Mercedes Benz X-Class Gruma, Double-Cab Untuk Pemburu

by  in Mercedes-Benz
Mercedes Benz X-Class Gruma, Double-Cab Untuk Pemburu
0  komentar

Autonetmagz.com – Melihat kembali double cab satu-satunya pabrikan Jerman ini, apa yang anda bayangkan pertama kali? Mobil yang sporti, gahar, liar, seperti siap trabas kemanapun tempat yang anda tuju? Kami melihatnya sebagai sebuah mobil yang beringas namun tetap mempertahankan sisi elegan dari sebuah Mercedes. Walaupun memang sudah menjadi rahasia umum bahwasanya si X-Class ini sharing platform dengan Nissan Navara.

Anda bisa menyebut Dcab Merc sebagai sebuah Navara yang lahir dari perut manufaktur Jerman. Mobil yang tidak murni Jerman punya. Tetapi, walaupun memiliki basis negeri sakura, Merc X-Class tetap lebih dari sekadar Navara berbaju Mercedes. Platform-nya boleh saja sama, namun jantung dan jiwanya haruslah disesuaikan dengan filosofi Mercedes Benz. Maka dari segi eksterior, interior, hingga sektor mesin pun semua berasal murni dari Mercedes Benz.

Membuat sebuah Dcab berarti membuat sebuah produk yang tahan banting. Untuk sektor ketahanan, pabrikan yang satu ini tak perlulah kami sebutkan lagi track record-nya dalam membuat sebuah mobil untuk trabas kemanapun. Cukup G-Class dan Unimog saja yang menunjukannya kepada kalian semua. Merc X-Class juga diciptakan agar lebih melirik sisi utility dari sebuah mobil ketimbang hanya kepraktisan dan kekuatan off-road-nya. Lalu bagaimana jika sisi tahan banting dan utility dari sebuah X-Class ditingkatkan lagi pada level yang cocok dengan habitatnya?

Inilah Mercedes Benz X-Class Gruma, Dcab yang memaksimalkan kedua faktor tadi agar siap melibas kerasnya alam liar. Dengan basis keseluruhan dari mobil penantang VW Amarok ini, akhirnya kita bisa melihat sebuah X-Class yang dimodifikasi sesuai dengan habitatnya. Sisi penjelajah dari sebuah mobil dalam segmen ini menjadi point of interest karena modifikasi yang dilakukan ditujukan untuk berburu.

Yup anda tidak salah membacanya, X-Class Gruma adalah sebuah mobil yang dimodifikasi secara spesifik untuk berburu binatang liar. Ubahan yang dilakukan oleh rumah modifikasi mobil khusus hunting yaitu Gruman Hunter, memang tidak keluar jalur sama sekali. Tim modifikator yang juga berasal dari Jerman ini memaksimalkan jati diri sebuah Dcab pada X-Class, yaitu kendaraan trabas yang memiliki utilitas besar. Saat ini memang gampang sekali menemukan sebuah pick-up truck 4×4, tetapi sebuah Dcab yang standarnya sudah siap untuk melibas kawasan perhutanan? X-Class Gruma adalah jawabannya.

Memang apa sih ubahan yang dilakukan oleh Gruma Hunter terhadap Merc ‘Navara’ ini? Pertama dari segi eksteriornya, X-Class Gruma telah dipasangkan skid plate untuk melindungi komponen driveline, velg off-road custom yang dibalut ban penggaruk tanah BF Goodrich All Terrain T/A, winch yang memang semestinya ada, dan suspensi yang sedikit ditinggikan. Untuk warna bodinya, Gruma sendiri memilih olive green matte dan kesemua panel krum diberikan wrapping black matte agar tidak ada pantulan cahaya dari mobil yang bisa menakuti binatang buruan. Pilihan camo wrap juga tersedia loh buat yang mau terlihat lebih gahar, dan juga buat yang mau terlihat hypebeast.

Untuk segi interiornya sendiri memang tidak tersentuh modifikator Jerman ini. Namun Gruma telah menyiapkan tempat penyimpanan senapan berburu di bagian pintu belakang bak terbukanya, lalu ada alat pembersih Aqua2Go untuk membersihkan buruan yang didapatkan, dan juga kasur untuk anjing yang menemani kita berburu juga telah disematkan sebagai fitur standar si X-Class Gruma pada bagian depan bak terbukanya. Lalu jika melihat bagian atapnya, terdapat platform yang dilengkapi tangga agar memungkinkan kita untuk melakukan perburuan dalam angle yang lebih luas dari atap si X-Class.

Untuk mesinnya sendiri, Gruma masih mempercayakan kekuatan mesin diesel V6 3,0 L Mercedes yang mampu memuntahkan output sebesar 257 hp dengan torsi 550 Nm, memang sudah siap trabas. Pihak modifikator asal Jerman tersebut sayangnya belum memberikan kejelasan soal harga dan apakah nantinya X-Class Gruma akan di jual secara utuh atau bisa menjadi opsi modifikasi. Satu hal yang dapat kami simpulkan, Mercedes Benz X-Class Gruma adalah mobil yang cocok sekali untuk hunting, di hutan maupun mall. Bagaimana menurutmu Dcab garang ini? Apakah modifikasi tersebut dapat memberikan inspirasi untuk kalian dalam membangun sebuah mobil Dcab yang memiliki utilitas tinggi?

Read Prev:
Read Next: