Nissan Qashqai Bukan Untuk Pasar Indonesia?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Nissan Qashqai Bukan Untuk Pasar Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu yang lalu kami sudah mengabarkan mengenai kemunculan sebuah SUV asing milik Nissan yang diuji jalan di Indonesia. Yap, mobil itu adalah Nissan Qashqai yang juga dikenal sebagai Nissan Rogue Sport. Kemunculannya di jalanan Indonesia tentunya menghadirkan sebuah tanda tanya, yang mana pastinya merujuk pada kemungkinan SUV yang sebasis dengan Nissan X-Trail ini untuk dijual di tanah air. Namun apakah benar seperti itu?

Memang, pada umumnya sebuah mobil yang diuji jalan di Indonesia bakal dipasarkan lokal di Indonesia pula. Namun ternyata pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) nampaknya tidak berniat menjual Nissan Qashqai di negeri kita tercinta ini. Mengutip dari laman otomotif Kompas, Presdir NMI, Isao Sekiguchi menyebutkan bahwa pihak R&D dari Nissan di Indonesia ternyata tidak hanya menguji mobil – mobil untuk Indonesia saja. Sekiguchi-san menambahkan bahwa kendaraan untuk beberapa negara tropis seperti Australia, Malaysia, dan Vietnam juga diuji jalan di Indonesia, namun tidak dijual lokal disini.

Nah, Sekiguchi-san juga menambahkan bahwa di masa depan pihaknya tidak akan menjual Nissan Qashqai di Indonesia. Alasannya sederhana, karena pihak NMI sudah memiliki Nissan X-Trail untuk mengisi slot yang dihuni di segmen Compact SUV. Sejatinya, menurut kami Nissan Qashqai masih memiliki peluang untuk dijual di Indonesia karena ada diferensiasi mencolok antara Nissan Qashqai dan Nissan X-Trail, yaitu pada konfigurasi bangkunya. Nissan Qashqai hanya 5-seater sedangkan Nissan X-Trail 5+2 seater alias 7 seater. Namun memang ada sebuah resiko jika menempatkan kedua produk yang dikenal dengan nama Nissan Rogue Sport dan Nissan Rogue ini di Indonesia.

Resiko paling jelas adalah kanibalisme. Pasar Indonesia tentunya bakal condong ke salah satu produk, entah Nissan Qashqai dengan tampang sporty yang fresh atau Nissan X-Trail dengan kapabilitas angkutnya yang lebih mumpuni. Oleh karenanya, nampaknya NMI tidak mau terlalu sembrono untuk memasukkan Nissan Qashqai ke pasar Indonesia. Untuk urusan mesin, sejatinya antara Nissan Qashqai dan Nissan X-Trail hanya tumpang tindih di varian 2.000cc. Karena selain mesin 2000cc-nya, Nissan Qashqai hanya memiliki varian mesin 1.200cc Turbo dan 1.600cc n/a bensin, plus jajaran mesin diesel.

Jadi, jika kalian masih mengharapkan sosok Nissan Qashqai dijual di Indonesia, nampaknya kalian harus sedikit bersabar, atau malah meletakkan harapan kalian itu. Yuk sampaikan opinimu terkait kabar Nissan Qashqai ini

Read Prev:
Read Next: