MINI Paceman Akan Menjadi SUV Listrik di China

MINI Paceman Akan Menjadi SUV Listrik di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai salah satu pasar dan pusat otomotif terbesar di dunia, China memang selalu menjadi daya tarik bagi pabrikan otomotif. Dan salah satu yang terang – terangan tertarik untuk berinvestasi lebih di pasar China adalah anak perusahaan BMW yaitu MINI. Dan ini ditunjukkan dengan rencana MINI untuk memproduksi mobil listrik di China. Dan menariknya, detail dari mobil listrik ini mulai terkuak, dan ini bukan MINI SE.

MINI Rocketman Concept

Nah, kalau kita membahas sebuah MINI yang kompak, apalagi produknya belum ada, maka satu nama yang selalu terngiang adalah sosok MINI Rocketman. Namun, nampaknya ini bukan waktu untuk si Rocketman, melainkan untuk Paceman. Mengutip informasi via AutoCar, MINI merencanakan untuk memproduksi dua buah SUV kompak di China dalam beberapa tahun ke depan. Satu SUV akan menggunakan mesin konvensional, sedangkan SUV lainnya akan menggunakan tenaga listrik. Khusus untuk SUV listrik, ada beberapa bocoran menarik mengenai mobil ini.

Pertama, SUV ini akan menggunakan format 5 pintu, dengan dimensi mendekati ukutan BMW X1. Jadi, secara dimensi masih termasuk kompak, namun jangan dibayangkan ukurannya sangat mungil. Kedua, SUV ini akan menggunakan platform baru yang dikembangkan bersama dengan JV mereka di China. Lalu, SUV ini juga akan menggunakan baterai dengan sel yang cobalt-free lansiran SVolt. Nah, SVolt sendiri adalah bekas divisi di Great Wall Motor, partner JV MINI di China. Dan terakhir, mobil ini akan masuk dalam varian Paceman. Jadi fix, bukan sebuah Rocketman.

Sedangkan untuk SUV satunya, yang menggunakan mesin konvensional, akan menjadi lebih besar dibandingkan SUV yang ada saat ini. SUV ini akan menggunakan dimensi yang kurang lebih sama dengan BMW X3. Yap, ini akan menjadi MINI paling bongsor yang dijual, apakah harusnya pakai nama MAXI? Seharusnya begitu. Nah, untuk SUV Listrik, kabarnya mobil tersebut akan menggeser eksistensi dari BMW i3 yang masa depannya masih tak jelas. MINI dan Great Wall sendiri sudah merencanakan fasilitas produksi yang akan dibangun antara 2020 hingga 2022 dengan kapasitas 160 ribu unit per tahun dan berlokasi di Jiangsu.

Nah, kemungkinan mobil baru MINI ini baru akan siap setelah 2022 mendatang. Jadi sabar – sabar saja. Apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: