MINI Countryman 2017 Hadir Untuk Sokong Eksistensi MINI

by  in Mini&Mobil Baru&Nasional
MINI Countryman 2017 Hadir Untuk Sokong Eksistensi MINI
0  komentar

AutonetMagz.com – BMW Group Indonesia yang menjadi induk merek mobil MINI di Indonesia kemarin resmi menghadirkan generasi baru MINI terbesar mereka (besar secara ukuran ya). Adalah MINI Countryman 2017 yang resmi menjejakkan keempat bannya di tanah air. Target konsumen dari si MINI Countryman ini sedikit berbeda dengan Cooper hatchback biasa, karena ia menyasar segmen yang punya kemiripan dengan Clubman.

MINI Cooper hatchback adalah buat fans MINI yang emosional dan garis keras, orang yang selalu berpikiran kalau “MINI Cooper ya harus hatchback 3 pintu,” sehingga mereka agak heran kalau MINI – atau BMW – kepikiran untuk membuat versi 5 pintu. Sementara itu, Clubman dan Countryman menyasar konsumen yang baru mau mengenal merek mobil blasteran Inggris-Jerman ini tanpa meninggalkan aspek manusiawi macam kabin lega, bagasi luas, akses mudah dan lain-lain.

Dibandingkan Clubman, Countryman jelas lebih jangkung, gagah dan mencolok, sehingga tak berlebihan kalau ia cukup mentereng di jalanan. Sayangnya, model lampu yang agak melotot dan gril yang mirip siluet mulut orang yang sedang cemberut membuatnya terlihat punya ekspresi yang agak sedih. Seperti wanita yang lagi bad mood gara-gara periode bulanan atau pria yang murung gara-gara tim bola kesayangannya kalah di pertandingan.

Tampangnya kontroversial jadinya, ada yang bilang jelek, tapi ada juga yang bilang bagus. Namun jika penikmat visualnya mau menerima desain ini, bukan mustahil kalau lama kelamaan bakal terlihat bagus. Untuk pertama kalinya, lampu depannya punya LED ring. Khusus untuk Countryman S, ada panoramic sunroof, pelek yang lebih sporty, setir sport dengan emblem John Cooper Works (JCW), pintu bagasi elektrik dan jok elektrik berbahan kulit.

Kabinnya khas MINI, eksentrik dengan penuh identitas desain bulat. Kualitas buatannya jangan diragukan lagi, namun kami lebih fokus kepada sistem MINI Connected yang sekarang jauh lebih smooth, grafisnya lebih lezat dan pengoperasiannya lebih cepat, termasuk sistem hand-writing di Countryman S. Oh ya, hanya Countryman S yang punya touch screen dan fitur hand-writing, sementara Countryman biasa tidak ada itu semua dan layarnya lebih kecil.

Kabin belakang Countryman adalah kabin MINI yang paling lega dan manusiawi, karena punya ruang kaki dan kepala yang mumpuni, lebih baik dibanding Clubman. Jika anda berniat untuk ramai-ramai keluar kota naik MINI, si Countryman ini adalah pilihan yang paling masuk akal. Bagasinya pun lumayan lega, dan takkan ada ban serep di sini. Tentu saja ini efek penggunaan Run Flat Tire (RFT). Oh ya, platform si MINI Countryman ini sejenis dengan BMW X1.

Mesinnya? Sama dengan Cooper, ada mesin 1.500 cc 3 silinder turbo 136 hp & 220 Nm untuk Countryman biasa dan 2.000 cc 4 silinder turbo 192 hp & 280 Nm untuk Countryman S. Transmisi juga beda, 6-speed untuk Countryman dan 8-speed untuk Countryman S. Jika di luar sana Countryman pakai penggerak AWD yang disebut MINI ALL4, di sini Countryman hanya FWD saja. Bukan masalah besar, lagipula siapa di Indonesia yang mau pakai mobil ini buat ke Rinjani?

Harga resmi MINI Countryman adalah 660 juta Rupiah untuk yang biasa, namun untuk yang S harus rogoh kocek lagi hingga 865 juta Rupiah. Harga-harga itu belum termasuk pajak, belum pula termasuk opsi personalisasi yang selalu ada di setiap modelnya. Menarik untuk mengetahui, apa Countryman ini cukup untuk menjadi tulang punggung MINI di Indonesia. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: