First Impression Review Toyota Rush Facelift 2015 oleh AutonetMagz

by  in Mobil Baru&Review&Toyota
First Impression Review Toyota Rush Facelift 2015 oleh AutonetMagz
0  komentar

Review Toyota Rush TRD baru 2015 ulasan detailJakarta, AutonetMagz – Setelah pertama kali diluncurkan di tahun 2006 silam, Toyota Rush masih mendapatkan ubahan model facelift dengan basis yang sama dengan model sebelumnya. Dengan basis yang tetap sama ini, bagaimana first impressiona kami terhadap mobil yang satu ini? Check this out.

Eksterior

toyota-rush-depan-facelift

“Mengapa tidak dari dulu wajahnya dibuat seperti ini?” Itu yang ada di benak saya pertama kali melihat Toyota Rush terbaru yang bentuknya jauh lebih ganteng dibandingkan dengan model sebelumnya. Selama ini facelift yang didapatkan oleh Toyota Rush belum pernah sebagus ini sebelumnya, dan dengan hadirnya varian facelift ini, jujur saja model sebelumnya terasa terlalu kuno jika dibandingkan.

Di varian Rush TRD Sportivo, kita akan mendapatkan body kit dalam bentuk bumper depan dan bumper belakang yang lebih sporty dan dinamis, dan wing spoiler baru model baru dan tentu saja seperangkat sticker dan emblem TRD Sportivo yang diberikan secara langsung.

headlamp-projector-new-toyota-rush-facelift

Di model baru ini, kita akan mendapatkan lampu depan model baru dengan bentuk frame yang sedikit berbeda dengan model sebelumnya (Karena berbeda, pemilik Rush lama tentu saja tidak bisa upgrade lampu ke model ini). Kombinasinya lebih futuristik karena memiliki background berwarna hitam dan LED Stripe sebagai positioning lamp (bukan DRL). Toyota juga tetap mempertahanakan projector headlamp meskipun masih menggunakan lampu halogen standar.

Di bagian grille, kini Toyota Rush meninggalkan desain lama yang tampak kuno dan menggantinya dengan grille baru. Grille tersebut memanjang dari lampu kiri ke kanan dan memiliki garis chrome yang mengikuti garis lampu depan. Aksen piano black juga membuat tampilannya semakin baik.

sensor-parkir-depan-toyota-rush-facelift

Di bagian bumper bawah, kita akan menemukan area bumper atas menghitam dengan motif carbon untuk memberikan kesan sporty dan dinamis. Di varian TRD Sportivo ini, Rush juga mendapatkan body kit depan yang membuat tampilannya lebih tebal dan kita juga akan mendapatkan cornering sensor di sudut bumper depan. Tidak lupa, Toyota juga menarik garis kumis lele seperti Yaris di body kit mobil ini. Waks!

pelek-toyota-rush-facelift

Salah satu hal yang menarik perhatian kami ada pada penggunaan velg baru 16 inchi dari Toyota Rush yang memiliki tampilan futuristik, penggunaan warna two tone color dan modelnya yang mengkotak jelas membuatnya semakin dewasa dan kekinian meskipun mobil ini sudah hadir sejak tahun 2006 silam.

Dari samping, kita tidak akan menemukan hal baru yang se-signifikan model depannya. Perbedaannya ada pada model spion tanduk dengan aksen baru, cover spion overchrome, stiker TRD Sportivo, velg baru dan pindahnya antena radio ke atap belakang seperti city car.

foto-toyota-new-rush-facelift-2015-belakang

Dari belakang, kita akan menemukan perbedaan yang signifikan di beberapa bagian seperti lampu baru yang jauh lebih futuristik dengan lampu LED. Body kita baru yang lebih complicated dan tentunya tutup cover ban belakang yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan desain yang digunakan Daihatsu Terios.

bumper-belakang-toyota-rush-facelift

Hanya saja karena body kit yang terlalu over di bagian belakang, muffler cutter chrome dari Toyota Rush terbaru jadi terlihat tenggelam dan tidak proporsional. Emblem 4S untuk menunjukan varian transmisi automatic juga tidak perlu di highlight karena bukanlah teknologi yang spesial.

Interior

foto-interior-new-toyota-rush-facelift-2015

Masuk ke dalam interior, tidak ubahnya interior Toyota Rush versi sebelumnya yang memiliki warna hitam yang sebelumnya memiliki warna beige pada edisi pertama kali mobil ini diluncurkan. Hanya saja beberapa elemen desain dari mobil ini membuatnya cukup berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.

motif-jok-toyota-rush-facelift

Hal pertama yang kami sadari adanya penggunaan pattern baru pada jok mobil yang kini memiliki jahitan berwarna merah dan pola bergambar seperti layaknya motherboard komputer di door trim mobil ini. Kami cukup mengapresiasi Toyota Rush terbaru kini memiliki kursi tengah ISOFIX untuk kursi bayi meskipun kualitas dari kursi mobil ini tidak mendapatkan peningkatan dari segi bahan dan pengerjaan.

foto-interior-toyota-rush

Ketika duduk di kursi pengemudi, hal pertama yang kami apresiasi dari mobil ini ada pada setir Toyota Rush baru yang kini memiliki balutan kulit pada lingkar kemudinya. Secara desain, setir baru ini sama persis dengan setir yang digunakan oleh Avanza Veloz, hanya saja sudah kulit.

transmisi-manual-toyota-rush-facelift

Tidak hanya setir, rupanya tuas perseneling manual dan automatic yang digunakan Toyota Rush juga sudah dilapisi oleh kulit untuk memberikan kesan mewah. Lumayan jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

panel-instrumen-toyota-rush-facelift

Sepertinya ide buruk untuk mengganti model desain speedometer Toyota Rush terbaru, karena penggunaan angka penunjuk melingkar ini membuat pengemudi sulit untuk membaca angka kecepatan. Desainnya juga tidak memberikan kesan wah jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Audio-Toyota-Rush-facelift

Secara desain dashboard, memang tidak ada ubahan signifikan, kita tetap akan mendapatkan desain yang sama persis dengan model sebelumnya yang harusnya bisa diberikan ubahan model agar tidak tampak tua. Untungnya kini Toyota Rush mendapatkan head unit baru yang lebih canggih.

Head unit terbaru ini memiliki desain baru yang terlihat tidak terintegrasi seperti layaknya head unit indash. Head unit ini masuk ke dalam dan tidak menyatu dengan desain console tengah sebagaimana model sebelumnya.

m-toyota-toyota-rush

Dibandingkan dengan model sebelumnya, tentu saja head unit terbaru ini lebih canggih. Selain dibekali dengan layar 6.1 inchi, head unit ini juga memiliki koneksi Bluetooth, Aux, USB dan tentu saja aplikasi M Toyota. Aplikasi M Toyota berguna untuk anda yang membutuhkan bantuan nomor telepon darurat dan daftar dealer jika anda membutuhkan lokasi terdekat untuk melakukan service atau membeli mobil baru.

koneksi-audio-toyota-rush-facelift

Sayangnya head unit baru ini tidak bisa memberikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya. Suara audionya masih standar tidak ada perubahan. Hal lainnya yang kami rasakan perlu mendapatkan perhatian lebih ada pada performa touch screen audionya yang memiliki lag saat dioperasikan dan interface yang cukup sulit digunakan. Head unit ini juga tidak memiliki rear parking camera dan GPS Navigation, padahal Terios telah dilengkapi dengan fitur tersebut.

sensor-parkir-toyota-rush-facelift

Oke kita lanjut ke sisi pengemudi lagi, di bagian samping kanan pengemudi kita akan disuguhi beberapa tombol yang sangat lengkap mulai dari electric mirror dengan retractable motor, tombol defogger dan tombol untuk mengaktifkan corner dan parking sensor.

Kursi pengemudi mobil ini juga dilengkapi dengan pengatur ketinggian kursi, pengatur ketinggian seatbelt, namun sayangnya belum dilengkapi dengan tilt steering yang dapat digunakan untuk menyesuaikan ketinggian setir.

Mesin

mesin-toyota-rush-2015

Dari segi mesin dan mekanikal lainnya, Toyota tidak memberikan update di seluruh varian terbaru Toyota Rush Facelift 2015. Sehingga dapat disimpulkan performa mesin, handling dan kenyamanan suspensi dari mobil ini masih sama dengan versi sebelumnya yang merupakan varian non facelift.

Meskipun begitu, dari segi safety mobil ini mendapatkan update yang cukup perlu dipertimbangkan seperti penggunaan seatbelt dengan pretensioner dan rem ABS di seluruh varian. Tapi tetap saja fitur-fitur keselamatan aktif masa kini seperti hill start assist dan stability control belum disematkan di mobil ini.

Kesimpulan

wallpaper-new-toyota-rush-facelift-2015

Dengan kompetisi pasar yang semakin ketat, Toyota Rush akhirnya berbenah meskipun belum lama mendapatkan facelift sejak terakhir kali di update pertenagahan tahun 2013 silam. Tidak sampai menunggu 2 tahun untuk Toyota melakukan penggantian wajah Toyota Rush yang kini berubah menjadi lebih ganteng secara signifikan dan membuat mobil ini seperti baby Fortuner.

Secara penampilan eksterior, ya mobil ini jauh lebih ganteng dibandingkan dengan model sebelumnya yang kini terlihat kuno. Meskipun usianya sudah menginjak 8 tahun, kami rasa tampilan eksteriornya bisa memikat pecinta Toyota yang sangat banyak di Indonesia.

kunci-toyota-rush-facelift

Memang jika kita membandingkan mobil ini untuk berkompetisi dengan Nissan Juke, Ford Ecosport dan Honda HR-V, tentunya mobil ini akan kalah di segala faktor kecuali akomodasi dan off road capability yang sedikit lebih baik karena menggunakan RWD. Namun jika anda berbicara fun to drive, engine power dan fitur, tentunya Toyota Rush tidak bisa mengimbangi kompetitornya yang lebih mahal.

Toyota-Rush-facelift

Namun jika anda memiliki kebutuhan dan budget untuk membeli LMPV seperti Avanza Veloz atau Honda Mobilio RS namun menginginkan mobil yang sedikit lebih tangguh melewati genangan air dan jalan berlubang, jelas Toyota Rush adalah jawabannya mengingat harganya tidak berbeda jauh dengan Low MPV yang ada di pasaran. Namun jika anda tidak begitu peduli terhadap merk, Daihatsu Terios sebenarnya memiliki value for money yang lebih baik dibandingkan Toyota Rush agar anda tidak perlu menambah budget terlampau banyak dari sebuah LMPV.

Read Prev:
Read Next: