GIIAS 2017 : Resmi, Inilah Fitur dan Spesifikasi Mitsubishi Xpander

GIIAS 2017 : Resmi, Inilah Fitur dan Spesifikasi Mitsubishi Xpander
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah beberapa bulan belakangan kancah otomotif Indonesia diramaikan dengan 2 sosok Low MPV baru. Pertama, ada Wuling Confero S yang berasal dari Tiongkok, menggebrak dengan gimmick sinting dan harga miring. Kedua, ada Mitsubishi Xpander yang bulan Juli lalu sudah melakukan preview ala kadarnya. Nah, di GIIAS 2017hari ini baru ia meresmikan kehadiran dan namanya. Ya, nama mobil ini sudah dipastikan Xpander.

Kita sudah membahas eksterior Mitsubishi Xpander kemarin, jadi kita lihat interiornya sekilas dulu. Beda jauh dengan eksteriornya yang futuristik buat ukuran Low MPV Jepang, interiornya lebih kalem dan sederhana. Ada 2 pilihan warna, black-beige dengan wooden trim atau full black dengan trim carbon fiber artifisial. Setirnya common parts dengan Mitsubishi Mirage atau Outlander Sport, serta ada kemiripan desain panel instrumen antara Xpander dan Pajero Sport, khususnya di font yang ada.

Fitur? Ohoho… Ini yang menarik, sebab Mitsubishi Xpander jadi satu-satunya di kelas Low MPV yang pakai tilt & telescopic steering, jadi pengaturan posisi mengemudi bisa lebih leluasa. Ia juga satu-satunya yang sudah pakai smart keyless entry dan keyless start, ditandai dengan adanya start/stop button di tipe Ultimate. Lumayan oke juga kan? Oh ya, di tipe Ultimate sudah ada kamera parkir sebagai fitur standar.

Di bawah konsol AC ada port charger, tapi jika penumpang baris kedua mau mengisi daya gadget mereka, port charger buat mereka ada di dalam center console box. Nah, buat penumpang baris ketiga ada 1 port charger juga, jadi lumayan mengakomodir mereka yang butuh asupan listrik. Mitsubishi Xpander adalah mobil 7 seater dengan format 2-3-2, namun karena di baris kedua bagian tengah tak ada headrest, sebaiknya anak kecil saja yang duduk di situ.

Bagasi Mitsubishi Xpander punya kapasitas yang lumayan, dan pelipatan kursinya lebih pintar daripada Honda Mobilio, Toyota Avanza dan Wuling Confero S, sebab seluruh kursinya bisa dilipat rata lantai. Well, tidak rata-rata amat seperti Suzuki Ertiga sebenarnya, melainkan agak menanjak sedikit, tapi konfigurasi pelipatannya cerdas.

Mengenai mesin, Mitsubishi Xpander memakai mesin 1.500 cc 4 silinder MIVEC yang menghasilkan 77 kW (setara 103,26 hp) pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. Sebenarnya Mitsubishi tidak bilang apa kode mesinnya, tapi ada kemungkinan bahwa mesin ini identik dengan Mitsubishi Colt (Colt yang hatchback ya, bukan yang minibus buat ke Sukabumi). FYI, mesin Mitsubishi Colt di luar sana berkode 4A91 MIVEC 1.500 cc dengan 77 kW dan 141 Nm, jadi mungkin memang sama.

Setelan Mitsubishi Xpander adalah penggerak roda depan dengan girboks manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Fitur keselamatan? Nah, selain dual airbags, ABS, EBD dan BA yang jadi standar, Mitsubishi Xpander sudah dipasangi hill start assist serta stability control, jadi sepantaran dengan Honda Mobilio RS CVT, tapi 2 hal itu cuma buat tipe Sport dan Ultimate. Rem depan cakram dan belakang tromol, jadi tak begitu beda dengan Low MPV Jepang lain.

Itulah informasi spesifikasi dari Mitsubishi Xpander. Untuk harga, tetap pantau website kami ya untuk perkembangan informasinya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: