MINI & Great Wall Kembangkan Platform Baru, Demi Apa??

MINI & Great Wall Kembangkan Platform Baru, Demi Apa??
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan kabar BMW yang menggandeng Great Wall Untuk Produksi MINI EV di China? Nah, kali ini babak baru dari kerjasama ini semakin berkembang. Nah, pihak BMW kembali meninjau kerjasamanya dengan pihak Great Wall, dan tak hanya itu, mereka juga menunjukkan bahwa pihaknya berniat untuk berkolaborasi dengan pabrikan asal China tersebut untuk membuat sebuah platform mobil baru yang akan digunakan baik oleh MINI maupun oleh mobil – mobil Great Wall.

Bagi kalian yang masih merasa asing dengan nama Great Wall, mungkin kalian lebih kenal dengan merk Haval. Yap, Haval adalah salah satu pabrikan asal China yang produknya dijual di beberapa diler IU di Batam. Nah, Haval adalah produk dari Great Wall China. Kembali ke urusan kerjasama, pihak BMW sedang mengevaluasi perkara kolaborasi antara pihaknya dengan Great Wall yang nantinya akan menghadirkan sebuah platform baru untuk mobil – mobil mungil yang akan digunakan sebagai basis produksi dari all new range dari mobil – mobil MINI di masa depan. Rencananya, platform ini akan digunakan untuk mobil – mobil MINI rakitan China yang akan dijual per tahun 2023 mendatang. Namun jajaran mobil MINI juga dipastikan akan semakin menipis di generasi berikutnya ini, karena sosok MINI Convertible dan MINI 3 Doors Hatch akan dikampakkan.

Saat ini sendiri pihak MINI memiliki dua platform untuk produk – produknya. Yang pertama adalah FAAR Platform yang merupakan platform untuk mobil – mobil MINI dan BMW yang berpenggerak roda depan. Yap, platform ini adalah suksesor dari UKL Platform yang sebelumnya digunakan oleh beberapa mobil MINI dan BMW. Sedangkan platform kedua adalah CAAR Platform yang dikembangkan khusus untuk mobil – mobil MINI yang berpenggerak roda belakang. Lho, lalu mengapa pihak MINI dan BMW masih perlu mengembangkan sebuah platform baru untuk mobil – mobil mereka bersama dengan Great Wall? Pada dasarnya, platform FAAR yang saat ini sudah ada malah terasa terlalu mahal dan juga secara dimensi terlalu besar untuk sebuah MINI. Tak asing kan dengan pertanyaan “Mengapa MINI makin mahal?” dan “Mengapa MINI tak mini lagi bentuknya?”.

Nah, untuk mengembalikan citra diri MINI ke jalan yang seharusnya, maka jelas pihak BMW harus membangun platform baru yang lebih murah, dan lebih masuk akal secara dimensi jikalau diterapkan menjadi sebuah mobil produksi massal. Dan disinilah pihak Great Wall hadir dan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi BMW. Seperti yang kita tahu, keduanya sudah berkolaborasi dan melebur dalam sebuah JV di China untuk memproduksi baterai MINI EV, dan China sendiri adalah salah satu basis produksi otomotif yang berkembang. Jadi, mengapa tidak bekerja sama saja dengan Great Wall? Dan jikalau kolaborasi ini sukses, nantinya mobil – mobil MINI akan hadir dengan bentuk dan juga basis yang totally different dibandingkan yang ada saat ini, semoga saja lebih baik.

Kita tunggu saja seperti apa realisasi dari kerjasama antara BMW – MINI dengan Great Wall ini, apakah akan membawa MINI kembali dengan ciri khas-nya di masa lalu, atau malah tidak. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: