Melihat Sistem Suzuki Ertiga SHVS Hybrid Diesel, Klaim Konsumsi BBM 24.52 km/liter!

by  in International&Mobil Baru&Suzuki
Melihat Sistem Suzuki Ertiga SHVS Hybrid Diesel, Klaim Konsumsi BBM 24.52 km/liter!
0  komentar

maruti-suzuki-ertiga-shvsAutonetMagz.com – Tidak lama setelah giliran Indonesia meluncurkan Suzuki Ertiga minor facelift saat GIIAS 2015, Maruti Suzuki India pun juga ikut meluncurkan Low MPV Suzuki ini. Sebenarnya sih dari segi eksterior sekilas terlihat tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan Ertiga versi Indonesia, hanya minus reflektor belakang yang desainnya seadanya. Namun yang menarik adalah varian SVHS Hybrid.

Yup saya tidak salah menyebutkan, ini adalah Suzuki Ertiga yang dilengkapi Hybrid, sebenarnya lebih tepatnya mild hybrid sih. Meskipun demikian bisa dibilang bahwa mobil ini adalah trendsetter low MPV dengan mesin Hybrid. Pertama adalah dari singkatan, SHVS adalah Smart Hybrid Vehicle System dimana mesin turbodiesel DDiS yang menjadi mesin utama dan ditunjang dengan beberapa paket hybrid untuk meningkatkan efisiensi.

maruti-suzuki-ertiga-shvs-back

Sistem kerja SHVS sendiri lebih kepada menggunakan kembali energi-energi yang terbuang selama di perjalanan. Seperti Torque Assist, pada saat kita menginjak gas maka baterai berkapasitas besar akan menyalurkan tenaga saat berakselerasi awal. Benefit? tentu saja demi meningkatkan efiesiensi mesin dan hasilnya BBM membaik. Selain itu ada Brake Energy Recuperation dimana memanfaatkan energi kinetik yang hilang saat pengereman untuk disimpan ke baterai yang bernama Integrated Starter Generator (ISG). Nantinya energi dari baterai ini bisa digunakan untuk start-stop engine, akselerasi awal dan membantu saat di tanjakan.

Selain itu juga ada Idle Engine Start-Stop, cara kerjanya mirip mirip dengan motor matic yang dibekali idling stop system. Saat di lampu merah misalnya apabila anda berhenti maka anda harus menetralkan perseneling dan melepas gas sehingga mesin otomatis berhenti dan untuk menjalankan kembali tinggal menekan pedal kopling. Ada juga Gear-Shift Indicator yang membantu anda memberi sinyal kapan anda harus memindah gigi demi efisiensi BBM.

mesin-diesel-hybrid-suzuki-ertiga-facelift-india-shvs

Mesin yang disematkan sistem SHVS ini sendiri hanya satu mesin : Diesel D13A dengan spek 1.3-liter turbodiesel DDiS dengan tenaga 88 hp @ 4.000 RPM dan torsi 200 Nm @ 1.750 RPM. Kombinasi SHVS pada mesin Diesel D13A ini menghasilkan figur konsumsi BBM 24.52 km/liter berdasarkan Sertifikasi ARAI. Mesin diesel ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan dan tidak ada versi matic-nya. Untuk bensin, sayangnya mesinnya masih sama dengan Ertiga versi Indonesia yaitu K14B.

Seperti yang disebutkan pada rekan jomblo Hillsat pada artikel Ngiler, Suzuki Ertiga Facelift India Punya Fitur Jauh Lebih Lengkap Dibanding Versi Indonesia. Menyampingkan SHVS nya, fitur yang dipunya Suzuki Ertiga ini sendiri sudah advance. Sudah ada ABS, di interior ada audio touchscreen 7 inchi SmartPlay dan Start Stop Engine, kamera parkir, sensor parkir…. Ya sudah-lah daripada saya bahas lebih dalam nanti anda semakin keblinger, kojel-kojel dan ngarep, lebih baik saya tutup artikel dengan pertanyaan “Hey, Suzuki Indonesia, ini mobil bagus sudah ada, tinggal anda niat apa tidak?” :mrgreen:

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    “Hey, Suzuki Indonesia, ini mobil bagus sudah ada, tinggal anda niat apa tidak?”
    Gimana Pak Direktur Pemasaran Suzuki Indonesia, apakah serius berkompetisi dengan LMPV yg lainya? atau sekedar penggembira?

  • farid

    masalahnya suzuki indonesia sekarang tdk sekedar menyunat spek mesin(kalau ini bisa ditolerir)tapi juga fitur dan lebih parahnya ABS juga disunat karena katanya pengereman di ertiga udah lebih baik,cuma aksesoris dan aksen chrome doang yg meningkat

  • farid

    selama suzuki indonesia masih main sunat2tan pada ertiga,jangan beli tuh mobil biar atpmnya tau rasa