MINI Recall Cooper Generasi Lama Akibat Kesalahan Sistem Airbag

MINI Recall Cooper Generasi Lama Akibat Kesalahan Sistem Airbag
0  komentar
MINI-cooper-s-lama

AutonetMagz.com – Apakah anda pemilik MINI Cooper dan Cooper S lama yang berkode R50 dan R53? Atau anda kenal seseorang yang memiliki mobil tersebut? Jika iya, ada baiknya mobil hatchback itu segera diperiksakan ke bengkel resmi MINI, karena kami baru saja mendengar kabar bahwa ada recall yang diperuntukkan bagi mobil tersebut dari BMW Group.

Recall ini diperkirakan menimpa 91.800 mobil, termasuk MINI Cooper dan Cooper S tahun 2005-2006 serta Cooper dan Cooper S versi atap terbuka (convertible) tahun 2005-2008, tapi tak dijelaskan di negara mana saja yang unitnya kena recall, jadi ada kemungkinan unit di Indonesia tak luput dari recall.

MINI-Cooper-lama

Entah kebetulan atau tidak, masalah yang dialami MINI Cooper sehingga harus di-recall mirip dengan masalah pada investigasi NHTSA kepada Subaru Impreza, yakni airbag depan bisa keliru mendeteksi penumpang depan. Ada kemungkinan sistem tak bisa membedakan antara anak kecil atau orang dewasa, sehingga bisa meningkatkan risiko luka akibat airbag yang seharusnya mati tapi malah nyala atau sebaliknya.

Sebenarnya, hal ini juga pernah terjadi pada BMW di tahun 2008 silam, dan unit yang diduga harus diperbaiki mencapai 320.000 unit di seluruh dunia, dan semua model kena recall, mulai dari 1-series sampai 7-series. Waktu itu, MINI tidak diperiksa karena desain sensornya berbeda dengan milik BMW.

MINI-Cooper-s-convertible-lama

Namun penyelidikan lanjutan pada tahun 2014 menemukan kekurangan dalam beberapa komponen model MINI, dan akhirnya menyebabkan recall saat ini. BMW Group mengklaim telah menerima hanya satu laporan dari cedera penumpang ringan yang diduga berhubungan dengan cacat komponen yang dimaksud.

Berarti, recall ini baru dilakukan setelah 7-10 tahun lewat masa produksi. Hm, kami jadi ingat ada juga merek yang baru melakukan recall di Indonesia terhadap sedan miliknya akibat masalah airbag setelah 10 tahun sedan tersebut dibuat. Ya sudahlah, yang penting ada pengumuman recall, dan jangan lupa periksakan MINI Cooper dan Cooper S-nya ke bengkel resmi terkait recall ini.

Read Prev:
Read Next:
  • motorfreaks

    Di artikel sebelumnya ada bahas nissan juke r masuk indo, di sebelah ada artikel nya, harga sekitar 7 miliar
    Wuiih sangar juga ya nissan, berarti yg masuk pake mesin gtr

    • Hillarius Satrio

      perasaan semua juke-r pasti pake mesin gtr deh

    • Juke R g dijual di indo, buat campaign marketing doang abis itu di balikin lagi.

      Btw juke R memang harganya 4x nisssan gtr

      • motorfreaks

        Iya ya
        Diliad di beritanya juga langsung pesen ke eropa

      • amar

        Sayangnya Juke R malah spacenya lebih jelek dari Nissan GT-R,masak Juke R cuman 2 penumpang, sementara GT-R aja 2+2, klo diliat Juke R lebih mirip sama mobil bikinan Aftermarket deh

        • Rayshanto Rafi Putra

          Bukan aftermarket lagi itu mah. Dalemnya udah mirip banget sama mobil DTM 😛

    • ANdri Ahmad

      padahal kan lebi bagus yg dimasukin Juke DIG turbo 1.6 aja,lebi reliable buat pasar Indo, atau Pulsar turbo 1.6 bole juga biar jadi pionir hothatch japan di indo, tapi semuanya cuma khayalan, karena yg pasarin merk nissan di indo adalah indomobil yg ga pernah berani jadi trendsetter

  • AE86

    smoga cepat dilakukan improvement,

  • tioz

    Ini kan krn ada kejadian akhirnya tau ada masalah..tp perlu diacung jempol buat mini krn bertanggung jawab dgn recall…pdhl cuma satu laporan aja …saluuut

  • Rayshanto Rafi Putra

    Ketularan General Motors. Kerjaannya recall barang mulu hehehe 😛