena ini. Mobil ini sendiri memang penjualannya cukup berat, dimana dalam kuartal pertama tahun 2018 ini Mitsubishi Delica hanya mampu membukukan angka 26 unit yang kesemuanya adalah varian royal, sedangkan varian standar nol unit.

Tentunya nasib ini berbeda 180 derajat dengan Mitsubishi Delica di Jepang yang masih sangat diminati. Yap, diminatinya Mitsubishi Delica D5 di Jepang juga menjadi salah satu alasan mengapa generasi terbaru dari Mitsubishi Delica diundur – undur hingga saat ini. Lalu, apakah dihentikannya penjualan dari Mitsubishi Delica di Indonesia berarti generasi terbaru dari MPV yang kabarnya akan memiliki rupa bak Mitsubishi Xpander ini juga tak akan dihadirkan ke Indonesia? Mungkin saja, karena seperti yang kami sebutkan sebelumnya, mobil ini laku keras di Jepang, dan bisa terjadi juga dengan generasi terbarunya. Jikalau laris manis di Jepang, tentunya pihak Mitsubishi Indonesia tak bisa serta merta meminta unit untuk pasar Indonesia dengan cepat.

Nah, semoga saja suatu hari nanti masih ada peluang bagi Mitsubishi Delica untuk kembali lagi ke pasar otomotif Indonesia, dengan generasi terbarunya tentunya. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana? Ada yang punya Mitsubishi Delica disini? Bukan yang L300 ya.

Tahun 2015 silam, kami pernah buat video review & test drive Mitsubishi Delica yang bisa ditonton dibagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: