NHTSA : Bus dan Truk Nanti Harus Pakai Electronic Stability Control

by  in Berita&International
NHTSA : Bus dan Truk Nanti Harus Pakai Electronic Stability Control
0  komentar
Cover-Bus-Mercedes-IIMS

AutonetMagz.com – Truk dan bus juga merupakan pengguna jalanan yang harus dikaji dengan sejumlah standar keselamatan, namun tentu saja ada sedikit penyesuaian karena kendaraan raksasa ini beratnya sama seperti beban hidup saat harus bertahan di tanggal tua saat isi dompet tinggal satu lembaran bergambar Tuanku Imam Bonjol. NHTSA selaku badan pengurus keselamatan berlalu lintas di Amerika Serikat akan menerapkan sebuah standar baru. Apa itu?

Untuk ke depannya, NHTSA akan mewajibkan Electronic Stability Control (ESC) alias kontrol stabilitas di setiap unitnya. Ini dalam rangka mempromosikan peraturan keselamatan baru yang diharapkan bisa menyelamatkan 49 % lebih banyak nyawa dan menghindari 1.759 kecelakaan.

Truk-Lompat-diatas-mobil-F1

Sejatinya, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional di Amerika Serikat telah merekomendasikan peraturan tersebut untuk kendaraan berat sejak 2011, menyusul persyaratan untuk kendaraan ringan yang mulai berlaku pada 2012.

“ESC adalah sistem keamanan yang luar biasa sukses, sebuah inovasi teknologi yang sudah menyelamatkan nyawa di mobil penumpang dan truk ringan,” kata Menteri Transportasi Anthony Foxx. “Mewajibkan adanya ESC pada truk berat dan bus besar akan membawa inovasi keselamatan untuk kendaraan terbesar di jalan raya kita, meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang kendaraan ini dan untuk semua pengguna jalan.”

Volvo Quester truk

ESC akan mendeteksi ketika kendaraan mulai kehilangan kendali, lalu kontrol rem dan gas akan diambil alih komputer untuk mengatasi tindakan mencelakakan dari supir yang bisa membahayakan. Teknologi ini lebih cepat daripada refleks manusia, dan setiap roda dapat direm secara individual agar mencegah risiko oversteer ataupun understeer.

Peraturan ini akan berlaku bagi truk dan bus besar dengan salah satu metode tesnya berupa belokan J-Turn. Kira-kira di Indonesia bisa juga tidak ya? Ah, kalau regulasi keselamatan tidak tegas, bus-bus AKAP dan truk yang tak jarang dijumpai dalam kondisi tak layak jalan bakal begitu terus sampai kapan pun, mayoritas pengemudi bus dan truk pun juga sepertinya masa bodoh dengan hak pengguna jalan lain. Atau ada pengalaman lain dari anda yang sering naik bus atau nebeng truk? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • ojon

    Wah klo indonesia di terapin gimana nasib supir medan?

  • tim

    Klo itu fitur nyampe sini palingan jg dicopot, apalagi bus” macem luragung dan sumber kencono hehehehe