Mitsubishi Eclipse Dikabarkan Hidup Lagi, Tapi…

Mitsubishi Eclipse Dikabarkan Hidup Lagi, Tapi…
0  komentar

AutonetMagz.com – Ngaku, siapa yang langsung terpikir sebuah sport coupe FWD saat mendengar nama Mitsubishi Eclipse? Tidak salah kok, apalagi ini menjadi mobil yang dipakai oleh Paul Walker di The Fast and The Furious sebelum berganti ke Toyota Supra. Di film 2 Fast 2 Furious, Mitsubishi Eclipse muncul lagi dengan warna ungu dan versi convertible, dikendarai oleh Mr. Big Mouth alias Roman Pearce (Tyrese Gibson).

Bagaiman jika Mitsubishi membawa kembali nama Eclipse yang sempat pudar selama beberapa tahun? Senang? Silakan, tapi bagaimana kalau Mitsubishi Eclipse bukan lagi berbentuk sports coupe, melainkan crossover kecil seperti Nissan Qashqai? Tidak jadi senang? Yah, kira-kira sama seperti ekspektasi saat Mitsubishi mau melahirkan Mirage baru. Mirage dulu adalah nama lain dari Lancer, ada yang coupe, hatchback, dan sedan. Beberapa nama seperti Mirage Asti dan Mirage Cyborg pun sempat jadi mainan fans Mitsu, di samping Mitsubishi Colt Ralliart yang kecil-kecil cabe rawit.

Namun boro-boro membuat sedan, coupe atau hatchback sporty, Mitsubishi Mirage malah lahir kembali sebagai city car yang secara bentuk tidak begitu menarik-menarik amat. Kembali ke Mitsubishi Eclipse, Mitsubishi merencanakan Eclipse baru sebagai sebuah crossover sekelas Nissan Qashqai, dan ia akan memakai platform Mitsubishi Outlander yang sedikit dipendekkan, setidaknya demikian menurut Auto Express.

Design-wise, Mitsubishi Eclipse baru akan mencoba meniru penampilan mobil konsep XR-PHEV II. Untuk penggeraknya, siapkan diri untuk menjumpai penggerak AWD dengan sistem baru Super All Wheel Control (S-AWC) macam Mitsubishi Evo X dan multi-link rear axle, namun akan hadir juga versi FWD. Mesin? Tidak ada yang tahu pasti, antara mesin 1.500 cc 4 silinder turbo atau 2.200 cc 4 silinder turbo diesel.

Pilihan transmisinya sendiri antara manual 5 percepatan atau CVT. Sungguh, Mitsubishi memang benar-benar mencoba jualan mobil. Mirage dari yang tadinya mobil kecil yang sporty jadi city car yang biasa, Evo yang tadinya sedan sport berdarah reli pesaing Subaru WRX STI mau jadi crossover juga, sekarang giliran Eclipse yang tadinya sports coupe mau jadi… Crossover lagi? Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: