Mobil Jaguar Land Rover Bisa Prediksi Cuaca di Masa Depan

by  in Berita&International&Jaguar
Mobil Jaguar Land Rover Bisa Prediksi Cuaca di Masa Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Mungkin jarang bagi kalian yang mengendarai mobil untuk mengecek prakiraan cuaca sebelum kalian pergi, namun hal tersebut akan menjadi penting jika kalian akan menuju ataupun berada di daerah yang rawan banjir. Ya, memperkirakan cuaca, apalagi di awal musim penghujan seperti ini sepertinya bisa membantu kita menghindari resiko banjir, walaupun tak mutlak. Namun memang tak semua prakiraan cuaca bisa real time, namun Jaguar Land Rover punya solusinya.

Ya, Jaguar Land Rover alias JLR tengah mengembangkan sebuah teknologi baru yang ada hubungannya dengan peramalan cuaca. Paten terkait teknologi ini sendiri telah didaftarkan pada World Intellectual Property Organization. Paten dari teknologi ini sendiri menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan akan mempersiapkan kendaraan milik JLR untuk memprediksi cuaca dengan melakukan pengecekan terhadap temperatur udara, tekanan udara, kelembapan udara dan juga kapasitas cahaya dengan keakuratan yang sebaik penggunaan GPS.

Dan karena sistem ini terhubung ke mobil – mobil JLR, maka sistem yang sudah membaca cuaca akan mengatur temperatur di dalam kabin, lalu setting-an pada transmisi serta kontrol traksi yang akan disesuaikan dengan kondisi cuaca secara real time. Dan sebuah catatan dari paten ini menunjukkan bahwa hasil prediksi cuaca tak hanya bisa digunakan pada satu mobil saja, namun juga lebih dari satu mobil. Itu artinya sistem ini memungkinkan untuk melakukan sharing informasi dan berkomunikasi dengan sistem serupa di mobil lainnya satu sama lain, menarik juga.

Namun walaupun patennya telah terdaftar, tak ada kabar mengenai kapan teknologi ini akan ditanamkan pada mobil – mobil JLR. Teknologi seperti ini nampaknya akan cocok jika ditanamkan berbarengan dengan teknologi autonomous driving system, karena teknologi ini akan memberikan setting ternyaman mobil sesuai kondisi cuaca, serta memberikan perasaan yang lebih aman karena sistem mengetahui apakah dalam perjalanan akan terjadi hujan ataupun salju untuk kondisi di luar negeri.

Namun sekali lagi, entah kapan teknologi ini akan diperkenalkan, karena sesuai kabar terakhir yang kita ketahui, JLR sendiri sedang berencana untuk membeli merk mobil lain ataupun firma teknologi otomotif untuk bisa menyokong mereka dalam hal teknologi autonomous. Mungkin setelah rencana tersebut berjalan lancar, maka realisasi dari teknologi ini pun bisa diwujudkan. Bagaimana menurut kalian kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: