Amunisi Masa Depan Mazda : Mesin 6 Silinder, Hybrid dan Format RWD!

by  in  International & Mazda
Amunisi Masa Depan Mazda : Mesin 6 Silinder, Hybrid dan Format RWD!
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika ada yang belum ngeh sepenuhnya, Mazda sekarang sedang ada dalam misi menaikkan derajat mereknya menjadi merek premium macam Audi, BMW dan sebagainya. Dari sebagian besar produknya – terutama Mazda 3, Mazda 6, Mazda CX-5 dan Mazda CX-9 – sudah sangat mencerminkan tekad tersebut, tapi rupanya Mazda menyimpan lebih banyak trik supaya langkahnya menuju level premium bisa makin kuat dan meyakinkan. Apa itu?

Di sela-sela presentasi hasil finansial tahunan Mazda, ada rencana besar yang terselip mengenai mesin dan arsitektur Mazda nanti. Mazda berencana membuat mesin bensin SkyActiv-X dan diesel SkyActiv-D dalam konfigurasi 6 silinder segaris alias inline 6 atau straight 6. Mesin ini juga akan dipasang secara longitudinal, yang berarti ini bisa jadi cikal bakal mobil RWD atau AWD lain dari Mazda. Hmm… Mesin 6 silinder RWD, teringat akan BMW-BMW jadul.

Harusnya Mazda tidak akan kesusahan bikin mobil RWD, mengingat mereka punya Mazda MX-5 sekarang dan sudah pengalaman dengan RX-7, RX-8 dan lain-lain. Untuk mesin 6 silinder segaris pun jadi menarik, karena hari ini sudah sangat sedikit merek yang mau bikin mesin ini. Toyota saja harus pakai mesin BMW untuk bikin Supra baru kan? Saat ini, merek yang masih atau akan memproduksi mesin 6 silinder segaris hanya ada di BMW, Mercedes-Benz lalu Jaguar Land Rover.

Selain itu, Mazda juga akan bermain di teknologi hybrid, khususnya mild hybrid macam Toyota C-HR atau Honda CR-Z hingga plug-in hybrid seperti BMW i8 atau Porsche Panamera e-hybrid. Mereka juga disebutkan akan merancang baterai untuk mobil listrik sendiri. Perlu diketahui, budget merancang mobil hybrid dan listrik saat ini tidaklah murah dibanding mesin bensin atau diesel biasa. Mungkin mereka akan belajar juga dari yang sudah ahli di per-hybrid-an.

Untuk mobil-mobil kecil Mazda, teknologi mild hybrid nampaknya dipandang lebih cocok, plus upgrade mesin-mesin andalan Mazda seperti SkyActiv-G, SkyActiv-D dan SkyActiv-X. Dari Jalopnik, Mazda sudah mengonfirmasi dan bilang kalau,”Kami sangat senang untuk membawa mesin ini ke produk masa depan kami di saat kami sedang melangkah ke level premium.” Tidak ada detail lebih lanjut pastinya, tapi rencana ini akan mulai disusun dari 2020 dan target tercapai di 2025.

Mobil yang paling mungkin dijejali teknologi-teknologi baru tadi adalah Mazda 6 generasi terbaru. Mazda juga akan mendewasakan desain Kodo andalannya supaya mobil andalan mereka bisa benar-benar disejajarkan dengan merek premium lain yang sudah berdiri lebih dulu. Bayangkan saja Mazda Vision Coupe versi produksi, pasti akan sangat cantik sekali. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: