Jaguar Land Rover Berminat Dirikan Pabrik di Asean, Negara Mana Yang Dilirik?

Jaguar Land Rover Berminat Dirikan Pabrik di Asean, Negara Mana Yang Dilirik?
0  komentar
jaguar-xfr-s

AutonetMagz.com – Hingga saat ini, unit Jaguar dan Land Rover yang beredar di Indonesia rata-rata merupakan mobil CBU Eropa, tapi ke depannya mungkin statusnya bakal berubah. Kedua merek mobil premium asal Inggris ini berencana untuk memperluas kemampuan industrinya dengan mendirikan satu pabrik baru untuk perakitan mobil-mobilnya di salah satu negara Asean. Wah, yang benar nih?

Kabar ini benar, tapi sayangnya masih dalam tahap perencanaan. Kedua merek yang dimiliki oleh Tata Motors asal India ini mau melihat-lihat angka pertumbuhan penjualan dulu, setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Untuk lokasi, mereka melihat Thailand dan Malaysia sebagai negara yang berpotensi.

range-rover-evoque-silver

Rencana ini akan kami pertimbangkan ulang kalau penjualan di Thailand mencapai 2.000 hingga 3.000 unit per tahun, dalam waktu 5 tahun ke depan,” demikian kata Serge Touron, general manager Jaguar Land Rover Thailand yang belum lama menjabat di posisinya. Untuk tahun 2014, penjualan gabungan Jaguar dan Land Rover di Thailand adalah 120 unit.

Sementara itu, pihak Jaguar Land Rover Thailand mengatakan bahwa pabrik perakitan untuk regional Asean memungkinkan harga jual bisa berkurang 20-40%, berpotensi meningkatkan volume penjualan Asean dari 3.000 ke 5.000 unit. Itu merupakan salah satu optimisme mereka selain target penjualan di angka 500-600 unit untuk tahun ini di Thailand.

jaguar-f-type-r-coupe

Kelompok distributor RMA Thailand telah diusulkan untuk menjadi perakit regional Jaguar Land Rover ini. Perusahaan juga melakukan operasi modifikasi kendaraan skala besar untuk Ford dan Land Rover di Chonburi. Di Malaysia, Sime Darby merakit Land Rover Defender untuk pasar domestik, tetapi pada skala yang sangat kecil.

Nah, semoga pabrik barunya bisa terwujud sih, soalnya lumayan kalau nanti Jaguar dan Land Rover di sini berstatus CBU Malaysia atau Thailand, harganya bisa sedikit lebih murah kan? Ya meski biasanya orang yang bisa beli Jaguar dan Land Rover sih sudah tak begitu peduli soal harga, mau beli ya tinggal beli, uangnya ada kok. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • kabe kabe

    Wkwkwk. Thailand lagi.. makin kokoh julukan detroit dari timur

  • rizki

    Yah, Tata sendiri gak mau bikin pabrik, mungkin kaya Bajaj yang sukses tapi malah kabur n masuk lagi membonceng Kawasaki hehe menurut ane sih yang masuk akal bikin pabrik dulu di India, nah di Thailand tinggal ngerakit bahan dari India deh, rakitan Malaysia? takutnya gak laku tuh meski merk kaya Peugeot (207 sedan) sekalipun, sekalinya sukses kaya Subaru XV, eh ternyata perakit-importir-distributornya (yang dari sana juga) ngemplang bea masuk mending Thailand aja dah yang lumayan trouble free CMIIW

  • petrolhead

    gak bakal minat bikin pabrik disini, segmen nya kuecil….