MPV Mewah Mercedes-Benz Ini Pakai Tenaga Listrik!

MPV Mewah Mercedes-Benz Ini Pakai Tenaga Listrik!
0  komentar

Penulis : Franco Reynaldi

AutonetMagz.com – Merek EQ dari Mercedes-Benz tengah menjalani agenda sibuk karena produk-produknya sudah mulai beragam. Dibuka dengan mobil listrik Mercedes-Benz EQC, kini ragam model Mercedes-Benz EQ lebih variatif dengan van listrik EQV, crossover EQA dan EQB dan yang paling baru adalah sedan listrik Mercedes-Benz EQS. Sudah ada empat, dan model kelima nampaknya akan muncul dalam waktu dekat sebab belum lama ini, Mercedes-Benz baru saja meluncurkan sebuah konsep MPV mewah terbarunya yang diberi nama Concept EQT.

Meski mobil ini nampak seperti mobil yang sudah siap jual, namun Mercedes-Benz menekankan kalau ini konsep. Sedikit spoiler, mobil ini memiliki basis yang sama dengan Renault Kangoo generasi ketiga yang baru saja diluncurkan pada bulan November lalu, jadi bukan murni buatan Mercedes-Benz dari nol. Nantinya, mobil yang akan menjadi Mercedes-Benz T-class ini akan hadir dalam versi mobil penumpang yang juga akan menggantikan versi komersialnya yaitu Mercedes Benz Citan.

Bentuk Cantik dan Detail Menarik

Mobil ini hadir dengan desain yang cukup eksotis nan futuristis walaupun berbentuk besar. Gril yang sekilas terlihat seperti V-motion yang dimiliki oleh Nissan ini ditambahi dengan kumpulan bintang – bintang kecil yang mengelilingi logo dari Mercedes serta lampu LED yang terlihat pipih dan tipis yang membuatnya terlihat sangat futuristis. Beralih kebagian samping, hal yang langsung terlihat adalah desain velgnya yang dibuat seperti mobil – mobil listrik lainnya yang mengutamakan aerodinamis.

Lalu kedua pintu belakang berjenis pintu geser. Bukaannya cukup lebar sehingga memungkinkan penumpang dengan mudah mencapai kursi baris ketiga. Pindah ke bagian belakang, desain lampu LED yang dibuat memanjang melalui bagian dibawah kaca belakang membuatnya terlihat lebih menarik. Sekilas melihat Mercedes-Benz EQT, mungkin tak akan menyangka kalau aslinya itu adalah Renault.

Meskipun sejatinya mobil ini merupakan mobil komersial, pihak Mercedes tetap menambahkan fitur kenyamanan serta kemewahan seperti bagian pada jok kursi dari MPV mewah ini akan dibuat dari bahan kulit Nappa dan setir dengan tombol di kanan-kirinya. Mobil ini juga akan mengandalkan sistem MBUX yang canggih serta panoramic sunroof yang membuat suasana di dalam mobil ini akan jauh lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan Renault Kangoo.

Mau yang Bensin, Diesel atau Listrik?

Walaupun membawa nama EQ, pihak Mercedes-Benz mengatakan bahwa mobil ini juga akan tersedia dalam opsi mesin bakar biasa. Konon akan disediakan pilihan mesin bensin 1.300 cc dan mesin diesel 1.500 cc, keduanya mesin dari Renault. Varian listrik EQT ini diperkirakan juga sama seperti yang digunakan oleh Renault Kangoo E-TECH yang dirilis sebulan yang lalu, maka baterai dari mobil ini juga akan memiliki kapasitas 44 kWh yang bisa menempuh jarak hingga 265 km.

Dengan hadirnya konsep Mercedes-Benz EQT, saya melihat ini akan menjadi langkah yang cukup mengejutkan dari Mercedes yang biasanya lebih banyak berfokus kepada mobil sedan dan SUV-nya. Tentu ini bisa menghidupkan dan kembali membangun persaingan dalam pasar mobil MPV mewah bertenaga listrik. Sampai artikel ini dibuat, pihak dari Mercedes belum memberikan tanggapan bahwa kapan mobil MPV mewah ini akan diluncurkan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: