Tes Tabrak Euro NCAP : Suzuki Vitara dan Renault Espace 5 Bintang, Mazda 2 dan Fiat 500X 4 Bintang

by  in Berita&Fiat&International
Tes Tabrak Euro NCAP : Suzuki Vitara dan Renault Espace 5 Bintang, Mazda 2 dan Fiat 500X 4 Bintang
0  komentar
Suzuki-Vitara-Euro-NCAP

AutonetMagz.com – “Mobil harus punya tingkat keselamatan yang bagus,” begitulah salah satu pertimbangan utama masyarakat Eropa saat memilih mobil. Yang menjadi rujukan mereka tentu hasil tes tabrak Euro NCAP yang standarnya cukup tinggi. Nah, Euro NCAP baru-baru ini sudah resmi merilis hasil pengujian mereka terhadap 4 mobil baru, yaitu Suzuki Vitara, Renault Espace, Mazda 2 dan Fiat 500X.

Hasilnya, Suzuki Vitara dan Renault Espace menjadi yang terbaik dengan memperoleh 5 bintang, sementara Mazda 2 dan Fiat 500X sendiri tidak buruk dengan rating 4 bintang yang berhasil diraihnya. Uniknya, di antara Vitara dan Espace, tingkat perlindungan milik Vitara lebih unggul daripada Espace.

tes-tabrak-depan-suzuki-vitara

Beginilah detail hasilnya : Vitara memperoleh skor proteksi penumpang dewasa 89%, proteksi penumpang anak-anak 85%, proteksi pejalan kaki 76% dan fitur penunjang keselamatan 75%. Salah satu fitur yang amat membantu meraih skor ini adalah Autonomous Emergency Braking sebagai salah satu syarat utama jika ingin meraih hasil 5 bintang.

Sementara Espace, harus puas di urutan kedua dengan skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 89%, proteksi pejalan kaki 70% dan fitur penunjang keselamatan 80%. Pada skema tabrakan frontal, rancangan dashboard Espace ternyata berpotensi melukai penumpang depan meski sudah ada airbag.

hasil-tabrak-samping-renault-espace

Sementara pada tes tabrak samping, hasilnya sedikit lebih mengerikan. Saat ditabrak, pintu baris kedua malah terbuka dan bisa membuat penumpang terlempar keluar, padahal seharusnya pintu baris kedua tetap terkunci. Hal ini jelas berbahaya, dan inilah yang mengurangi skor total Espace sehingga harus berada di bawah Vitara.

Sementara Fiat 500X di tempat ketiga meraih skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 85%, proteksi pejalan kaki 74% dan fitur penunjang keselamatan 64%. Mazda 2 menjadi yang terakhir dengan skor proteksi penumpang dewasa 86%, proteksi penumpang anak-anak 78%, proteksi pejalan kaki 84% dan fitur penunjang keselamatan 64%.

tes-tabrak-depan-fiat-500x

Apa yang menyebabkan Euro NCAP tidak memberikan bintang 5 untuk Fiat 500X dan Mazda 2? Jawabannya, keduanya tidak menawarkan Autonomous Emergency Braking sebagai standarnya, jadi maksimal hanya 4 bintang. Adakah yang unik dengan pernyataan yang kami kutip dari Euro NCAP ini? Sebenarnya ada, terutama jika kita bandingkan fitur mobil di Eropa dengan Indonesia.

tes-tabrak-depan-mazda-2-merah

Mazda 2 yang kita kenal di sini sudah punya Autonomous Emergency Braking yang dinamai Smart City Brake Support, meski hanya di tipe GT, namun Euro NCAP menyatakan pada standar Mazda 2 Eropa yang menjadi mobil tes, fitur tersebut tak ada sebagai standar, hanya sebagai opsi tambahan saja. Artinya, jika menambahkan fitur ini, ada kemungkinan Mazda 2 dan Fiat 500X versi Eropa bisa meraih 5 bintang juga seperti Vitara dan Espace.

Bagaimana menurut anda tentang hasil tes tabrak keempat mobil baru ini? Sampaikan di kolom komentar, dan bagi yang ingin tahu proses pengujiannya dan hasilnya, silakan simak galeri fotonya dan mainkan keempat video di bawah ini!

Photo courtesy : Euro NCAP

Read Prev:
Read Next:
  • han

    Vitara euro masuk indonesia ga ya?

  • ap88

    vitara memang tebel bgt bodynya dari sejak gen 1 90an,escudo gen 2 pun begitu bodynya

    salut juga ama mazda2,good job mazda

    • Mobil jaman dekarang nggak ada hubungannya plat bodi tebel sama safety… Tapi konstruksi

      • ardi

        iya bener. mungkin ada pengaruhnya y tapi dikit banget. liat crashtest di youtube, mau plat bodi tebel kayak rangerover pun kalo nabrak juga plat bodi bakal ngelipat lipat kayak kertas

    • Hillarius Satrio

      ya bener sih bodi vitara dulu tebel, tapi jaman sekarang tebel bodi bukan satu-satunya faktor keselamatan baik. konstruksi, material, desain dan banyak hal yang mendukung faktor keselamatan. lagian Euro NCAP liat nilai keselamatannya dari luka yang dialami crash test dummy, bukan remuk atau enggaknya mobil

      • Blackjack

        Bener bang, body tebel tapi konstruksi jelek sama aja.. Krn konstruksi badan mobil sendiri yang berjperan mnyerap ato mnyalurkan energi tabrakan ke belakang secara merata…coba aja liat kalo pas crash test bgn krangka nya sdkt brgelombang..

    • AE86

      Bukan tebal body yg utama membuat kendaraan itu baik dalam kecelakaan om, tapi desain struktur body dan chassis yang banyak berperan disana.

  • deathstalker

    Mulut mazda2 jadi dower gitu ketabrak

  • motorfreaks

    Buruan masuk Indo deh vitara 😀

  • Escape

    Bagus! Cocok buat ichiro.

    • Hillarius Satrio

      buset

      • amar

        Ichiro makin berani nabrakin mobilnya tanpa takut ancur,gimana ya kabarnya Ichiro di Jakarta sekarang?

  • timing

    Test yg beneran donk..coba tabrak truck adu kambing gitu..kalau test2 ginian gak akurat..atau jatuhkan ke jurang siapa yg paling hancur total..br akurat

    • Hillarius Satrio

      bercanda nih orang

      • timing

        Bukan tabrakan beneran..mksdnya coba mobil ini diadu dgn truck…simulaai gitu..jd bener2 keliatan lebih nyata hasilnya drpd tabrak dinding..

        di lalu linta jrng mobil tabrak dinding..yg ada tabrakan kan adu kambing lah masuk jurang lah..

    • roadrunner

      Nggak sekalian di tembak rudal tank aja biar ketahuan siapa yang masih utuh

      • ANdri Ahmad

        kalo soal itu panser Pindad juaranya

    • ardi

      tes tabraknya udah dipikir lah. tuh tembok juga udah dibuat sedemikian rupa supaya efeknya seperti nabrak mobil lain. tabrakan yang paling umum secara global kan nabrak mobil lain. kalo masuk jurang mau pake tank juga bakal mati. ga sekalian aja tes tabrak kucing, tes tabrak orang gila, tes injak semut,

      • Hillarius Satrio

        nah, bener mas ardi, ini nih jawaban yang bener dan masuk akal. insinyur Euro NCAP udah pinter, mereka itung semua kemungkinan.yang paling dominan karena mobil paling banyak berkendara di mana menurut penelitian.

        dan ini namanya “SIMULASI” jadi ga pake truk, tapi pake tembok beton yang menggambarkan kondisi kecelakaan.

        kalo nabrak truk itu bukan simulasi tapi kejadian nyata, cari deh apa definisi simulasi yang bener. dikira insinyur Euro NCAP pada modal dengkul doang?

      • gasper

        Tapi tets tabrak ini apa hanya dpn saja?? Bagian samping kiri kanan maupun dr belakang dicoba jg gak yah??
        Tp knp sdh di test2..masih byk aja recall setelah kejadian tabrak beneran

        • Hillarius Satrio

          ya samping juga dong.. tonton videonya

          • gasper

            Tp knp msh byk kejadian kyk alphard gak keluar airbag ditabrak dr samping..mini cooper recall airbag jg..camry gak keluar jg kyk kejadian bbrp tahun lalu..test ini reliable gak sih???

          • tim

            Jgnkan tabrakan samping, honda city aja tabrakan sampe mukanya ringsek juga kaga ngembang tuh airbag hehe

    • Rayshanto Rafi Putra

      Nabrak hewan? Moose Test maksudnya? Sayangnya ini bukan Volvo atau Saab yang buatan Swedia, yang mengutamakan safety jadi kadang test ini gak terlalu dianggap penting sama EuroNCAP

  • wowkeren

    Wedeee… Ada vitara sama mazda 2 sama 500x… Kesukaan ane semuweee… Vitara sama 500x masuk indo ga? Kalo vitara harus masuk biar nyaingin HR-V… Bikin varian yang sepadan sama HR-V prestige

  • ANdri Ahmad

    duh gile bener keren banget desainnya Renault Espace, sayang aja merk renault, coba dimasukin di indo pake rebrand Nissan pasti gurih ni

  • sporky

    kalo utk crash test di amerika serikat ada kategori baru small overlap crash test yg bisa berakibat fatal utk drivernya di mana belum banyak tipe mobil yg masuk kategori memuaskan.

  • Bram

    Good job utk Suzuki Vitara, meski design nya tidak memiliki faktor “wow” tapi safety nya merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

    Fiat 500X kan dibangun dr chassis yg sama dg Jeep Renegade, itu sodaranya bgmn ya safety nya?

  • Noname

    Mana nih video test drive/review mazda 2 skyactive nya. Ayo autonet