Mevvah bin Kencang : Lexus LS F Menuju Tokyo Motor Show 2017

by  in International&Lexus
Mevvah bin Kencang : Lexus LS F Menuju Tokyo Motor Show 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Urusan full size premium sedan dengan performa besar dan cita rasa sport biasanya adalah monopoli para pabrikan Eropa. Di kelas yang atas banget, ada Porsche Panamera Turbo, Aston Martin Rapide S dan Maserati Quattroporte, lalu untuk di kelas yang agak bawah sedikit – tapi tetap premium – didominasi oleh Audi S8 Plus, Mercedes-AMG S63 lalu diikuti oleh BMW M760Li. Ngomong-ngomong, itulah pertama kalinya BMW 7-Series dapat versi M.

Apa kabar merek premium non Eropa? Acura dan Infiniti sepertinya belum minat untuk benar-benar terjun, tapi kalau Lexus? Dulu mereka sih tidak tertarik, sebab varian tertinggi Lexus LS saja berupa sedan mewah hybrid Lexus LS600hL yang tidak punya indikasi performa wahid sama sekali. Kalau sekarang, sepertinya sudah lain kisah, sebab ada indikasi bahwa Lexus LS F akan muncul pertama kalinya sebagai sedan Lexus yang besar, panjang, berat, mewah tapi kencang.

Render yang sudah anda lihat di atas tadi adalah foto spekulasi digital yang diunggah oleh akun JZS International di Instagram. Mungkin Lexus LS F tidak bakal benar-benar berwujud seperti prediksi itu, tapi anggaplah Lexus LS memakai body kit agresif macam Lexus GS F. Urusan mesin, di mana Lexus LS sekarang pakai mesin V6 normally aspirated, hybrid atau twin turbo, Lexus LS F kemungkinan akan menggendong mesin V8. Aduh, apa ini mesin 5.000 cc V8 tua macam IS F, GS F, RC F dan LC 500?

Kemungkinan besar bukan, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah Lexus F akan memakai mesin turbo. Lebih tepatnya, Lexus LS F mungkin akan jadi Lexus F pertama yang pakai mesin baru 4.000 cc V8 twin turbo. Alasan untuk tidak pakai mesin 2UR 5.000 cc V8 seperti Lexus F lain mungkin sudah tepat, mengingat mesin itu tidak begitu nendang torsinya, sementara Lexus LS adalah sedan besar nan berat yang butuh tendangan torsi yang mumpuni dari bawah sampai atas.

Selama Lexus bisa mengekstrak kurang lebih 600 hp-an dari mesin 4.000 cc V8 twin turbonya itu, sepertinya Mercedes dan Audi bakal punya rival yang sepadan dari Jepang. Hm, sepertinya Lexus LS yang sekarang bakal teramat penting buat Lexus sebagai yang pertama pakai paddle shift, pertama kali pakai multi stage hybrid, pertama kali dapat 2 girboks dan pertama kali dapat versi performance. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: