Hyundai Beberkan Isi Pabriknya, Ada Latihan di Metaverse!

by  in Berita&Hyundai&Nasional
Hyundai Beberkan Isi Pabriknya, Ada Latihan di Metaverse!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seberapa serius merek Korea Selatan di Indonesia? Bisa dibilang sangat serius, bisa membuat pabrikan mobil lain yang lebih lama di sini kembali ke sekolah untuk menyusun strategi lagi. Mendatangkan mobil-mobil baru? Ya itu sudah standar, namanya merek mobil ya jualan mobil baru. Memamerkan pabrik? Oke, ini bisa dibilang cukup serius. Memamerkan isi pabrik dan langsung jajal mobil yang baru selesai dirakit di sana? Nah ini baru menarik.

Kamis lalu (13/1), Hyundai Motor Indonesia membuka kesempatan bagi kami untuk bertamu ke pabrik baru mereka di Cikarang. Pabrik Hyundai Motor Manufacturing Indonesia kini sudah selesai dan siap bikin mobil Hyundai di Indonesia. Selain melihat-lihat pabrik, Hyundai juga mengajak kami untuk mencicipi Hyundai Creta sebagai mobil terbaru merek mobil Korsel yang dirakit secara lokal ini. Apa saja hasilnya?

Teknologi Keselamatan Kerja Ala Metaverse

Pabrik Hyundai di Cikarang ternyata punya banyak hal yang jarang kami lihat di pabrik mobil. Pertama-tama, Hyundai punya pabrik oksigen untuk memproduksi oksigen yang nantinya akan dikemas di tabung untuk kemudian dikirim ke rumah sakit yang sedang merawat pasien COVID-19. Selanjutnya, pelatihan keselamatan kerja pun jadi lebih seru berkat simulasi pengamanan bahaya jatuh dari ketinggian dengan Virtual Reality, seolah-olah sedang berada di Metaverse.

Setelah itu, barulah kita diajak tur ke pabrik mobilnya. Ada mesin stamp yang masih buatan grup Hyundai sendiri, lalu robot-robot yang menggantikan mesin jig saat merakit mobil. Robot-robot ini dipercaya lebih cepat dan efektif dalam merakit kerangka mobil. Kerangka yang jadi lalu dipasangkan panel-panel bodi, baru setelah itu masuk ke paint shop untuk diwarnai. Setelah itu, masuklah mereka ke assembly line untuk diberikan interior, setir, mesin, jok dan peranti elektronik.

Hyundai Creta Langsung Digeber, Pabriknya Siap Rakit Mobil Listrik

Untuk media, sudah disiapkan belasan Hyundai Creta yang bisa kita coba di sekitaran area Cikarang. Jika sudah mengenal mobil-mobil Hyundai yang masih impor dari Korea, kita akan puas dengan pengerjaan fit and finishing pabrik Hyundai Indonesia yang sama baiknya dengan versi impor. Meski bahan-bahannya terdiri dari plastik yang biasa saja – bahkan murah – tapi pemasangannya sangat solid, mantap dan tidak mudah goyang-goyang.

Mengendarai Hyundai Creta secara singkat, kesan yang kami dapatkan adalah mobil ini didesain untuk kenyamanan. Suspensi terasa empuk, peredaman suara lumayan oke dan setirnya enteng diputar, seolah-olah mobil ini berusaha meyakinkan kalau ia cocok untuk siapa saja. Oh ya, Hyundai pun sedang belajar untuk bisa merakit mobil listrik di Indonesia dengan mutu yang terjamin, dan sekarang masih dalam tahap pengujian. Spoiler alert, kami sudah lihat sosok mobilnya di pabrik itu, tapi karena tidak boleh bawa kamera jadi belum bisa kita lihat bersama. Mobil apa yaa… Sampaikan tebakanmu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: