Michelin Sederhanakan Pilihan Ban Untuk Gelaran MotoGP 2022

by  in  Berita & MotoGP
Michelin Sederhanakan Pilihan Ban Untuk Gelaran MotoGP 2022
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebentar lagi ajang MotoGP 2022 seri Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret berlangsung. Sponsor sekaligus pemasok tunggal ban untuk perhelatan seri MotoGP, Michelin telah memutuskan untuk menyederhanakan pilihan ban pada musim ini dan menyediakan 30 macam spesifikasi untuk digunakan oleh para pembalap selama gelaran MotoGP 2022.

Keputusan Yang Menguntungkan Tim Dan Lingkungan

Jika dibandingkan dengan musim lalu di mana Michelin menyediakan 41 pilihan ban, pada MotoGP 2022 ini artinya 11 pilihan ban dikurangi oleh Michelin. Adapun keputusan tersebut guna merampingkan pilihan ban yang akan digunakan pada kompetisi. Hal ini dicapai setelah pihak Michelin melakukan diskusi dengan para pembalap dan tim mereka serta tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim 2021.

“Tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider untuk memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik,” ungkap Piero Taramasso selaku Michelin Two Wheels Motorsport Manager. Menurutnya keputusan ini lebih memudahkan tim peserta memilih ban yang tepat juga membantu mengurangi dampak buruk untuk lingkungan.

Michelin Alokasikan Hingga 1.200 Ban Untuk Tiap Seri

Keputusan ini disambut baik oleh Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang akhirnya bersepakat dengan Michelin untuk mengurangi jumlah alokasi ban bagi rider individu per grand prix dari sebelumnya 30 menjadi 28 buah, atau berkurang dua ban belakang. Pada setiap ajang balap, para rider akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang jadi total 22 ban.

Para rider juga dibebaskan untuk menyusun komposisi alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari tiap spesifikasi SoftMedium, dan Hard. Untuk ban belakang, para rider dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard.  Para rider yang lolos dari babak kualifikasi Q1 dan Q2 akan mendapatkan ban depan tambahan yang dapat mereka pilih dari tiga spesifikasi yang tersedia, serta satu tambahan ban belakang jenis Soft.

Sementara untuk ban hujan, para rider akan mendapatkan alokasi 15 ban hujan yang terdiri dari tujuh ban depan dan delapan ban belakang. Ban ini akan dapat mereka gunakan selama latihan bebas, babak kualifikasi, pemanasan, dan ajang balap utama, dengan maksimal penggunaan enam ban depan dan tujuh ban belakang. Dengan alokasi ini, maka Michelin akan membawa sejumlah total 1.200 ban ke setiap sirkuit balapan.

Read Prev:
Read Next: