Mengapa New Toyota Rush Facelift Disebut Medium SUV?

by  in Merek Mobil&Mobil Baru&Toyota
Mengapa New Toyota Rush Facelift Disebut Medium SUV?
0  komentar

Harga Toyota Rush TRD Sportivo baru 2015Jakarta, AutonetMagz – Ketika menghadiri acara peluncuran Toyota Rush Facelift terbaru, saya memperhatikan sesi tanya jawab dan press release yang diberikan Toyota. Ada yang hal yang menarik pada klasifikasi dari Toyota Rush terbaru yang kini masuk ke dalam kelas “Medium SUV”, bukan “Entry Level SUV”, “Compact SUV”, “Small SUV” atau “Low SUV”.

Disini cukup menarik perhatian kami, mengapa? Karena menurut pandangan kami, Toyota Rush ini seharusnya masuk ke dalam kategori Entry Level, Compact atau Low SUV, sedangkan kelas middle SUV diisi oleh Honda CRV, Nissan X-Trail dan Mazda CX-4 cs. Jika segmen Toyota Rush disebut Middle SUV, lantas seperti apa kelas Entry Level dan Low SUV di Indonesia? Rasanya saat ini tidak SUV yang memiliki kelas atau harga yang lebih murah dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

toyota-rush-depan

Menurut Vice President Toyota Astra Motor, Bapak Suparno Djasmin yang akrab disapa dengan nama Abong, ia mengatakan kepada AutonetMagz melalui wawancara bahwa “Toyota Rush masuk ke dalam segmen Medium SUV karena memiliki dimensi yang cukup besar dan interior yang mampu menampung 5 hingga 7 penumpang.” Tidak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa “Toyota Rush memiliki mesin 1.500 cc yang cukup mumpuni dengan tenaga dan torsi yang bisa diandalkan.”

Namun berbeda dengan Daihatsu Terios yang merupakan saudara kembarnya, meskipun mereka selalu diposisikan sebagai adik dari Toyota Rush yang dibanderol dengan harga lebih murah, namun mereka tidak menyebut kendaraan mereka berada di kelas Low atau Entry Level SUV, melainkan mereka menyebut Daihatsu Terios sebagai “SUV” saja.

foto-interior-toyota-rush

Memang, di Indonesia saat ini tidak memiliki nomenklatur yang jelas terhadap jenis-jenis kendaraan yang ada. Bahkan jika kita mengacu kepada nomenklatur pada STNK, city car atau hatchback masuk ke dalam kategori minibus yang seharusnya kelas tersebut diisi oleh Bus Mini seperti Mitsubishi Colt Diesel Espasio atau Isuzu Elf Minibus. Sehingga tidak heran jika setiap pabrikan bisa mengclaim produk mereka di kelas mana saja yang ia suka untuk menaikan gengsi mereka. Nah, bagiamana menurutmul Apa Toyota Rush wajar jika di golongkan sebagai Medium SUV?

Kami lampirkan press release dari Toyota:

TRENDSETTER MEDIUM SUV TOYOTA

TAMPIL SEMAKIN MODERN DAN SPORTY

Jakarta (20/03) – Dengan semangat memberikan yang terbaik kepada pelanggan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat 20 Maret 2015,  meluncurkan New Rush dengan disain yang lebih tangguh dan dinamis namun tetap menjaga DNA Rush sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) handal. Fitur keamanan New Rush jauh lebih lengkap dan lebih baik dibandingkan generasi  sebelumnya dengan tampilan yang semakin modern.

“Sejak pertama launching pada 2006 lalu, Toyota Rush mendapat respon positif dari pelanggan di segemen SUV medium. Seiring dengan perkembangan waktu, Toyota terus meningkatkan nilai mobil ini dimata pelanggan dan pada hari ini kami memperkenalkan New Rush dengan disain yang lebih sportif dan dinamis,” kata Vice President Director TAM Suparno Djasmin.

Kehadiran Rush mendorong segmen pasar SUV medium berkembang dan bahkan memberi peluang ATPM lain untuk ikut menikmati ceruk pasar ini. Sebelum kehadiran Rush, total penjualan di segmen ini hanya berkisar 3.000 an unit per tahun dan langsung melonjak menjadi 30.000 unit per tahun pada 2007 dengan market share Rush mencapai sekitar 46%. Pada 2014 lalu, total penjualan MPV medium tercatat 55.293 dengan market share Rush 53,5% atau 29.609 unit.

Menggunakan mesin 1.500 cc DOHC teknologi VVT-I, mobil berkonsep adventure ini mampu menembus jalanan berair, licin, berbatu, tanjakan.  “Toyota Rush adalah the real SUV medium yang di desain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara dalam berbagai medan.,” kata Marketing Director TAM, Rahmat Samulo.

Berbeda dengan mobil SUV yang berbasis sedan seperti kendaraan jenis crossover, Toyota Rush sejak awal di desain sebagai kendaraan SUV. Ini terlihat pada ground clearance yang mencapai 200 mm. Ini yang membuat Rush mampu menjelajahi berbagai medan, termasuk di kondisi jalan yang tergolong medium off road.

Suparno Djasmin optimis, dengan kehadiran New Rush, mobil ini akan lebih menarik perhatian konsumen. Tidak saja desainnya yang lebih sporty, fitur yang lebih lengkap akan memberikan keamanan dan kenyamanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Untuk keamanan, New Rush dilengkapi airbag untuk pengemudi serta penumpang depan, dan diperkuat denganSide Impact Beam. Sementara Seatbelt dengan Pretensioner & Force Limiter tetap menjadi salah satu keunggulan yang sudah disematkan pada generasi terdahulu. Penghenti laju New Rush juga didukung dengan piranti ABS.Untuk kenyamanan, New Rush memiliki kabin yang lapang dan mampu mengakomodir sampai dengan tujuh penumpang (optional).

Tetap mempertahankan desain khasnya, aroma gagah Rush sebagai mobil SUV semakin terpancar kuat dari tampilannya. New Rush hadir lebih sporty dengan perubahan pada headlamp, desain bumper, bentuk kap mesin,grille dan lampu kabut. Fender mirror yang bentuknya lebih aerodinamis membuat tampilannya lebih sportif.

Bagian belakang desain tail lamp dengan mika putih yang menggunakan LED memberikan kesan modern. Juga terdapat roof spoiler baru, lekuk bumper belakang lebih sporty dan cover ban cadangan lebih minimalis.

Untuk mesin, New Rush tetap mempertahankan mesin 1.500 VVTi. Kendaraan ini hadir dalam dua grade yaitu Rush TRD (AT dan MT) dengan tampilan stylish & sporty namun tetap mengedepankan kenyamanan berkendaran dan Rush G (AT dan MT) yang ditujukan untuk kebutuhan praktis dengan mengedepankan kenyamanan berkendara.

Rush TRD Ver. 1 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 untuk menggantikan tipe S yang sudah ada sebelumnya. Sentuhan pengembangan pada sisi eksterior Rush kali itu berhasil membawa penyegaran, sehingga Rush memiliki tampilan yang semakin sporty dan dinamis.

Rush TRD Ver. 2 kali ini hadir dengan konsep “Stylish Urban Cruiser”, New Rush TRD tampil lebih sporty dan stylishdan semakin memperkuat image New Rush sebagai SUV perkotaan. Aerokit TRD pada New Rush ini merupakan karya anak bangsa, dimana aerokit ini di desain oleh departemen Model Live Improvement, Product Planning Development Division TAM.

“Didukung jaringan outlet service Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, Toyota New Rush siap memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” kata Suparno.

Read Prev:
Read Next:
  • m15a

    Medium SUV harusnya Toyota RAV4, bukan Rush, Rush harusnya di compact SUV, sama HRV, Ecosport, Juke, dsb, karena kapasitas mesinnya yang tergolong sama. Toyota salah ambil pandangan, malah segi ukuran dan akomodasi yang diambil, hehe 😀

  • mickey

    Emang ga jelas itu mobil
    Kalo dibilang compact kegedean
    Menurut ane compact suv juke,eco,hrv

    Yang lucu statement “memiliki mesin yang cukup mumpuni dan torsi yang dapat diandalkan”
    Jadi mesin 1500cc menurut toyota itu medium suv

    • Si Otoy

      maklumin aja….klu gk Ngibul dan gede bacot sales doang mana bisa laku nih mobil…he2

  • Shark Owner

    Bosen ah Rush lagi, Rush lagi, daripada bahas Rush masuk kelas SUV apa nggak penting (semua orang juga udah tau, nggak peduli produsen ngomong apa), mending bahas beda fitur ditiap varian Terios apa aja, First Impression Teriosnya kapan, penasaran sama HUnya yg udah support HDMI sama dapet kamera mundur juga ya?

  • sast

    Rush jadi medium SUV artinya Fortuner akan naik kelas. Di antara Fortuner dan Rush akan ada RAV4. Dan di bawah Rush akan ada lagi crossover baru, seperti konsep Daihatsu SUV2 atau crossover berbasis Yaris.

  • kucingmabok

    bukan entry level berarti lagi siapin suv dibawah rush y? buat head to thead sama brio suv yg ktnya lagi dikembangin buat pasar low

  • ron92

    Kebanyakan nih artikel rush sama teriosny bang hanif..
    Kemaren yg nissan serena malah dikit doang..
    Masukan aja c.. 😀
    Ditunggu berita dari bangkok motorshow nya yak..

    • Ridwan Hanif

      kita nggak jalan kesana, lagi ada banyak kerjaan semua di real life… hahaha

      • Haha gpp deh..
        Ditunggu videonya lg bang hanif..
        Kalo bisa mobil2 yg masih jarang2 berkeliaran di kota2 kecil kaya ford n bmw biar pada melek feature semua rakyat indonesia 😀

  • gaps

    Ye maksa. 7 seater sih 7 seater cm maksa. Itu kayaknya bukan patokan deh kapasitas sm dimensi bodi masuk ke kelas apa. Makin aneh aja Toyota

  • haha

    Rush jdi medium SUV cuma dimensi besar & muat 7seater,, gak salah?? Kepedean!!
    Ini mobil adik’a daihatsu taruna FGX toh!!

    Kecuali klo Rush buat mesin 2000cc itu msih bsa dikatakan medium SUV!!

    Udah donk ulasan toyota rush’a ganti yang review mobil lain’a… Autonetmagz…

  • tonoz

    Krn fortuner sdh 500 jtan keatas..uda bukan medium lagi..tp high suv..mknya rush mengganti posisi fortuner.kalau rav itu mobil bodi sedang tp harga kan mahal jd lebih baik disebut high suv..hahaha

  • kenny

    Belah mananya Medium SUV ? Ini mesin 9 tahun kagak ganti , terus gaada yang diubah , mesin , suspensi sama. Fitur gabeda jauh , tiba – tiba naik level jadi Medium SUV. Besok sekalian aja Innova baru masukin kelas Megacar buat lawan Regera. Mana pake Body Kit ribet gitu , approach sama departure anglenya gimana kalau gitu ?
    Soal tenaga di jalan (dan diatas kertas) , dibanding lawan dia kalah. Model ? Selera sih , tapi jelas ini body udah 9 Tahun bahkan lebih di luar negri. Fitur ? Speechless.

  • dik

    Kalo emang katanya rush diposisikan di medium suv, dan kata bro tonoz fortuner naik kelas menjadi high suv. Lalu LC200 termasuk kelas suv apa? Gambot suv kah? Dari kemaren berita nya rush-terios mulu. Bosen

    • LC200 itu masuk kategori luxury/expensive cars..knp?? Harganya uda nembus 2M..hahaa ya gak?? Lgsng merosot penjualan LC..pdhl waktu diharga 1,3 – 1,5M bukan maen laris

      ya semua toyota dr rush fortuner land cruiser menang model aja …mesin dr dulu itu ke itu aja..kalau offroad dsbnya jagoan mobil eropa lah..jeep,range rover dsbnya..

  • gendeng

    Medium dr hongkong..

    eh ini rush sebenarnya msh optional apa ga sih row belakangnya? Td ke pameran rush di batam, ane liat row belakang ga dipasang, gue tanya, bukannya sudah standar ya, trus marketing blg, ga mas, harus nambah 3jt lagi klo mau pasang..jadi bingung..joknya pun keras kyknya tadi..

    • Nicolas Will

      opsional 3rd row nya. Saran gw jgn beli, udah pake setaun. Di tol limbung, hantem lobang ga enak, cvt emang lemot, tapi yg ini dahsyat lemotnya. Tenaga ga ada, manuver ga bisa, boros bensin, interior murahan. Kurang apa lagi

  • Rony Stevanus

    Iya, saya sebagai pembaca setia Autonetmagz juga sudah mulai bosan dengan sajian beritanyanya yang Rush Terios mulu. Sudah cukup lah pemberitaan Rush Terios yang lengkap mulai dari foto bocoran Rush Terios, Prediksi harga (meskipun salah), dsbnya. Tapi jangan lupa ya, kami tetap tunggu First Impression Serena, Santa Fe dan Teriosnya. Lama sekalih soalnya.

  • bakpaucoklat

    Ini Berarti rush sudah naik kelas, ini jg sinyal bahwa mau keluar All new RUSH
    dulu jg Kijang gitu entry level disebut jg mobil rakyat. pas keluar kijang innova udah naik kelas jd medium SUV. skrg low suv diganti sama avanza kan..
    Gw yakin Pasti gak lama allnew rush keluar buat nandingin HRV, outlander dan sebangsanya. Kita liat aja okeh

    • Sochi

      MPV mase. Udu SUV.

      • Mungkin dia lelah

  • Bait Ridwan

    Disebut SUV krn gara2 makai pelek 16 doang (krn senia dan apansa pakai pelek 13 dan 14) sedangkan kenapa disebut “kelas medium” krn harga y yg sudah “medium” = 200 – 250 juta hehe…..

    atau jangan 2 bakalan ada “entry level suv” dr sang kembar dgn spek : 1300 cc, 5 peneumpang, true pkai pelek 15 dengan besic yaris lele yg di crosoverin hehe…….

    Tapi klau kita urut secara produk global dr Land Cruiser, Harrier, Fortuner, RAV 4, dan Rush….memang cocoknya rush disebut entry level suv,daripada medium suv?????…..^_^#just only my opinion

  • Sochi

    Mungkinkah Etios Cross jadi small SUVnya?

    • Ridwan Hanif

      mungkin ya, siapa tau aja dimasukin ke indonesia

    • Denger kata Etios jadi inget mobil 5 penumpang yang kalau pintunya ditutup suaranya kayak pintu angkot, gigi 1 kayak gigi 2 dan minta rpm tinggi terus biar bisa jalan.

  • Judulnya lucu; trendsetter? Pede banget, faktanya di indonesia ga ada satupun produsen yg ngikutin daihatsu/toyota dengan bikin “suv” 7 seater di rentang harga segitu (yg konon oleh toyota dikategorikan medium), yang ada malah ngikutin segmen Juke cs, aka crossover 5 seater, ato jangan2 gatau apa arti “trendsetter” hehehe, kalo avanza/xenia gw akui emang Lmpv 7 seater trendsetter. Autonet perlu mengurangi porsi berita rush lah, kasian tau isi komentarnya negatif semua 😀

  • numark

    Besok2 bisa kejadian, Toyota Avanza di claim jadi High MPV, sekelas Serena,Biante Nav1, dasar marketing Toyota dari dulu banggain banget productnya tanpa lihat kompetitornya yang udah dua langkah lebih maju.

  • gw perhatin komen2nya di Autonetmagz, dpt gw simpulin, mobil2 yg ‘masuk’ ke jalanan scr kualitas rendah banget dibanding versi di negara tetangga, berasa ‘sampah’ saja negara ini, tiap2 kali dikasi mobil kualitas rendah sama produsen2. Apa karena biaya ‘ekonomi tinggi’ shg konsumen jd korban ‘ambil untung’. Lucunya lagi, kita antri beli mobil sampai indent, meski tahu kualitas mobil yg dijual gitu2 saja.

  • Konon kabarnya Rush adalah fortuner yg dikutuk

    • Dikutuk minim fitur & lebih limbung.

  • 86driver

    in fact para calon pembeli (potential buyers) rush ini ga sama sekali dengerin komen-komen di sini.. mereka dengerin hati nurani yang kira2 begini…

    “… rush aja.. toyota… dijual lagi masih mahal.. bengkelnya gampang… kalo banjir ga takut… lagian udah terbukti banyak yang beli, liat aja di jalan setiap 200m ada rush…fitur2 canggih juga ga ngerti makenya…….yaudah beli rush aja.. dari pada beli hrv sisa uangnya bisa buat beli motor buat dipake harian ga kena macet……..kata bapak gue juga beli rush aja…”

    dan jadilah rush ini tetep laku…………… -end-

    • Nicolas Will

      setuju banget, brand oriented. biasa lah, “indonesia”

  • Rico Dharma Putra Siahaan

    i won’t buy this car, mesinnya gak beda sama avanza

  • Zzzzzz medium suv darimane… Rush masih gak ada apa”nya klo.d bandingkan dgn kompetitor medium suv lainnya.. Kyk crv.. Apalagi xtrail… Apalagi cx-5 walaah gk karuan… Aneh aja harusnya rav4 yg msk medium suv…

    Btw d kurangi aja deh porsi berita rushnya… Bosen… Hehehe

  • ugyz

    sangat mungkin akan hadir small SUV berharga 150 jutaan… semoga..

  • Makin yakin nih saya,Autonet beberapa hari belakangan nayangin berita soal Rush terus. Seperti smacem sindiran halus,yg puncaknya ada di berita ini. Entah ga jelas maksud Toyota ngeluarin statement kayak gtu. Makin ga logis nih statementnya Toyota. Kecuali buat fans fanatiknya,saya rasa emg Toyota pantes dapet kritik pedes nih. Ga cukup wey cm ngandelin aftersales doang. Dibilang resale value bagus juga ngga,malah adanya tipe baru ini bikin harga sekennya makin ngdrop. Entah sih apa yg di pikiran Toyota. Aneh!

  • TOYOTA pabrikan sampah! Cuman ngandelin aftersales doang tapi mobil kaleng & minim fitur semua!

  • Hahaha si TAM itu masih punya otak ga sih? Wong lawan SUV sekelasnya aja udh bagai bumi langit, apalagi mau lawan CX5, Xtrail, dkk.?? Lu lawan ecosport, juke, HrV aja udh megap” setengah idup, apalagi lawan CX5 dan Xtrail? Belom kalo CX3 keluar, tambah jadi sampah aja itu rush… btw itu di artikel ada salah penulisan, CX4 hranya CX5 hehehe…

  • Tanggung banget toy, kenapa ga skalian luxury SUV?? Model kaga ganti ganti dari jaman kapan, fitur gitu gitu aja, mesin tua, harga selangit, kualitas gaada. Jangan lupa si avanza masukin ke kelas luxury MPV sama si agya etios yaris masukin ke kelas hatchback mewah (A class, 1 series, Mini Cooper, VW Golf, dll). Jangan lupa buatin ane video komparasi ngaco koplak, biar ada tontonan di rumah gue. Perusahaan mobil macem apa tuh yang cuma ngandelin nama biar laku? Kalo menurut gue malah mendingan H tegak ya, walopun sunatan fitur en kualitas podo wae. Tapi pelayanan customer service nya jauh lebih top dari toyota.

    • Bener. Mendingan Honda. Walau sm wae dalam hal sunatan dan kualitas tp lebih ngajenin konsumen. Ud mulai berbenah,malah dapet extended warranty meski ada biayanya sedikit. Tp worthed.
      Kbukti kok dr penjualan,baru denger dr salah satu stasiun radio penjualan yg lain pd turun,Honda malah naik.

      Cm kl buat fansnya Toyota sih sampe mati juga bodo amat dikadalin sm Toyota,yg penting kan disini merk sm jual kembali (yg sekarang2 juga ga sekuat dlu lg karna suka ga suka,pasarnya ud makin tergerus sedikit demi sedikit sm kompetitor lain)

      Semangat! (buat kompetitor lain)

      • Si Otoy

        klu honda di bilang sunatan fitur….toyota pantesnya di bilang amputasi fitur dong….tapi kita masih harus bersyukur toyota masih ngasih fitur Rem ama Spion di mobil2nya…he2

  • Rafly Padluhrohman

    alah ! makin gak jelas aja nih Toyota ! mesin gak pernah di otak atik, harga selangit, fitur minim,body kalengan (kecuali Land Cruiser yak wkwkwkwk),trus ini RUSH MAU DIJADIIN MEDIUM SUV????????????? mikir!! :3 mending tiga berlian atau nissan 😛 walaupun harga agak mahal!,qualitasnya top!,awet,fitur nya agak banyak,gak limbung,mantap. (walaupun harga jualnya lumayan jatoh/nissan agak jatoh,saya tetap milih nih mobil!!!!)

  • Si Otoy

    Hati-hati klu kita nyetir mobil di jalan trus ntar ada Toyota Rush lewat di deket mobil kita,bisa2 ntar di jalan muncul se onggok besi yang akan bikin mobil yang lain nyangkut….he2

  • rj

    Wow, amazing! Cuma nambah2in plastik bemper + pasang kumis lele udah naik kelas jd medium suv.??? God help me!
    Autonetmagz, tlg beri pencerahan ke decepticon, eh salah ke produsen maksudnya, tlg jgn pernah bosan tuk mengedukasi masyarakat dgn berita2, review & artikel ttg produk otomotif yg berkualitas dgn safety, fitur dan kenyamanan yg pantas kt dapatkan.

  • otonggeulis

    iklannya aja cuma animasi, pas diujung baru mobil beneran.

  • readmeone

    Kurang pantas sepertinya, mobil ini versi manualnya saja masih terasa aneh, transmisinya, suspensinya, final gearnya, posisi duduknya, visibilitasnya, sebuah perpaduan yang menurut saya masih jauh dari proporsional untuk dikategorikan sebagai SUV nyaman.

  • acha

    rush baru udh ad immobilizer ngk sih ??

  • ydsputra

    Min, tanya donk, saya banyak hilir mudik di pedesaan dg jln yg berlubang, lebih baik rush, terios, atau ecosport y? Bingung nih, rush terios katanya thn banting tp fitur dan interior basic bgt, klo ecosport canggih tp byk yg blg fwd kaki2ny lbh lemah…

  • Hamzah Zulfikar

    Gile mobil dari jaman firaun masih ngojek