Mercedes Benz Patenkan Airbag Pilar A Pada Bodi Mobil

Mercedes Benz Patenkan Airbag Pilar A Pada Bodi Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Volvo pernah mendorong batas teknologi keselamatan di dunia otomotif lebih jauh lagi, utamanya keselamatan bagi para pejalan kaki, pesepeda dan segala pengguna jalan lain di luar mobil. Selain pop up bonnet yang otomatis mengangkat kap mesin kala ada insiden tabrakan dengan pejalan kaki, Volvo memasang bonnet airbag untuk melindungi kepala orang yang tertabrak dari bodi mobil yang keras, mengurangi risiko cedera yang lebih parah.

Tapi merek lain ada yang tak rela kalau Volvo saja yang disorot karena perkembangan teknologi keselamatan. Mercedes Benz misalnya, mereka telah mengajukan paten untuk airbag yang dipasang di pilar A mobil, tapi di sisi luar. Gunanya untuk membuat orang yang tertabrak bisa dikurangi dampak buruknya. Paten tersebut merupakan perpanjangan dari ide pop-up bonnet, yang juga berfungsi untuk melindungi objek yang tertabrak.

Dalam deskripsi paten ini, airbag pilar A akan mengembang saat sensor mendeteksi adanya tabraka dan langsung memerintahkan airbag untuk aktif, dan dalam kejadian seperti itu, airbag baru akan aktif setelah pop up bonnet aktif duluan. Dalam kondisi normal, masing-masing airbag disimpan di dalam tabung kain yang dirancang sepanjang pilar A, tertutup rapi dan tetap tak terlihat. Yah, pasti ada tulisan “AIRBAG” sih.

Paten ini diajukan oleh Mercedes-Benz pada bulan Juli 2015, itu menurut Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Penerbitannya sendiri baru selesai pada tanggal 3 Agustus tahun ini. Lah, sudah lewat dua tahun dong? Memang, tapi setidaknya 2 tahun itu adalah waktu yang cukup untuk perancangan dan penyempurnaannya, dan dengan demikian bisa berarti bahwa teknologi tersebut dapat segera dipasang di mobil-mobil Mercedes Benz.

Ngomong-ngomong Mercedes Benz, mereka punya banyak amunisi buat GIIAS 2017.Untuk divisi performa tinggi, Mercedes AMG E43 dan Mercedes AMG GT R dipastikan akan hadir, sementara produk konvensional Mercedes Benz akan diwakili oleh beberapa varian baru dari C-Class, plus debut perdana E-Class Coupe di Indonesia. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: