Geely Akhirnya Sepakat Membeli Proton

by  in Berita&Geely&International
Geely Akhirnya Sepakat Membeli Proton
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa bulan terakhir ini terjadi tarik ulur dalam hal penjualan Proton Malaysia, sepertinya saga penjualan merk mobil nasional Negeri Jiran tersebut akan segera menemui hasilnya. Geely, Pabrikan otomotif asal negeri Tirai Bambu yang juga masih berjualan di tanah air adalah kandidat terkuat yang akan membeli Proton.

Geely Dikabarkan mengalahkan PSA Group yang juga tertarik untuk membeli Proton, Zhejiang Geely Holding Group yang menaungi merk dagang Geely, Lynk & Co dan juga Volvo dikabarkan akan membeli 49% dari saham Proton, dimana 51% sisanya tetap merupakan milik dari Proton Malaysia. Tentunya Geely Holding menyingkirkan PSA Group, Renault, dan juga Suzuki yang juga ikut teratrik untuk memiliki merk asal Malaysia ini. Saham 49% tersebut sebelumnya dimiliki oleh DRB-HICOM, konglomerat asal negeri Jiran.

Saat ini sendiri, di Malaysia Proton cukup gencar menjual Proton Iriz dan juga melakukan rebadge pada produk lain seperti yang mereka lakukan pada Proton Ertiga. Namun beberapa kasak kusuk mengatakan bahwa Proton masih bermasalah dengan kualitas produksi dari mobil – mobil mereka. Padahal, Proton sendiri memiliki dua pabrik di Malaysia yang mampu memproduksi hingga 400.000 unit mobil per tahun, yang mana tidak pernah dimaksimalkan oleh pihak proton sendiri.

Kehadiran Geely tentu diharapkan bisa memulihkan kondisi Proton, dan juga membawa Proton untuk bisa kembali dikenal di negara – negara lain. Di Indonesia sendiri, Proton Indonesia baru saja membawa masuk Proton Iriz walaupun memang yang dimasukkan adalah trim yang sederhana. Proton sendiri cukup tragis nasibnya di Indonesia, tak beda dengan Geely, diskon – diskon besar diberikan untuk menghabiskan stok barang di gudang – gudang mereka.

Menurut kalian, bagaimana ya nanti jika Geely telah resmi mengakuisisi 49% saham dari Proton? Apakah keduanya akan bekerja sama untuk menumbuhkan merk mereka di tanah air? We’ll see.

Read Prev:
Read Next: