Mengenal Hyundai Ioniq 5 N Lebih Dalam, Perubahannya Sampai ke Tulang! (Part 1)

by  in  Berita & Hyundai & International
Mengenal Hyundai Ioniq 5 N Lebih Dalam, Perubahannya Sampai ke Tulang! (Part 1)
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil listrik dikenal dengan penyaluran tenaganya yang instan, sehingga menghasilkan kesan mengemudi yang mengagumkan. Namun, bagi sebagian orang, mobil listrik seperti Hyundai Ioniq 5 memiliki tampilan eksterior yang kurang sporty. Maka dari itu, Hyundai menghadirkan Ioniq 5 N, sebagai model elektrik high-performance yang diracik oleh divisi Hyundai N. Ini merupakan mobil listrik high-performance pertama dari Hyundai N dan model elektrik N lainnya akan segera menyusul.

Gabungan Teknologi Mutakhir

Hyundai Ioniq 5 N memadukan platform Electric Global Module Platform (E-GMP) dengan teknologi motorsport dari divisi Hyundai N. Hyundai N sudah terkenal akan kepiawaianya dalam ‘Rolling Labs’ untuk memaksimalkan peformaSehingga, Ioniq 5 N sudah memenuhi tiga pilar performa khas Hyundai N yaitu ‘Corner Rascal’, ‘Racetrack Capability’, dan ‘Everyday Sportscar’. Mobil ini memiliki output gabungan 448 kW / 609 PS dengan baterai 84 kWh

Kemampuan Corner Rascal IONIQ 5 N ditingkatan dengan struktur body-in-white (BIW) yang ditambahkan 42 welding point dan tambahan perekat hingga 2,1 meter. Motor penggerak dan baterai IONIQ 5 N diperkuat, sementara subframe depan dan belakang ditinggikan. Integrated drive axles (IDA) yang terinspirasi World Rally Championship dipasang di bagian depan dan belakang mobil juga diperkuat untuk menahan torsi motor elektrik. Peleknya menggunakan bahan alloy berukuran 21 inci untuk mengurangi unsprung mass.

Banyak Penyesuaian Tak Kasat Mata

Bagian setir IONIQ 5 N juga diperkokoh dengan sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering). Rasio setir dibuat lebih tinggi dengan feedback torsi yang ditingkatkan. N Pedal juga dikembangkan untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle. Dengan teknologi serupa pada regenerative braking, N Pedal memprioritaskan cornering yang lebih cepat. Karena gaya deselerasi menciptakan transfer beban yang lebih agresif untuk corner entry yang lebih tajam.

Untuk mempertajam sudut drift, terdapat N Drift Optimizer yang bertugas menyeimbangkan berbagai control dari mobil sesuai input waktu. Torque Kick Drift yang terintegrasi memudahkan pengemudi melakukan clutch kick action seperti pada mobil-mobil rear-wheel-drive bermesin bakar biasa. Lalu, N Torque Distribution memastikan distribusi torsi yang seimbang dan bisa disesuaikan hingga 11 level. Untuk memaksimalkan saat cornering, terdapat Electronic limited slip differential (E-LSD) di roda belakang .

Read Prev:
Read Next: