Mobil Self Driving? Biasa, Ini Nih Kulkas Self Driving!

by  in Hi-Tech&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Belasan tahun lalu, mobil yang bisa berjalan sendiri adalah sebuah sihir, namun sekarang kami tak akan kaget kalau ada mobil yang bisa jalan sendiri tanpa ada orang di dalamnya. Yap, teknologi, itu penyebabnya. Mobil-mobil seperti Audi A8 baru dan Tesla adalah contoh paling pas untuk menggambarkan teknologi itu, dan diklaim mobil-mobil seperti itu akan menjamur di masa depan. Hm, berarti makin hari orang makin malas nyetir kali ya?

Kalau sudah malas nyetir, mungkin mereka bisa diam di rumah saja sambil jalan ke dapur buat ambil makanan? Eits, sepertinya manusia masa depan juga bakal malas jalan ke dapur, soalnya nanti barangkali perabotnya sudah bisa disuruh-suruh bak pembantu. Tidak percaya? Perkenalkan, inilah Panasonic Ku, kulkas robotik berteknologi LIDAR yang bisa jalan sendiri menghampiri empunya saat dipanggil untuk mengantarkan minuman dan makanannya. Waw…

Sensor LIDAR yang dipakai Panasonic mirip dengan yang dipakai oleh mobil self driving dari Google. Ku dikontrol menggunakan aktivasi suara, misalnya panggilan seperti,”Hai Ku, tolong ke ruang keluarga sekarang,” maka Ku akan jalan. Menggunakan sensor kedalaman dan LIDAR-nya, ia bisa membaca ruangan di dalam rumah, lalu berjalan pelan menggunakan motor listrik dan baterai yang tertanam.

Ku juga diklaim bisa menghindari dari halangan-halangan yang bisa muncul tiba-tiba, semisal balita yang berlari kesana kemari atau hewan peliharaan yang nyelonong. Setelah selesai mengantarkan kebutuhan sang empunya, Ku akan berjalan kembali ke posisinya semula dan diam menunggu instruksi selanjutnya. Untuk saat ini, Panasonic Ku bersifat prototipe, tapi bukan tak mungkin ia siap dimiliki dalam 5-6 tahun lagi.

Panasonic bilang, mereka menciptakan Ku untuk memberi kemudahan bagi kaum difabel. Tujuan yang mulia, tapi bisa dipastikan para pemalas yang kerjanya hanya duduk, makan, tidur dan buang gas tidak akan melewatkan kemudahan yang diberikan oleh Ku. Hm, kalau kulkas saja nanti bisa jalan sendiri, jangan-jangan besok Tupperware yang hilang juga bisa muncul sendiri kalau dipanggil supaya sang empunya Tupperware tidak berevolusi menjadi iblis. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: