Mengapa New Toyota Rush Facelift Disebut Medium SUV?

by  in Merek Mobil&Mobil Baru&Toyota
Mengapa New Toyota Rush Facelift Disebut Medium SUV?
0  komentar

Harga Toyota Rush TRD Sportivo baru 2015Jakarta, AutonetMagz – Ketika menghadiri acara peluncuran Toyota Rush Facelift terbaru, saya memperhatikan sesi tanya jawab dan press release yang diberikan Toyota. Ada yang hal yang menarik pada klasifikasi dari Toyota Rush terbaru yang kini masuk ke dalam kelas “Medium SUV”, bukan “Entry Level SUV”, “Compact SUV”, “Small SUV” atau “Low SUV”.

Disini cukup menarik perhatian kami, mengapa? Karena menurut pandangan kami, Toyota Rush ini seharusnya masuk ke dalam kategori Entry Level, Compact atau Low SUV, sedangkan kelas middle SUV diisi oleh Honda CRV, Nissan X-Trail dan Mazda CX-4 cs. Jika segmen Toyota Rush disebut Middle SUV, lantas seperti apa kelas Entry Level dan Low SUV di Indonesia? Rasanya saat ini tidak SUV yang memiliki kelas atau harga yang lebih murah dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

toyota-rush-depan

Menurut Vice President Toyota Astra Motor, Bapak Suparno Djasmin yang akrab disapa dengan nama Abong, ia mengatakan kepada AutonetMagz melalui wawancara bahwa “Toyota Rush masuk ke dalam segmen Medium SUV karena memiliki dimensi yang cukup besar dan interior yang mampu menampung 5 hingga 7 penumpang.” Tidak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa “Toyota Rush memiliki mesin 1.500 cc yang cukup mumpuni dengan tenaga dan torsi yang bisa diandalkan.”

Namun berbeda dengan Daihatsu Terios yang merupakan saudara kembarnya, meskipun mereka selalu diposisikan sebagai adik dari Toyota Rush yang dibanderol dengan harga lebih murah, namun mereka tidak menyebut kendaraan mereka berada di kelas Low atau Entry Level SUV, melainkan mereka menyebut Daihatsu Terios sebagai “SUV” saja.

foto-interior-toyota-rush

Memang, di Indonesia saat ini tidak memiliki nomenklatur yang jelas terhadap jenis-jenis kendaraan yang ada. Bahkan jika kita mengacu kepada nomenklatur pada STNK, city car atau hatchback masuk ke dalam kategori minibus yang seharusnya kelas tersebut diisi oleh Bus Mini seperti Mitsubishi Colt Diesel Espasio atau Isuzu Elf Minibus. Sehingga tidak heran jika setiap pabrikan bisa mengclaim produk mereka di kelas mana saja yang ia suka untuk menaikan gengsi mereka. Nah, bagiamana menurutmul Apa Toyota Rush wajar jika di golongkan sebagai Medium SUV?

Kami lampirkan press release dari Toyota:

TRENDSETTER MEDIUM SUV TOYOTA

TAMPIL SEMAKIN MODERN DAN SPORTY

Jakarta (20/03) – Dengan semangat memberikan yang terbaik kepada pelanggan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat 20 Maret 2015,  meluncurkan New Rush dengan disain yang lebih tangguh dan dinamis namun tetap menjaga DNA Rush sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) handal. Fitur keamanan New Rush jauh lebih lengkap dan lebih baik dibandingkan generasi  sebelumnya dengan tampilan yang semakin modern.

“Sejak pertama launching pada 2006 lalu, Toyota Rush mendapat respon positif dari pelanggan di segemen SUV medium. Seiring dengan perkembangan waktu, Toyota terus meningkatkan nilai mobil ini dimata pelanggan dan pada hari ini kami memperkenalkan New Rush dengan disain yang lebih sportif dan dinamis,” kata Vice President Director TAM Suparno Djasmin.

Kehadiran Rush mendorong segmen pasar SUV medium berkembang dan bahkan memberi peluang ATPM lain untuk ikut menikmati ceruk pasar ini. Sebelum kehadiran Rush, total penjualan di segmen ini hanya berkisar 3.000 an unit per tahun dan langsung melonjak menjadi 30.000 unit per tahun pada 2007 dengan market share Rush mencapai sekitar 46%. Pada 2014 lalu, total penjualan MPV medium tercatat 55.293 dengan market share Rush 53,5% atau 29.609 unit.

Menggunakan mesin 1.500 cc DOHC teknologi VVT-I, mobil berkonsep adventure ini mampu menembus jalanan berair, licin, berbatu, tanjakan.  “Toyota Rush adalah the real SUV medium yang di desain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara dalam berbagai medan.,” kata Marketing Director TAM, Rahmat Samulo.

Berbeda dengan mobil SUV yang berbasis sedan seperti kendaraan jenis crossover, Toyota Rush sejak awal di desain sebagai kendaraan SUV. Ini terlihat pada ground clearance yang mencapai 200 mm. Ini yang membuat Rush mampu menjelajahi berbagai medan, termasuk di kondisi jalan yang tergolong medium off road.

Suparno Djasmin optimis, dengan kehadiran New Rush, mobil ini akan lebih menarik perhatian konsumen. Tidak saja desainnya yang lebih sporty, fitur yang lebih lengkap akan memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Untuk keamanan, New Rush dilengkapi airbag untuk pengemudi serta penumpang depan, dan diperkuat denganSide Impact Beam. Sementara Seatbelt dengan Pretensioner & Force Limiter tetap menjadi salah satu keunggulan yang sudah disematkan pada generasi terdahulu. Penghenti laju New Rush juga didukung dengan piranti ABS.Untuk kenyamanan, New Rush memiliki kabin yang lapang dan mampu mengakomodir sampai dengan tujuh penumpang (optional).

Tetap mempertahankan desain khasnya, aroma gagah Rush sebagai mobil SUV semakin terpancar kuat dari tampilannya. New Rush hadir lebih sporty dengan perubahan pada headlamp, desain bumper, bentuk kap mesin,grille dan lampu kabut. Fender mirror yang bentuknya lebih aerodinamis membuat tampilannya lebih sportif.

Bagian belakang desain tail lamp dengan mika putih yang menggunakan LED memberikan kesan modern. Juga terdapat roof spoiler baru, lekuk bumper belakang lebih sporty dan cover ban cadangan lebih minimalis.

Untuk mesin, New Rush tetap mempertahankan mesin 1.500 VVTi. Kendaraan ini hadir dalam dua grade yaitu Rush TRD (AT dan MT) dengan tampilan stylish & sporty namun tetap mengedepankan kenyamanan berkendaran dan Rush G (AT dan MT) yang ditujukan untuk kebutuhan praktis dengan mengedepankan kenyamanan berkendara.

Rush TRD Ver. 1 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 untuk menggantikan tipe S yang sudah ada sebelumnya. Sentuhan pengembangan pada sisi eksterior Rush kali itu berhasil membawa penyegaran, sehingga Rush memiliki tampilan yang semakin sporty dan dinamis.

Rush TRD Ver. 2 kali ini hadir dengan konsep “Stylish Urban Cruiser”, New Rush TRD tampil lebih sporty dan stylishdan semakin memperkuat image New Rush sebagai SUV perkotaan. Aerokit TRD pada New Rush ini merupakan karya anak bangsa, dimana aerokit ini di desain oleh departemen Model Live Improvement, Product Planning Development Division TAM.

“Didukung jaringan outlet service Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, Toyota New Rush siap memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” kata Suparno.

Read Prev:
Read Next: