5 Besar Penjualan Mobil Listrik, Tesla Dibayangi VW

by  in  Berita & International & Mobil Listrik
5 Besar Penjualan Mobil Listrik, Tesla Dibayangi VW
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2020 silam penjualan mobil di seluruh dunia memang mengalami penurunan. Hadirnya COVID-19 sebagai pandemi global memang membuat masyarakat dunia lebih memilih untuk menahan belanja otomotif. Namun, di tengah penurunan penjualan otomotif, tahun 2020 lalu bak menjadi batu loncatan bagi segmen EV. EV mendapatkan panggung, dan salah satu yang merasakan manisnya adalah Tesla. Dalam 5 besar penjualan mobil listrik di 2020 silam, Tesla berhasil menduduki posisi pertama, dimana Tesla ditempel ketat oleh Volkswagen. Cekidot.

VW Tempel Ketat Tesla

Berdasarkan data dari EV Sales Blog, ada sebanyak 3.124.793 unit mobil listrik yang terjual selama tahun 2020 silam. FYI, mobil listrik yang dimaksud adalah battery electric vehicle (BEV) dan Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Jadi, gabungan keduanya mencatatkan angka tersebut. Sedangkan untuk penjualan BEV saja mendominasi hingga 68% dari total penjualan EV. Di posisi pertama tentu ada Tesla dengan penjualan sebanyak 499.535 unit atau 16% dari marketshare. Angka ini terbilang bagus, walaupun marketshare Tesla harus turun 1% dari tahun sebelumnya. Sedangkan Volkswagen berada di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 421.591 unit atau 13% dari marketshare.

Kiprah VW dalam segmen ini perlu diacungi jempol, karena tahun sebelumnya VW hanya ada di posisi keenam dalam total penjualan EV. Malahan, kalau mau dilihat per kuartal, VW berhasil mengungguli Tesla di kuartal terakhir tahun 2020 silam dengan capaian 191 ribu unit. Sedangkan Tesla hanya 183 ribu unit di periode yang sama. Selain itu, SAIC menduduki posisi ketiga dengan 272.210 unit atau 9% marketshare. Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi ada di posisi berikutnya dengan 226.975 unit atau 7% marketshare. Dan terakhir ada BMW Group dengan 195.979 unit atau 6% marketshare. Beda cerita antara capaian penjualan EV secara total kalau dibandingkan BEV saja.

Mobil Listrik BYD & SAIC Laris

Kalau melihat pasar BEV saja, tanpa PHEV, maka Tesla tetap di posisi pertama namun SAIC ada di posisi kedua. Sedangkan VW Group ada di posisi ketiga dan diikuti oleh Aliansi Renault – Nissan – Mitsubishi. Yang menarik, untuk segmen BEV, ada nama asal China lain yaitu BYD dengan 131.705 unit atau 6% marketshare BEV. Secara total, penjualan BEV saja mencatatkan 2.141.311 unit selama tahun 2020 silam. Di Indonesia, segmen PHEV dan BEV sepanjang 2020 kemarin juga cukup bergejolak. Sebelumnya, Toyota sudah memasarkan Prius PEV di akhir 2019, dan disusul Lexus UX300e di akhir 2020. Sedangkan Hyundai langsung memboyong Hyundai Kona Electric dan Ioniq EV ke Tanah Air.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: